Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tubuh yang Sehat Penting Bagi Pebisnis


“Physical fitness is not only one of the most important keys to a healthy body. It is the basis of dynamic and creative intellectual body.”

-John F.Kennedy- 

Ketahuilah bahwa kesehatan bukan satu-satunya alasan seorang pebisnis kreatif seperti Anda untuk berolahraga. Ada bonus lain yang diberikan oleh kegiatan berolahraga selain kebugaran tubuh, yakni kekreatifan. Ya, berolahraga bisa membuat anda lebih kreatif. Terdengar tidak masuk akal? Well, inilah beberapa fakta menarik soal hubungan olahraga dan kecerdasan kreatif bagi tubuh Anda.

Ada banyak penelitian telah dilakukan mengenai hubungan tubuh dan otak. Orang-orang yang jarang berolahraga 50% lebih kurang produktif dibanding mereka yang berolahraga  berdasarkan studi NASA. Artinya, berolahraga seperti berlari, bersepeda, atau mengangkat beban dapat memberikan pengaruh positif dalam proses berkreatif. Seperti yang kita ketahui, otak mananusia terbagi menjadi dua bagian, yakni kanan dan kiri. Otak bagian kiri adalah bagian logis-analisis atau bagian pemecah masalah. Sedangkan otak kanan adalah bagian acak-holistik atau bagian pencipta kreativitas. Lantas berolahraga adalah cara paling efektif mengistirahatkan otak bagian kiri sejenak dan meningkatkan kekuatan kerja otak kanan. Hal ini dikarenakan aliran oksigen yang meningkat saat kita berolahraga. Semakin banyak kita oksigen yang masuk, maka otak akan bekerja semakin baik dan membuat kita mampu berpikir sebebas mungkin. Semakin bebas kita berpikir, semakin kreatif pulalah otak kita.

Namun Anda tidak perlu melakukan lari maraton satu kilometer. Cukup melakukan aerobik sederhana atau berlari selama tiga puluh menit beberapa kali seminggu saja sudah cukup untuk meningkatkan kreativitas Anda. Kunci dari olahraga ini adalah dengan ikut menikmatinya. Jika Anda juga ikut menikmati olahraga tersebut, maka olahraga tidak akan menjadi beban, namun menjadi hobi dan kebiasaan sehat, menyenangkan serta menginspirasi.

Tahukah Anda apa yang Einstein katakan soal teori relatifitasnya? “I thought of it while riding my bycyle”. Siapa sangka salah satu teori fisika yang ditemukan Einstein malah muncul saat beliau mengendarai sepeda.

hidup-sehat

Namun olahraga harus diimbangi dengan istirahat alias tidur yang cukup. Apalagi bermimpi dalam tidur juga salah satu sarana unik dan efektif untuk mendapatkan kreativitas! Anda pasti pernah terbangun dan tiba-tiba mendapatkan ide nyeleneh dan menarik dalam keseharian. Olahraga juga akan melelapkan kondisi tidur manusia dan membuatnya bermimpi lebih baik. Jadi sulit untuk melepaskan hubungan antara olahraga dan beristirahat. Exercise well, sleep well and think well.

Jadi mari keluarkan sepatu olahraga lama Anda, bersihkan sepeda Anda dari debu dan mulailah berolahraga bersama keluarga, sahabat, atau teman bisnis Anda! Masalah+olahraga= solusi kreatif. Ada yang berminat jogging bersama? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Tara]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Malaysia Airlines Terancam Bangkrut Setelah Berbagai Tragedi Kecelakaan

Entrepreneur Sukses Ini Pernah Ditolak 300 Kali dan Tidak Menyerah

Ini Perbedaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional

Synthia Santoso

Synthia Santoso adalah Creative Mistress di Studentpreneur. Pemenang lomba menulis level nasional dan pecinta produk-produk kreatif.

Facebook Twitter