Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tips Untuk Bisnis Dropshipper Kecil-Kecilan


Artikel ini menjawab pertanyaan Sulaiman, salah satu Sobat Studentpreneur, yang bertanya melalui Business Start-Up Coaching Clinic with Prasetiya Mulya Business School.

 

bukukita

 

Pertanyaan:

Saya ingin menjalankan bisnis online. Dengan menjadi dropshipper tetapi Saya mempunyai kendala yaitu Saya kan memajang banyak produk dari berbagai suplier misalkan ada pembeli yang akan memesan 2 produk dan kebetulan setiap produk berbeda supplier kan pasti pengiriman akan terpisah pisah supaya pembeli tidak kecewa bagaimana ya caranya. Terimakasih mudah-mudahan pertanyaan Saya dijawab.

 

Jawaban:

Dear Sulaiman, terdapat beberapa langkah yang mungkin dapat anda lakukan untuk meminimalisasi risiko kekecewaan dari konsumen dikarenakan masalah tersebut. Berikut diantaranya:

1)      Memberikan keterangan informasi lama pengiriman pada setiap produk. Informasi ini wajib melekat dalam setiap katalog atau info mengenai produk sehingga konsumen pun sudah mengetahui sedari awal adanya perbedaan durasi pengiriman.

2)      Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah dengan menyimpan terlebih dahulu produk yang memiliki durasi pengiriman tercepat, kemudian menunggu produk yang pengirimannya terakhir. Jika keduanya sudah dipegang, barulah keduanya dikirim secara bersamaan kepada pemesan. Hal ini memang membuat produk yang awal datang menjadi tidak dapat secepat mungkin diterima oleh pemesan.

3)      Melakukan penyetokan (menyimpan) produk-produk yang dianggap memiliki perputaran cepat dan sangat diminati konsumen. Untuk dapat mengelola keuangan agar tidak terlalu berat karena harus memiliki stok banyak, anda dapat bernegosiasi dengan prinsipal mengenai rencana anda tersebut. Hal ini tentunya perlu diikuti dengan kontrak perjanjian yang jelas.

4)      Langkah berikutnya adalah anda dapat bekerjasama dengan dropshipper lainnya. Jadi, ketika anda mendapat pesanan, anda dapat bertanya kepada rekan dropshipper apakah memiliki stok yang dibutuhkan. Tentunya dibutuhkan komunikasi dan hubungan yang baik dengan rekan-rekan dropshipper lainnya.

Selamat berwirausaha. Tertarik tentang entrepreneurship? Datangi Studentpreneur Hangout Surabaya tanggal 9 February 2014, mendatangkan David Yulianto, CEO Bee Accounting yang merupakan perusahaan software accounting terbesar kedua di Indonesia. David Yulianto akan berbagi pengalamannya ke Sobat Studentpreneur semuanya. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

Photo Credit: Ivan

M. Setiawan Kusmulyono

Beliau adalah kepala Entrepreneurship Development Center, Prasetiya Mulya School of Business and Economics

Twitter