Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan Studentpreneur


Halo Sobat Studentpreneur!

 

Penipuan Mengatasnamakan Studentpreneur

Beberapa hari yang lalu, ada salah satu sahabat kami, seorang entrepreneur muda yang dihubungi oleh wartawan bernama Riza yang mengaku dari Studentpreneur. Wartawan tersebut bertanya-tanya detail bisnis dan bahkan berjanji menerbitkan berita sahabat kami itu di website Studentpreneur. Riza ini bahkan sampai meminta data pribadi dari sahabat kami. Masalah cuma satu, di Studentpreneur, tidak ada wartawan bernama Riza!!

Parahnya lagi, wartawan gadungan bernama Riza ini menggunakan email pribadi untuk menghubungi sahabat kami. Dia juga mengaku akan menerbitkan buku Studentpreneur yang akan menguntungkan sahabat kami. Untung, sahabat kami tidak tertipu dan mengklarifikasi hal ini kepada Studentpreneur.

 

Modus Lama

Meskipun belum sampai jatuh korban dengan kehilangan berarti, kami menghimbau terhadap semua pebisnis muda untuk tidak tertipu oleh penipuan seperti ini. Penipuan ini jamak terjadi memanfaatkan nama media besar, bahkan TechCrunch pernah juga jadi korbannya. Modusnya, wartawan gadungan akan pura-pura mewawancarai calon korban. Kemudian, menjanjikannya untuk terbit di media tertentu, dengan meminta imbalan uang. Atau juga bisa menjanjikan untuk terbit di buku dari media tersebut, dengan imbalan uang. Begitu uang diterima, penipu ini akan kabur, dan korban bingung berusaha menghubungi media tertentu dan ternyata medianya tidak mengenal wartawan gadungan yang disebutkan.

Ada juga modus penipuan yang dilakukan “media kuning”. Dimana mereka akan mengaku berasal dari media besar seperti Studentpreneur, agar lebih mudah mewawancarai seseorang. Kemudian, dengan janji terbit di media besar, akhirnya wartawan media kuning tersebut mendapatkan data pribadi seorang pebisnis, yang bisa dia jual ke pihak yang membutuhkan.

anon

Hanya Ada Satu Studentpreneur di Indonesia

Kami mempunyai paten nama merk “Studentpreneur” di Indonesia. Jadi kalau Anda ditawari seseorang yang mengaku atas nama Studentpreneur, entah itu untuk terbit di media ataupun cetak buku, padahal bukan dari kami, hampir bisa dipastikan dia adalah seorang penipu. Berikut langkah-langkah yang kami anjurkan kalau Anda bertemu dengan penipu yang mengatasnamakan Studentpreneur:

 

  1. Studentpreneur selalu menghubungi orang menggunakan email @studentpreneur.co. Kalau tidak menggunakan email domain tersebut, bisa dipastikan mereka penipu. Anda bisa melihat kontak lengkap tim Studentpreneur disini.
  2. Wartawan Studentpreneur sudah diinstruksikan untuk tidak menerima dan meminta imbalan apapun dari narasumber. Kalau ada wartawan yang meminta imbalan, bisa dipastikan mereka penipu.
  3. Kalau sedang mencurigai seseorang yang mungkin sedang melakukan penipuan mengatasnamakan Studentpreneur, Anda bisa menghubungi [email protected] untuk melakukan konfirmasi.

 

Penipuan bisa terjadi dimana-mana. Hati-hati Sobat Studentpreneur!!! [Photo Credit: Tim]

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan Studentpreneur
Author
Description
Hati-hati, jangan cepat percaya apabila ada wartawan atau pihak yang mengatasnamakan Studentpreneur, Anda harus crosscheck dulu tentang kebenarannya!