Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Twitter Akan Ciptakan Real-Time Music Chart


Inovasi baru kembali dikeluarkan oleh Twitter, salah satu social media paling populer di dunia. Setelah bekerjasama dengan Nielsen untuk mengeluarkan real-time chart untuk acara TV, kali ini Twitter akan melakukan hal serupa untuk musik. Bekerjasama dengan Billboard, Twitter akan menciptakan real-time music chart, mengenali semua pembicaraan di Twitter tentang musik, untuk mengenali trend musik apa yang sedang dibicarakan masyarakat. Real-time chart ini akan muncul di situs Billboard.com serta dua akun twitter, @Billboard dan @TwitterMusic.

Data real-time chart mengenai musik inovasi Twitter ini bisa dibilang gebrakan baru dalam dunia musik. Pasalnya, topik mengenai musik termasuk salah satu yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Pada tahun 2013 saja, pengguna Twitter memperbincangkan musik sebanyak 1 milliar kali. Dari angka tersebut, ada 100 juta tweet yang berasal dari akun yang berhubungan degnan musik. Di tahun 2014, ada setidaknya 40 juta tweet yang dikirimkan oleh orang-orang yang menggunakan jasa musik memamerkan musik apa yang sedang mereka dengar.

twitter musik

Dengan data dan angka sebesar itu, topik musik memang topik yang diperbincangkan paling banyak di Twitter. Menurut Bob Moczydlowsky, kepala bagian musik Twitter, dengan data sebesar itu dan inovasi chart Twitter, maka kita bisa, “menciptakan standard industri baru untuk mengetahui dan memahami pembicaraan tentang musik saat perbincangan tersebut terjadi.” Bob menambahkan, “Kini, artis yang membagikan lagu dan berbincang dengan pendengarnya di Twitter akan mendapatkan cara untuk dilihat oleh fans lainnya, pemusik lainnya, dan orang besar dunia musik secara real-time.”

Chart yang diciptakan oleh Twitter dan Billboard ini bisa menjadi acuan nyata musik apa yang menjadi selera masyarakat, melebihi metode yang sudah ada sekarang. Selain itu, artis yang rajin menyapa fansnya di social media akan mendapatkan keuntungan besar karena berpeluang besar untuk memuncaki chart ini. Bagi artis yang sebelumnya “sombong” dengan fansnya di social media, inovasi ini bisa membuat mereka menjadi lebih dekat dengan penggemarnya.

Bukan kali ini saja Twitter mengeluarkan inovasi yang berkaitan dengan musik. Sebelumnya, Twitter mempunyai #Music app, yang dimulai pada April 2013. Namun, karena kurangnya tanggapan masyarakat dan banyaknya pesaing aplikasi musik, Twitter memutuskan akan menutupnya pada tanggal 18 April besok. Oleh karena itu, Twitter sangat berharap real-time chart musiknya dengan Billboard kali ini bisa merebut hati penggemar musik yang juga merupakan pengguna Twitter.

Bagaimana menurut Anda Sobat Studentpreneur? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

6 Anak Muda Ajaib di Dunia Bisnis

Pemuda 21 Tahun Dapatkan 20 Trilliun dari Facebook

Tips Meningkatkan Penjualan dari Tony Robbins

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter