Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Tips

Ini Tanda Anda Memiliki Jiwa Entrepreneur


Anda bisa disebut sebagai seorang pebisnis sejati jika memiliki beberapa tanda-tanda alamiah berikut ini.

Sebenarnya, Anda bisa melihat diri sendiri apakah cocok menjadi seorang entrepreneur atau tidak. Memang, biasanya orang tidak bisa dipaksa menjadi seorang entrepreneur atau seorang karyawan. Tapi, ada cara bagaimana Anda bisa mengetahui, apakah Anda seharusnya menjadi entrepreneur atau tidak.

 

Anda sangat menonjol dalam kelompok

Ini bisa terlihat ketika Anda masih kecil. Yang pasti, Anda sering berkelompok pada saat sekolah, entah itu sekolah dasar ataupun SMP. Nah, Anda bisa melihat apa yang Anda lakukan pada saat berada di kelompok  tersebut. Jika Anda ingin menjadi pemimpin kelompok, berarti Anda mempunyai jiwa pemimpin yang tinggi. Tetapi tunggu dulu, walaupun Anda suka menjadi pemimpin tetapi Anda tidak memperhatikan anggota Anda berarti Anda tidak memiliki jiwa entrepreneur.

Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mempergunakan kemampuan anggotanya dengan baik. Walaupun kelompok Anda tidak mendapatkan hasil yang baik, Anda tetap tidak kecewa karena itulah hasil yang kelompok Anda dapatkan.

 

Anda puas dengan IPK Anda

Berapapun nilai Anda atau berapapun IPK Anda, Anda tidak akan kecewa. Karena itulah memang yang Anda dapatkan. Tentu seorang entrepreneur bukan dilihat dari besarnya nilai atau IPK, karena Anda mungkin tidak mahir dalam matematika tetapi mahir dalam bidang lain. Karena nilai matematika tersebut jelek, bukan berarti nilai keseluruhan Anda menjadi jelek.

Seorang entrepreneur tidak akan hanya mengejar nilai, walaupun nilai Anda bagus tetapi skill Anda tidak mumpuni juga percuma. Yang pasti adalah, untuk menjadi seorang entrepreneur tidak dibutuhkan minimal IPK.

 

Anda suka berjualan

Apapun organisasi atau komunitas yang Anda ikuti, Anda suka ‘menjual’. Entah itu Anda menjual komunitas atau organisasi tersebut agar lebih maju lagi, atau Anda bisa menjual sesuatu yang bisa memajukan komunitas atau organisasi Anda. Anda mungkin tidak sadar, tetapi hal tersebut telah menunjukkan jiwa entrepreneur Anda.

jiwa-kreatif

Kreatif

Seorang anak akan membelanjakan uangnya untuk membeli cokelat, tetapi anak yang berjiwa entrepreneur akan berpikir bagaimana menginvestasikan uang untuk membeli cokelat lebih banyak. Jangan salah, sudah banyak contoh anak SD ataupun SMP yang sudah berjualan untuk mendapatkan uang saku tambahan. Walaupun tidak berpikiran untuk mendapatkan keuntungan yang banyak, tetapi mereka sudah menunjukkan jiwa entrepreneur mereka dan mampu meraup keuntungan jutaan rupiah.

 

Anda melihat peluang

Anda suka melihat peluang, Anda tidak bisa diam jika melihat warung atau kantin yang ramai. Anda bisa titip jualan makanan orang tua. Seorang entrepreneur tidak akan senang duduk berlama-lama di warung. Disetiap tempat Anda akan gelisah dan berpikir untuk bagaimana caranya mendapatkan keuntungan seperti ini.

 

Tetapi sekali lagi, jiwa entrepreneur bisa dibentuk. Mungkin Anda tidak sadar apa yang telah dilakukan waktu kecil dulu, tetapi Anda bisa melihat bagaimana Anda sekarang. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Epsos]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Ini Cara Membuat Business Plan yang Lengkap

Cinta Bos Lion Air Ditolak Karena Tidak Punya Sepatu

Kriukk.. Meraup Untung Besar Dari Bisnis Kerupuk

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Ini Tanda Anda Memiliki Jiwa Entrepreneur
Author
Description
Anda bisa disebut sebagai seorang pebisnis sejati jika memiliki beberapa tanda-tanda alamiah berikut ini.