Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Wow, Perusahaan Raksasa Ini Rela Bagi Saham Ke Penggunanya


Semakin komunitas ini dihargai, semakin pesat pula perkembangan komunitas ini.

Pernah melihat perusahaan besar membagikan sahamnya pada penggunanya? Hal fenomenal ini terjadi pada Reddit. Baru saja 10% saham mereka dihargai oleh para investornya sebesar 50 juta dolar AS yang dimana saham itu didedikasikan untuk komunitas para pengguna setia forum tersebut. Hal ini tentu saja sangat tidak biasa dan belum pernah terjadi pada perusahaan-perusahaan digital besar sekelas Reddit.

Bagi yang belum tahu atau mungkin pernah dengar tapi lupa, Reddit adalah forum online terbesar di Amerika Serikat. Lebih sederhananya, katakanlah Reddit adalah Kaskus versi Amerika. Situs tersebut memiliki unique visitor harian setidaknya 100 juta per hari. Sayangnya, situs ini tidak dapat diakses secara normal dari Indonesia karena masuk dalam daftar blokir pemerintah. Meski diblokir, bukan berarti kita tidak dapat mengunjungi situs yang berlogokan alien tersebut. Namun kembali lagi, sebenarnya apa yang membuat para investor tersebut mau melakukan tindakan gila ini?

alien-reddit

Sam Altman, presiden Y Combinator yang juga menjadi salah satu investor Reddit bercerita bahwa ide ini sudah lama muncul di benaknya. Orang yang juga menjadi bagian dari para pengguna pertama mengatakan sudah seharusnya komunitas juga dapat memiliki forumnya karena berkat mereka juga situs forum online tersebut menjadi hidup hingga saat ini. Semakin komunitas ini dihargai, semakin pesat pula perkembangan komunitas ini. Akhirnya pun nilai perusahaan menjadi semakin tinggi dan lebih berharga lagi.

Di samping Y Combinator, ada juga Alfred Lin dari Sequoia Capital dan Marc Andreessen dari Andreessen Horowitz. Mereka bertiga merupakan lead investor Reddit. Selain mereka banyak juga investor lain yang juga turut berpartisipasi, termasuk artis besar Snoop Dogg yang namanya sudah mendunia.

Meskipun sudah mendapatkan pendanaan bukan berarti hal ini membuat perusahaan tersebut kaya. Hal tersebut diutarakan Yishan Wong, CEO Reddit, di blog Reddit. Sebelumnya ada salah satu investor yang membawa selembar uang kertas pecahan terbesar di Zimbabwe yang nominalnya jutaan. Dia menggambarkan bahwa meskipun nominalnya besar, tapi nilai dari uang tersebut tidaklah sebesar nominalnya. Uang bisa dengan cepat menjadi hal yang sama sekali tidak berguna, namun berbeda halnya dengan nilai yang akan bertahan lama karena dibangun berkat kerja keras.

Rencananya, uang hasil dari pendanaan tersebut akan digunakan untuk membiayai pengembangan fitur produk. Ada banyak sekali fitur yang telah diajukan oleh para pengguna. Dengan adanya tambahan uang tersebut, pastinya akan lebih mudah bagi Reddit untuk menambah staf, mengembangkan infrastruktur, dan hal-hal besar lain yang membutuhkan dukungan namun juga dapat membesarkan komunitas internet di seluruh dunia. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Hughman]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inspiratif: Dari Bersahabat, Geng Mahasiswa Ini Membangun Bisnis Tas yang Sukses

Pahlawan Industri Batik Indonesia

Ternyata, Majalah Playboy Dibangun Dari Awal yang Sederhana (dan Andapun Bisa)

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+