Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Tukang Jual Baju Diskonan Kini Menjadi Pemimpin Industri Fashion Jepang


Siapa Sangka, Nobutoshi Shimamura, Salah Satu Orang Terkaya di Jepang dan Pemilik Brand Fashion Uniqlo, Memulainya Semua Dengan Menjual Baju Diskonan di Pinggir Jalan!

Jualan baju distro berkualitas tinggi dengan harga mahal bisa dibilang sudah terlalu mainstream. Kompetisinya sudah terlalu jenuh. Lagipula, daya serap pasar tidak sebaik yang Anda bayangkan. Kelas menengah Indonesia baru saja bangkit. Maka, tidak ada salahnya kita belajar dari salah satu orang terkaya Jepang ini. Ia berhasil mengantarkan sebuah bisnis jual baju diskonan menjadi salah satu raksasa yang menguasai marketshare industri fashion Jepang. Dan semua itu ia mulai dari sebuah toko kimono kecil di ujung jalan!

 

Semuanya Berawal Dari Baju Murah Pasca Perang

Pada tahun 1953, Nobutoshi Shimamura membuka Shimamura Company. Tujuannya adalah menyediakan baju yang murah dan terjangkau bagi masyarakat Jepang yang saat itu kondisi ekonominya sedang tertatih pasca tragedi pengeboman Hiroshima dan Nagasaki.

Maka, di samping membuka gerai di kalangan metropolitan, Nobutoshi justru membuka gerainya di kawasan-kawasan pinggiran. Shimamura laris bak kacang goreng. Hingga kini, mereka memiliki 1800 gerai yang tersebar di seluruh Jepang. 1773 di antaranya bergerak di bawah bendera Shimamura, dan sisanya adalah waralaba dari toko-toko di bawah spanduk Avail, Birthday, Chambre, dan Divalo.

 

Konsep Lengkap dan Berkualitas

Shimamura mengusung konsep one-stop-shop. Sekali masuk, Anda bisa menemukan segala pernak-pernik meliputi pakaian untuk pria dan wanita, pakaian anak, produk bayi, alas kaki, tekstil dan perlengkapan ulang tahun. Selain itu, ia menawarkan aksesoris seperti tas dan ikat pinggang. Semua produk ini dijual dengan berbagai merek private label termasuk Theoria, Villand, Palace Garden, Sorridere, Shimaz dan Sirmione. Semuanya dengan harga paling murah daripada yang dapat Anda temukan di toko manapun. Meskipun demikian, beberapa konsumen menyebut bahwa kualitasnya tidak kalah dengan baju yang Anda beli di Shibuya 109, ikon fashion kelas atas di Jepang.

Selain itu, Shimamura menerapkan konsep yang unik dan berbeda dari kompetitor mereka. Ketika hampir semua butik di Tokyo melayani sistem satu ukuran untuk semua, maka tidak untuk Shimamura. Mereka punya bagian khusus yang menampung pakaian “Queen-sized” atau pakaian-pakaian untuk ukuran besar.

uniqlo

Sempat Dihindari “Pemburu Gengsi”

Mungkin karena beberapa faktor seperti harga murah, plus size, dan lokasi toko di pinggiran, maka pemburu gengsi cenderung menghindari toko ini. Stereotip mereka agaknya tidak terlalu baik. Meskipun sejak tahun 2012, mereka berusaha meningkatkan citra mereka dengan cara membuka distribusi di jantung-jantung kota metropolitan.

Baik buruknya, Shimamura membuktikan bahwa stereotip tidak ada apa-apanya di banding dengan statistik penjualan. Meskipun dibilang murah, udik, atau apapun, akan tetapi Shimamura menguasai marketshare industri fashion Jepang, berhadapan langsung dengan Uniqlo milik Fast Retailing Jepang. Hal ini membuktikan bahwa konsumen industri fashion bukan cuma orang-orang kelas atas. Bukan cuma di Jepang, kami pikir hal ini juga berlaku di seluruh dunia. Termasuk Indonesia.

 

Terus Berjaya

Meskipun Nobutoshi Shimamura sudah pensiun hampir 2 dekade yang lalu dan menyerahkan tampuk kepemimpinan perusahaan pada anak-anaknya. Namun seiring dengan semakin besarnya sales perusahaan dan nilai perusahaan, Nobutoshi terus menempati daftar posisi 50 orang terkaya di Jepang. Tahun 2014, kekayaannya diperkirakan mencapai hampir 1 miliar dolar Amerika. Ia juga berhasil mempekerjakan hingga 2,358 karyawan. Angka ini jadi mengejutkan jika kita lihat dari sudut pandang bahwa Nobutoshi memulainya dari sebuah toko baju murah diskonan.

Jadi Sobat Studentpreneur, siapa bilang bisnis baju diskonan tidak bisa mengantarkan Anda ke puncak dunia? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Archi]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Kaya Raya Berkat Hello Kitty

Bangun Bisnis Dari SMP, Kini Fotografer Cantik Ini Tuai Hasilnya

Tips Merencanakan Keuangan Pribadi Untuk Wanita

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+