Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Ingin Beli Apple? Siapkan Uang 7000 Triliun Rupiah


Bayangkan saja jika Anda akan membeli perusahaan Apple, maka Anda harus menyiapkan kucuran dana hingga mencapai 7000 triliun rupiah.

Anda tidak salah membaca, perusahaan teknologi Apple Inc. pada tahun 2015 ini dihargai 7,000 triliun rupiah. Maksudnya adalah, jika Anda ingin membeli perusahaan Apple, Anda harus menyiapkan 7,000 triliun rupiah. Yang menarik adalah, perusahaan yang dibentuk pada tahun 1976 oleh Steve Jobs ini harga sahamnya naik sebesar 50,600%.

 

Memecahkan semua rekor

Dengan harga saham 7,000 rupiah atau 700 miliar dolar, tentu saja Apple memecahkan semua rekor yang ada di dunia. Sekarang jika dibandingkan dengan nilai perusahaan lain di dunia, Apple tidak terkejar. Yang terdekat adalah ExxonMobil, perusahaan mobil terbesar di Amerika. Harga saham ExxonMobil adalah 362 miliar dolar, itu berarti harga saham Apple adalah dua kali lipat harga saham ExxonMobil.  Dan juga dua kali lipat harga saham dari Google serta Walmart. Jika ditelisik lebih jauh lagi, harga saham Apple tersebut adalah 24 kali harga saham Twitter. Sudah tidak terkejar lagi.

“Angka tersebut tidak benar”

Itulah kata-kata pertama yang muncul dari Tim Cook, CEO Apple sekarang. Memang angka tersebut didapat ketika harga saham perlembar dari Apple adalah 122 dolar. Jadi jika dihitung, maka harga saham total Apple adalah 700 miliar dolar.

 

Penjualan iPhone yang gila-gilaan

Tetapi angka tersebut tidak muncul begitu saja. Kenapa harga saham Apple bisa sampai sebesar itu? Ternyata, Apple telah berhasil menjual iPhone kedalam pasar China. Sebagai perbandingan, jika sebuah perusahaan berhasil menguasai pasar China, berarti perusahaan tersebut telah menguasai sebagian pasar dunia.

Sebelumnya pemerintah China memang melarang penjualan produk Apple di China. Tetapi setelah lobi-lobi akhirnya produk iPhone terakhir yaitu iPhone 6 berhasil dijual di China. Lalu apakah penjualan iPhone di China sebooming penjualan iPhone di Amerika Serikat atau di Eropa?

iphone-lama

Bukan hanya sukses lagi, iPhone telah berhasil memecahkan rekor – lagi – keuntungan penjualan selama 3 bulan terbanyak dalam sejarah. Keuntungan penjualan iPhone dalam 3 bulan pertama 74 miliar dolar, atau setara 740 triliun. Dan ternyata, penjualannya terangkat oleh penjualan iPhone. Dari total penjualan iPhone sebelumnya, naik sekitar 70% pada bulan Desember.

Dengan angka saham sebesar itu, Apple mutlak dinyatakan sebagai perusahaan paling berharga di dunia. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Yutaka]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Abon Garut Beromzet Ratusan Juta Rupiah Antar Pria Ini Jadi Jutawan

Meski Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Muda Ini Harumkan Indonesia di Dunia Internasional

Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Hobi Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Ingin Beli Apple? Siapkan Uang 7000 Triliun Rupiah
Author
Description
Bayangkan saja jika Anda akan membeli perusahaan Apple, maka Anda harus menyiapkan kucuran dana hingga mencapai 7000 triliun rupiah.