Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People June 2012 Edition

Jennifer Smith – Wei Xiao


usaha kita bukan hanya untuk menghasilkan uang, tetapi harus mensejahterahkan orang lain yang telah membantu kita

Jennifer Smith adalah pemilik dari Restoran masakan Singapore bernama Wei Xiao yang cukup ternama di Surabaya Barat. Hebatnya nih StudentPreneur, dia masih menjadi mahasiswa jurusan International Business Management di Universitas Ciputra. Tim StudentPreneur berhasil bertemu dan mendapatkan sharing yang berharga dari Jennifer sendiri.

So, Jennifer, kenapa bisnis restoran?

Saya pribadi sangat senang memasak dan mengkonsep sesuatu. Kebetulan saya juga punya bisnis Event Organizer jadi sering sekali mengkonsep hal-hal yang unik dan berbeda. Kemudian ya sudah, kenapa tidak bikin restoran sekalian? Toh ya dunia kuliner di Surabaya ini sedang berkembang pesat.

Bagaimana awal mula Wei Xiao?

Saya mengamati berbagai restoran baik di dalam maupun luar negeri. Semua saya amati mulai dari menu makanan, penataan restoran, sampai pelayanannya. Sampai ya terpikirlah konsep Singapore Authentic Food ini.

Logo Wei Xiao

Kenapa gerai pertama di UC Walk? Kenapa bukan di Mall?

Saya ingin start small. Apalagi konsep Singapore ini sangat cocok dengan positioning market anak-anak kuliahan. Menurut saya, memahami selera anak kuliahan yang masih seumuran saya jauh lebih mudah daripada kalau kita menyasar ke segmen umum yang mempunyai range usia terlalu jauh. Pengembangan Wei Xiao jadi lebih cepat dengan cara ini. Saya ingin membranding Wei Xiao sebagai restonya anak muda modern. Tapi ya very soon Wei Xiao akan buka gerai baru di mall daerah Surabaya Barat kok.

Kalau boleh tahu, berapa sih omzet dari Wei Xiao perbulannya?

Sekitar puluhan juta rupiah perbulannya. Saya masih mencoba mengembangkannya lebih baik lagi.

Wah besar juga ya. Bagaimana cara membangun Wei Xiao dari awal sampai sekarang?

Pertama, kita tidak boleh berhenti belajar. Yang terpenting adalah kita mau otodidak dan mau menekuni untuk terus membuat perbaikan dan mewujudkan target kita. Saya juga sangat mengutamakan kualitas makanan dan minuman serta pelayanan restoran. Saya juga terus melakukan mentoring terhadap karyawan agar mereka terus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi terhadap pelanggan.

Wet Hokkian Mee

Seafood Fried Kuetiaw

Tips untuk pembaca StudentPreneur?

Wei Xiao mempunyai visi “wish you a perfect happy day”. Visi tersebut akan memacu kita untuk menciptakan perasaan perfect happy day untuk pelanggan yang makan di restoran kita. Kita harus terus memperhatikan aspek kesejahteraan dari karyawan yang bekerja di tempat kita. Inilah karakter yang perlu dimiliki oleh seorang Entrepreneur. Intinya segala sesuatu harus dijalankan dengan tekun untuk mencapai hasil yang maksimal. Dan usaha kita bukan hanya untuk menghasilkan uang, tetapi harus mensejahterahkan orang lain yang telah membantu kita, karena kita hidup di tengah-tengah masyarakat.