Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Twitter IPO Saga 2 – Adam Bain


Halo Sobat Studentpreneur. Seri artikel Twitter IPO Saga berlanjut ke seri kedua. Setelah seri pertama membahas tentang sang “legendary money man” Peter Currie, seri kedua ini akan membahas tentang fans besar olahraga dan hiburan, Adam Bain. Sebelum bekerja di Twitter, Adam adalah Executive Vice President of Product and Technology di Fox Interactive. Sebelumnya, dia adalah President of Production and Development di Fox Sports. Sudah cukup menjelaskan bahwa dia adalah seorang fans besar olahraga dan hiburan kan? Ini dia profil Adam Bain, salah satu orang kunci di balik keberhasilan IPO Twitter.

 

adam bain

 

Apa Posisi Adam Bain Di Twitter?

Adam Bain adalah President of Global Revenue, orang yang bertanggung jawab penuh terhadap semua pemasukan Twitter. Dia membantu Twitter mendekati industry olahraga, media, dan TV untuk menyediakan “jembatan” bagi brand menjangkau pelanggan mereka. Strategi iklan di Twitter juga datang darinya, dia ingin memastikan bahwa pengguna twitter hanya melihat iklan yang memang ingin mereka lihat, dari brand-brand yang mereka sukai. Dalam IPO, pemasukan perusahaan adalah suatu elemen penting dalam penentuan harga saham. Inilah kenapa peran Adam Bain sangat penting di Twitter.

 

Berapa Uang yang Didapatkan Dari Twitter?

Gaji pokok yang didapatkan oleh Adam Bain dari Twitter adalah $200.000 per tahun dengan bonus saham. Karena sudah bergabung di Twitter selama beberapa tahun, Adam Bain mempunyai 1.722.350 lembar saham. Dengan harga pembukaan saham Twitter, saham tersebut akan bernilai 77 Juta Dollar! Apabila memutuskan untuk bertahan di Twitter selama beberapa tahun lagi, maka nilai saham Adam Bain akan bernilai lebih dari itu.

 

Cerita Singkat Tentang Adam Bain

Sebelum bergabung di Twitter, Adam Bain sudah terkenal sebagai andalan jaringan TV Fox sebagai “pencari uang”. Adam Bain bertanggung jawab atas penghasilan MySpace (ya, MySpace yang dulu pernah sangat berjaya), IGN, dan semua properti usaha digital yang dimiliki oleh grup media terbesar di Amerika, News Corp. Prestasi Adam Bain di News Corp tidak main-main, dia menghasilkan ratusan juta dollar per tahun untuk News Corp, membuatnya menjadi salah satu figure penting di Fox.

Adam Bain menyelesaikan kuliahnya di Miami University, menyelesaikan dua jurusan sekaligus, Bahasa Inggris dan Jurnalisme. Background pendidikan tersebut mempermudah dirinya untuk terjun di bisnis media. Pada puncak karirnya, dia terpilih sebagai talenta terbaik di dunia periklanan tahun 2012 versi majalah AdWeek. Karir periklanan Adam Bain bukan hanya di Twitter, tapi juga menjadi board di beberapa perusahaan iklan ternama Amerika, seperti Interactive Advertising Bureau.

 

Uang Dari Twitter Digunakan Untuk…

Beramal. Adam Bain sangat aktif di Palindrome, lembaga non-profit yang memberikan bimbingan terhadap lembaga non-profit lainnya agar memiliki manajemen yang kuat. Untuk dirinya pribadi, gaji di Twitter yang sangat besar serta potensi tambahan opsi saham apabila bertahan di Twitter sudah lebih dari cukup.

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+