Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Wow, Game Ini Dihargai Triliunan Rupiah Oleh Microsoft


Apa yang ada di pikiran para petinggi Microsoft sampai mereka mau membeli permainan Minecraft dengan nominal yang fantastis?

Baru saja ini para penggemar teknologi dan game dikejutkan. Bagaimana kita tidak kaget ketika mendengar bahwa Minecraft, sebuah permainan indie yang fenomenal jadi semakin fenomenal ketika perusahaan sebesar Microsoft datang dan mengakuisisi perusahaan ini seharga 2,5 miliar dollar AS atau hampir setara 30 triliun rupiah. Itu adalah harga akuisisi yang sepertinya terlalu berlebihan untuk sebuah permainan. Apakah mereka sudah frustrasi karena angka penjualan Microsoft belakangan ini tidak jauh membaik dibandingkan beberapa tahun yang lalu? Mungkin bisa jadi. Tetapi, apa yang ada di pikiran para petinggi Microsoft sampai mereka mau membeli permainan Minecraft dengan nominal yang fantastis?

 

Masa depan Microsoft ada di tangan pengguna muda

Semua produk-produk Microsoft makin mengarah pada mobilitas tinggi yang saling terintegrasi satu sama lain. Gaya hidup tersebut diadopsi oleh hampir semua anak muda saat ini. Ketika Windows Phone diluncurkan, banyak orang mengakui bahwa smartphone tersebut keren. Hal yang sama juga dialami ketika Windows 8 diluncurkan. Meski produk-produk Microsoft saat ini sudah dapat dikatakan lebih keren daripada sebelumnya, namun tetap saja belum mampu membuat anak-anak muda saat ini beralih ke produk-produk terbarunya. Memang apa yang ada di pikiran anak muda susah ditebak. Masih dibutuhkan satu hal lagi yang benar-benar telah melekat di hati anak muda saat ini sehingga mampu membuat mereka berpindah ke Microsoft.

minecraft-dibeli-microsoft

Minecraft terlalu populer bagi anak muda

Menurut web resminya, game versi PC / Desktop telah terjual sebanyak 16 juta kopi. Aplikasi versi Pocketnya saja menjadi aplikasi berbayar paling populer kedua di Apple Store, dan urutan pertama di Google Play Store. Di YouTube pun juga terdapat jutaan video Minecraft, dimana video-video parodi yang dibuat dengan Minecraft lebih sering menjadi video populer yang ditonton jutaan orang diseluruh dunia.

Minecraft dipenuhi orang-orang energik, kreatif dan antusias ekstrim

Hanya di dalam game ini kita dapat melihat rumah pohon, menara bertingkat, kuil kuno, kastil, tembok besar, gunung, gua dan berbagai kreasi bangunan lain dalam bermacam-macam bentuk yang tidak pernah dapat dilakukan di game lain. Para pemain yang sangat antusias pun rela menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran untuk membuat dunia mereka sendiri di dalam game ini. Bahkan dari game ini juga lahir berbagai event yang membuat banyak orang berkumpul mulai cosplay hingga pameran.

Minecraft disukai banyak orang

Selain para pemain setia, anak-anak yang tidak memainkan game ini pun menonton video orang lain yang memainkan game ini. Orang tua dan sekolah pun juga menganggap bahwa game ini sangat bermanfaat bagi anak-anaknya.

Microsoft tidak perlu pusing memikirkan profit dari Minecraft

Berkat kepopuleran Minecraft, cukup berdiam diri saja pun Microsoft akan segera mengalami Break Even Point. Hal ini karena orang-orang yang ingin memainkan Minecraft sudah tentu akan membeli produk Microsoft, entah itu PC dengan sistem operasi Windows, console Xbox, bahkan kemungkinan besar akan dapat dimainkan juga di Windows Phone terbaru.

 

Menurut Satya Nadela selaku CEO Microsoft, game adalah aktivitas tertinggi yang mampu membuat banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam bersama Console, PC, tablet, hingga smartphone miliknya. Sedangkan Minecraft tidak hanya sekedar game, melainkan adalah sebuah platform dunia virtual baru yang digerakkan oleh komunitas yang juga menjadi salah satu segmen penting sasaran Microsoft.

Sementara itu, para pendiri Mojang, perusahaan pengembang game Minecraft akan segera keluar dari perusahaannya sendiri setelah diakuisisi oleh Microsoft. Dalam pernyataan resmi di blognya, mereka mengatakan bahwa mereka tidak tahu apa yang akan dilakukan Microsoft. Kemungkinan besar meskipun Microsoft tidak akan terlalu mengutak-atik konten-konten dalam Minecraft, namun hal-hal yang akan mereka lakukan tetaplah keren.

Kira-kira bagaimana ya nasib Minecraft kedepan setelah bergabung dengan Microsoft? Akankah keseruan dalam berkreasi berkurang atau justru malah makin banyak bermunculan pengalaman-pengalaman keren dalam permainan ini? Satu hal pasti yang diharapkan kita semua, dengan bergabungnya Microsoft ini semoga dapat memberikan rasa baru dalam Minecraft tanpa perlu mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai komponen penting dalam permainan ini.

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Linus]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Jessica Jung Sang Pebisnis Tercantik di Dunia

Orang-Orang Super Kaya di Amerika Ternyata Tidak Cukup Kaya

Belajar Saham Yuk!

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+