Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Twitter IPO Saga 5 – Suhail Rizvi


Orang terkaya setelah sukses besar Twitter bukanlah pendiri Twitter Jack Dorsey, Evan Williams, atau Biz Stone. Bukan juga investor Amerika seperti Chris Sacca atau Peter Currie. Namun, orang terkaya dari keberhasilan Twitter justru datang dari India. Suhail Rizvi lahir di India dan berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja namun terpelajar. Ayahnya bekerja sebagai dosen di Iowa, Amerika Serikat. Hebatnya lagi, Suhail Rizvi mempunyai 15,6% saham Twitter hampir tanpa modal sama sekali. Publik Amerika menjulukinya sebagai Twitter’s Mystery Man karena tidak pernah disebut sebelum Twitter melakukan IPO. Bagaimana kisahnya?

 

Mystery Mafia manSuhail Rizvi Sangat Rahasia. Bahkan Jarang Ada yang Mengetahui Seperti Apa Wajahnya. 

 

Apa Posisi Suhail Rizvi Di Twitter?

Suhail Rizvi merupakan investor luar terbesar di Twitter, dengan saham mencapai 15,6%. Berdasarkan pengakuan Chris Sacca, peran Suhail lebih dari itu. Dia meyakinkan banyak nama besar seperti Richard Branson, sampai pangeran Alwaleed dari Arab Saudi untuk menaruh minat pada Twitter, dan menarik investor besar lainnya. Meskipun berusaha keras menutupi jatidirinya terhadap public, Suhail Rizvi merupakan senjata utama Twitter untuk mendapatkan investasi dari luar negeri. Berbeda dengan investor Amerika yang biasanya ingin ikut campur urusan manajemen, Suhail Rizvi tidak suka ikut urusan manajemen, dia hanya menanamkan uang dan membiarkan tim co-founder seperti Evan Williams, Jack Dorsey, Biz Stone, sampai CEO sekarang Dick Costolo untuk membesarkan Twitter.

 

twitter ipo

 

Berapa Uang yang Didapatkan Dari Twitter?

Dari semua orang yang berpesta dari keberhasilan Twitter, Suhail Rizvi mendapatkan bagian paling besar. Di hari pertama IPO, dia mendapatkan 3,4 Milliar Dollar atau setara dengan 34 Trilliun Rupiah. Penghasilan yang luar biasa dan membuat publik Amerika kaget karena nama Suhail Rizvi tidak pernah muncul ke permukaan selama proses pembangunan Twitter.

 

Cerita Singkat Tentang Suhail Rizvi

Anda tahu Twilight? Ya, seri film vampir romantis yang berhasil membuat ratusan juta orang di dunia menonton filmnya di bioskop. Atau Anda tahu majalah Playboy? Majalah yang telah menjadi ikon gaya hidup di Amerika meskipun dilarang beredar di Indonesia. Apa hubungannya dengan Suhail Rizvi? Percaya atau tidak, dia mempunyai andil besar dalam dua hal tersebut. Suhail Rizvi adalah investor studio pembuat Twilight, sekaligus orang yang mendapatkan keuntungan paling besar dari keberhasilan Twilight. Untuk kasus Playboy, Suhail Rizvi membantu Hugh Hefner untuk mengambil alih Playboy dan membuatnya menjadi perusahaan pribadi.

Mulai dari Hollywood, industri media, sampai teknologi, Suhail Rizvi telah menancapkan kukunya sebagai investor yang “tidak terkenal namun mendapat hasil paling besar”. Selain Twitter, dia juga mendapatkan banyak uang dari facebook, Square, Flipboard, dan Pinterest. Suhail Rizvi terkenal sebagai orang yang mampu meyakinkan nama-nama besar untuk mempercayakan uangnya pada perusahaan investasi yang dipimpinnya. Koneksi Suhail Rizvi bukan hanya di Amerika, tapi di seluruh dunia. Dia terkenal bersahabat dekat dengan Chris Sacca, Larry Page (CEO Google), Richard Branson, ratu Jordania, Pangeran Alwaleed dari Arab Saudi, sampai banyak sosok penting di dunia teknologi, investasi, dan kerajaan timur tengah.

 

Uang Dari Twitter Digunakan Untuk…

Suhail Rizvi akan melakukan apa yang selama ini dia sudah lakukan. Meyakinkan investor besar seperti Richard Branson untuk mempercayakan uang pada dirinya, dan menanamkan lagi ke Hollywood atau teknologi. Paling dekat, dia berencana untuk membeli banyak talent agency dan studio Hollywood yang berpotensi menghasilkan film besar seperti Twilight. Sense dan koneksi Suhail Rizvi di bidang teknologi juga memungkinkan dia menemukan Twitter-Twitter baru. Satu hal yang pasti, Chris Sacca akan membantu dia berinvestasi di perusahaan yang tepat. Seperti biasa, investasi akan dilakukan secara rahasia, seperti julukan Suhail Rizvi, The Mystery Man.

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+