Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Tips

Kebiasaan Buruk Pebisnis yang Harus Segera Diubah


Seorang pebisnis tentu memiliki sikap dan perilaku yang santun dan tidak akan membiarkan melakukan kebiasaan buruk berikut ini.

Setiap pebisnis harus menghabiskan waktu sampai bertahun-tahun untuk menjadi sukses. Ketika Anda merasa bahwa perkembangan bisnis Anda sudah benar, tetapi bisnis Anda masih itu-itu saja, berarti Anda harus merubah perilaku atau kebiasaan di dalam diri. Apa saja sebenarnya kebiasaan buruk bagi seorang entrepreneur yang harus Anda ubah?

 

Terlalu banyak menjual diri

Kesalahan terbesar dari seorang entrepreneur adalah terlalu menjual dirinya sendiri bukan bisnisnya. Walaupun bisnis Anda merupakan cerminan dari diri Anda sendiri, tetapi jika Anda terlalu banyak menjual atau mempromosikan diri Anda, tentu itu tidak baik di mata konsumen atau partner. Padahal, sebagai pebisnis Anda wajib menjual bisnis Anda dibandingkan menjual apa yang Anda punya. Sebagai kunci adalah, bisnis yang Anda buat adalah cerminan dari diri Anda sendiri. Ketika bisnis Anda sudah besar, otomatis nama Anda akan terangkat tanpa perlu menjual diri Anda sendiri.

 

Tidak membaur

Ini juga termasuk kesalahan terbesar, Anda terlalu banyak berdiam diri didalam bisnis Anda, tidak pernah mengenal dunia luar. Walaupun Anda sebagai CEO atau pimpinan yang sudah mempunyai orang untuk melakukan kegiatan networking, Anda sendiri juga harus terjun. Kalau bisa, Anda sendirilah yang terjun dalam networking. Semakin dini Anda sering networking dalam bisnis, semakin bagus dalam perkembangan bisnis Anda.

 

Terlalu lama memilih karyawan

Keputusan untuk menambah karyawan atau partner harus Anda lakukan dengan cepat. Beberapa bisnis tidak berkembang karena terlalu lama menunda untuk memilih karyawan. Misalnya, Anda membutuhkan bagian marketing dalam perusahaan Anda, ketika Anda membuka lowongan tetapi terlalu lama memilih, ini sangat bahaya. Anda harus benar-benar melihat kebutuhan perusahaan dalam merekrut karyawan.

 

Tidak pernah belajar

Jika Anda melihat kenapa sebuah bisnis tidak berkembang, biasanya karena tidak ada inovasi dalam bisnis tersebut. Padahal inovasi adalah hal yang paling dibutuhkan dalam bisnis. Lalu, bagaimana caranya agar bisnis Anda dapat terus berinoviasi, Anda tentunya harus belajar sesuatu yang baru dan tidak pernah berhenti dalam belajar. Setiap produk yang Anda hasilkan adalah cerminan dari pengetahuan yang Anda dapat.

sendirian

Sendiri

Tidak ada pemilik bisnis yang bisa semuanya sendiri. Anda mungkin bisa semuanya sendiri, tapi bisnis Anda mungkin akan bertahan 1 tahun karena Anda kelelahan dan akhirnya bangkrut. Anda tidak mungkin mengelola keuangan atau marketing sendiri. Anda tidak perlu malu untuk berkonsultasi masalah finansial atau berkonsultasi tentang marketing. Bahkan jika memang perlu Anda merekrut karyawan di bagian marketing atau keuangan, maka segera merekrut karyawan yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui apa saja kebiasaan buruk bagi seorang entrepreneur. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Geraint]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Ini Cara Membuat Business Plan yang Lengkap

Cinta Bos Lion Air Ditolak Karena Tidak Punya Sepatu

Kriukk.. Meraup Untung Besar Dari Bisnis Kerupuk

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Kebiasaan Buruk Pebisnis yang Harus Segera Diubah
Author
Description
Seorang pebisnis tentu memiliki sikap dan perilaku yang santun dan tidak akan membiarkan melakukan kebiasaan buruk berikut ini.