Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

YouTube Akan Menghapus Video Musik Favorit Anda dari Situs Mereka


Dalam hanya hitungan hari, beberapa video favorit Anda di YouTube akan lenyap, mungkin untuk selamanya.

Saat ini, YouTube sedang mempersiapkan langkah untuk mengubah situs ini secara radikal, dengan menambahkan layanan berlangganan untuk membantu mereka bersaing di industri musik streaming.

Kabarnya, layanan baru ini nantinya akan disebut sebagai YouTube Music Pass, merevolusi cara user melakukan streaming musik di Youtube. Mereka harus go premium jika ingin skip iklan, by the way. Selain itu, pengguna dapat mengunduh musik langsung dari Music Pass, bukan hanya mendengarkan.

John-Mayer

Mereka telah menandatangani kesepakatan lisensi dengan sejumlah label besar, meski beberapa label independen menolak untuk ikut serta, karena tidak hanya label kecil, label indie mengaku bahwa kontrak yang ditawarkan Google dirasa kurang adil.

Artis menghasilkan uang setiap kali versi cover, video lirik buatan fans, atau versi live diunggah ke Youtube mendapat views. Dalam kasus Psy, artis K-Pop paling sukses di Youtube, ribuan video buatan fans berhasil mengantarkannya mendapat lebih dari $ 2 juta. Lebih besar daripada penawaran yang saat ini ditawarkan Google.

Celakanya, untuk menunjukkan kuasa mereka, Google menyatakan bahwa setiap label kecil dan independen yang tidak mau menandatangani kesepakatan ini tidak hanya akan terputus dari layanan baru, akan tetapi konten mereka mungkin juga akan diturunkan dari situs YouTube yang original dan gratis.

Sementara laporan awal menyebut bahwa musik dari artis-artis seperti Adele, Jack White, dan Vampire Weekend semua akan lenyap, namun tidak seluruhnya. Video yang disajikan pada platform Vevo akan tetap dapat dimainkan, sebagai bagian dari perjanjian lisensi yang terpisah. Maka, sementara video musik “Rolling In The Deep” milik pemenang Grammy yang berhasil menyabet 500 juta views tetap dapat dimainkan, akan tetapi klip lain mungkin akan ditutup.

Youtube mengklaim bahwa mereka sudah punya kesepakatan dengan 90% industri ini dan bahwa mereka tidak punya pilihan selain bergerak maju.

Meskipun nyatanya industri ini sudah penuh sesak dengan layanan populer seperti Spotify, Beats Music, iTunes Radio, dan baru-baru ini Amazon Prime Music, tidak bisa diabaikan jika YouTube adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh orang-orang untuk mengkonsumsi musik. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Kia]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Tips Untuk Menjadi Jutawan di Usia 30-an

Kesempatan Gratis Berbincang Dengan Pemenang Wirausaha Muda Mandiri di Jakarta

Yuk Belajar Bisnis dari Oprah Winfrey

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+