Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Studentpreneur Indonesia

Ini Wadah Berkumpulnya Pelaku Industri Game Tanah Air


Sebagai salah satu media online game terbesar, duniaku.net selalu menyajikan beragam informasi yang up to date seputar dunia game.

Bagi para pecinta game di Tanah Air, tentunya tidak asing lagi dengan majalah game Sigma ataupun Omega. Kedua media cetak tersebut banyak sekali mengulas berita-berita ataupun artikel seputar dunia game. Bukan hanya peluncuran game terbaru saja, tetapi informasi seputar karakter game ataupun tips dan tutorial bermain game pun disampaikan dengan baik oleh kedua media cetak tersebut.

Selain kedua media cetak diatas, para pecinta game Tanah Air juga masih bisa menikmati informasi seputar dunia game melalui media online duniaku.net yang diprakarsai oleh Joni Farizal dan Yunianto K. Anda tak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan informasi seputar dunia game, karena duniaku.net selalu mengupdate informasi tersebut setiap saat. Jadi, Anda tidak akan ketinggalan informasi terbaru seputar dunia game yang Anda cintai.

 

Bisa diceritakan awal mula duniaku.net muncul?

Duniaku.net lahir sekitar tahun 2011 yang lalu dengan konsep memberikan informasi seputar dunia game kepada gamer di Tanah Air setiap saat. Berbeda dengan media cetak yang menyajikan informasi sesuai jadwal terbit disetiap minggunya, maka pecinta game tak perlu menunggu waktu lama untuk mendapat informasi seputar game terbaru melalui duniaku.net yang update setiap saat. Selain itu, duniaku.net juga menjadi wadah bagi setiap pecinta game di Tanah Air untuk berkomunikasi. Pasalnya, Indonesia adalah pasar yang sangat potensial mengingat pertumbuhan industri game yang cukup signifikan.

 

Lalu, bagaimana caranya duniaku.net dalam memilih berita untuk dimuat?

Sebagai sebuah media online, tentunya duniaku.net harus selalu memberikan berita ataupun informasi-informasi seputar dunia game yang cepat dan akurat. Bukan hanya peluncuran game terbaru ataupun fitur-fitur yang terdapat pada sebuah game konsol saja, tetapi kami juga tidak jarang memberikan tutorial ataupun tips dalam bermain game. Selain itu, kami juga tidak jarang membahas beberapa karakter game yang memungkinkan untuk dapat dijadikan contoh di kehidupan nyata. Misalnya saja, ketika kami menjadikan beberapa karakter di naruto yang mirip dengan tokoh presiden di Indonesia. Artikel tersebut mendadak menjadi populer dan trending selama beberapa hari.

 

Jadi, karakter komik pun juga bisa menjadi sebuah berita?

Nah, disini saya ingin menjelaskan bahwa berita yang disajikan oleh duniaku.net tidak hanya terkait dengan sebuah peristiwa saja. Tetapi lebih dari itu, duniaku.net ingin menjadi sumber informasi yang berbeda daripada media game yang lainnya. Oleh karena itu, kami mencoba memberikan sesuatu kepada para pembaca. Tak disangka, hasilnya adalah mencapai 50.000 pembaca dalam satu artikel tersebut.

 

Apa fokus dari duniaku.net sebagai sebuah media game di Indonesia?

Seperti yang sering disampaikan oleh CEO duniaku,net Robi Baskoro, bahwa kami memiliki tiga program utama saat ini. Pertama adalah kami ingin mengajak para pelaku industri, pengamat maupun komunitas untuk ikut berkontribusi mengabarkan berita-berita seputar dunia game & industri kreatif terkait. Kedua adalah duniaku.net ingin menunjukkan komitmen untuk mewadahi komunitas, dimana duniaku.net akan mengadakan event reguler yang akan mengajak komunitas game bersatu, berdiskusi, dan bermain bersama. Ketiga, the last but not the least adalah kami ingin memberikan sebuah Gamer Award, yaitu event penghargaan untuk para gamer yang diharapkan dapat meningkatkan nilai positif dari bermain game.

duniaku-net

Menurut Anda, bagaimana perkembangan dunia game di Indonesia saat ini?

Harus diakui, meskipun Indonesia adalah sebuah pasar yang sangat potensial namun kenyataannya adalah belum siapnya produk lokal untuk dapat menggarap pasar negeri sendiri. Sudah diketahui bersama bahwa sampai saat ini penggerak industri game terbesar di Indonesia masih dari publisher game. Padahal game yang diusung para publisher tersebut hampir sepenuhnya merupakan produk asing yang dibungkus kembali untuk dijual di Indonesia. Oleh karena itu, developer lokal juga harus menempa diri dengan sangat baik, sehingga produk yang dibuat dapat setidaknya mendekati standar kualitas yang diharapkan publisher. Dari sisi pemerintah juga diharapkan dapat membuat regulasi yang menguntungkan produk lokal, sehingga dapat bersaing secara harga dengan produk asing, bahkan diharapkan memberi insentif untuk publisher yang mau mempublikasikan game lokal. Langkah yang tidak kalah penting adalah media harus juga memberikan perhatian yang lebih besar untuk konten lokal, dengan memberikan porsi pemberitaan yang menumbuhkan semangat positif dan inspirasi bagi masyarakat.

 

Lantas, dimana posisi duniaku.net sebagai sebuah media?

Dalam hal ini mungkin perlu dituntut juga sinergi dari beberapa elemen terkait. Media pun juga harus berperan aktif untuk memberikan pandangan kepada masyarakat luas tentang nilai-nilai positif dari bermain game. Dengan begitu, masyarakat mendapat informasi yang lengkap dan menyeluruh mengenai misi yang dibawa industri game nasional. Seperti pada industri film misalnya, maka nantinya dapat dimunculkan sebuah rating terkait game-game terbaik sehingga penikmat konten sudah ter-filter dari awal, atau bahkan ada regulasi yang melarang game untuk dimainkan dalam waktu waktu belajar formal, sehingga orang tua tidak khawatir putra-putrinya tidak lupa waktu belajar. Semua itu harus dapat dikemas dengan baik menjadi sebuah berita atau informasi yang juga dapat mengedukasi masyarakat.

 

Terakhir, apa saran Anda agar mereka yang terjun di bisnis media online dapat tetap eksis?

Duniaku.net sebagai salah satu media game online terbesar di Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan kontribusi kepada masyarakat. Dan hal ini tidak bisa didapat dalam waktu yang singkat. Jadi, bagi siapa saja yang ingin menjalankan media online maka mereka harus dapat tetap fokus dengan apa yang dilakukannya. Tidak ada sebuah kesusksesan yang diraih dengan mudah. Selama Anda tetap bisa fokus dan kerja keras maka kesuksesan pun akan datang dengan sendirinya. Sedangkan untuk mendapatkan sebuah inspirasi maka Anda sebagai pelaku industri kreatif tentunya harus lebih banyak meluangkan waktu untuk membaca agar muncul sebuah imajinasi yang out of the box. Semoga sukses dengan setiap bisnis yang Anda lakukan saat ini.

 

Nah Sobat Studentpreneur, bagi Anda pecinta game yang tak ingin ketinggalan informasi maka silakan mengakses duniaku.net yang merupakan media game online terbesar. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Kamu Tidak Perlu Ganteng Untuk Hasilkan Milliaran Rupiah

Inspiratifnya Pemuda Bogor Pencipta Perumahan Untuk Warga Miskin

Petani Muda Indonesia yang Mampu Raup Ratusan Juta Rupiah

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Ini Wadah Berkumpulnya Pelaku Industri Game Tanah Air
Author
Description
Sebagai salah satu media online game terbesar, duniaku.net selalu menyajikan beragam informasi yang up to date seputar dunia game.