Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Yuk Jadi Bos Idaman Karyawan!


Siapa sih yang tidak ingin menjadi bos idaman? Dikagumi dan dicintai oleh para karyawan adalah impian semua bos di seluruh dunia. Namun, tidak semua tahu cara terbaik untuk bisa menjadi bos idaman. Tak jarang beberapa bos justru mendapat label yang kurang baik hanya karena peraturan dan kebijakan yang ditetapkan untuk seluruh karyawannya. Lalu apa saja hal yang harus dilakukan untuk menjadi seorang bos idaman Sobat Studentpreneur?

 

Mau Berbagi Visi dan Misi

Hal terpenting yang harus dilakukan oleh seorang bos adalah sikap terbuka untuk mau berbagi visi dan misi kepada karyawannya. Dengan begitu maka mereka akan bekerja berdasarkan tujuan yang jelas, sehingga pekerjaan pun lebih terarah dan terukur. Jangan ragu untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan seluruh karyawan demi terwujudnya keinginanmu untuk menjadi bos idaman.

 

Menghargai Kepentingan Orang Lain

Perlu diingat bahwa menjadi bos idaman berarti kamu mampu untuk menghargai kepentingan karyawan di luar pekerjaannya di kantor. Mereka pun memiliki kehidupan lain di luar bisnis yang dikerjakan untuk perusahaanmu. Ada orang tua, keluarga, ataupun pasangan yang membutuhkan kehadiran mereka di rumah.

 

Memberikan Pertanyaan Berkualitas

Sebagai bos idaman sudah seharusnya kamu mampu memberikan pertanyaan berkualitas kepada para karyawan. Yakinkan kepada mereka bahwa sebagai bos kamu memang sepenuhnya berpengalaman terhadap bidang yang digeluti. Jangan biarkan mereka berhenti belajar, semakin sering kamu memberikan pertanyaan berkualitas maka semakin besar pula kemungkinan mereka untuk belajar lebih.

 

Mampu Menyatukan Semua Orang

Sebuah bisnis akan berkembang pesat jika sebagai bos kamu mampu menyatukan semua orang menjadi sebuah tim yang solid dan berdedikasi tinggi untuk perusahaan. Maksimalkan kebersamaan mereka dengan membangun komunikasi yang efektif serta suasana kerja yang kekeluargaan sehingga mampu menyamankan seluruh anggota tim. Kondisi internal perusahaan yang seperti ini diyakini mampu meningkatkan kinerja seluruh karyawan.

 

Tak Ragu Mengucapkan Terima Kasih

Ketika kamu ingin dihargai oleh orang lain, maka kamu pun harus menghargai jerih payah orang tersebut. Hal ini juga berlaku ketika kamu ingin menjadi seorang bos idaman. Jangan ragu untuk mengucapkan terima kasih kepada karyawan yang telah membantumu dalam mengerjakan sebuah proyek. Ucapan terima kasih inilah bentuk apresiasimu kepada usaha keras yang telah dilakukan olehnya.

 

Mau Mengakui Kesalahan

Nobody’s perfect. Kalimat itulah yang harus selalu diingat oleh seluruh manusia di dunia ini. Bahkan sebagai bos pun kamu mungkin pernah melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak. Berbesar hati untuk mau mengakui kesalahan adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan untuk menjadi bos idaman. Pun dalam menerima saran dan kritik dari karyawan yang ada di perusahaan.

 

Memberikan Pujian dengan Senang Hati

happyboss

Setiap orang menanti penilaian atas apa yang telah dilakukan olehnya, begitu pula para karyawan di perusahaanmu. Jangan ragu untuk memberikan pujian kepada mereka yang memang berprestasi dan menunjukkan peningkatan kemampuan dalam bidang pekerjaannya. Sebaliknya, bagi mereka yang belum bekerja secara maksimal pujian ini bisa menjadi cambuk untuk memotivasi agar mau bekerja dengan lebih giat lagi.

 

Memiliki Selera Humor yang Baik

Bos idaman adalah mereka yang memiliki selera humor yang baik. Kamu bisa menjadikan berbagai masalah yang telah dilalui sebagai bahan lelucon keesokan harinya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa bergurau pun ada waktunya. Pandai-pandailah melihat situasi yang tepat untuk mengutarakan lelucon di hadapan karyawan agar tidak kehilangan wibawa sebagai seorang bos.

 

Merayakan Kemenangan

Perusahaanmu memenangkan sebuah proyek? Jangan ragu untuk merayakannya bersama seluruh karyawan yang telah bersusah payah mendapatkan pencapaian tersebut. Bos idaman selalu bisa merayakan kemenangan dengan sempurna untuk membahagiakan jiwa-jiwa yang lelah usai bekerja keras.

 

Menciptakan Pemimpin Baru

Bos idaman adalah teman bagi semua karyawan. Ia adalah sosok yang disegani, bukan ditakuti. Tak heran jika kepiawaiannya dalam memimpin perusahaan mampu menciptakan sosok pemimpin-pemimpin baru. Bos idaman bisa dijadikan sumber inspirasi bagi mereka yang ingin maju dalam kehidupannya.

Menjadi bos idaman bukan lagi menjadi hal yang sulit. Tunggu apalagi? Kamu bisa memulainya sekarang juga!

Inas Twinda

Inas adalah social media manager di Picodio, sebuah startup digital agency di Surabaya. Dia sangat mencintai dunia startup!

Facebook Twitter