Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Manfaat LinkedIn Untuk Mengembangkan Jaringan Bisnis Anda


Ada banyak sosial media yang dapat digunakan untuk mengembangkan jaringan bisnis, termasuk LinkedIn yang fokus pada dunia bisnis.

Kini, banyak sosial media bertebaran di internet, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dan sekarang Path. Masih banyak yang tidak mengetahui keberadaan sosial media yang fokus dalam dunia bisnis, yakni LinkedIn. Banyak orang yang belum tahu bahwa LinkedIn merupakan sosial media untuk para pebisnis dalam mencari network atau jaringan. LinkedIn sangat membantu dalam mengembangkan bisnis Anda dan juga untuk bertemu orang-orang baru. Tetapi, sebelum mengenal lebih jauh tentang LinkedIn, simak kegunaan LinkedIn yang harus diketahui oleh pebisnis.

 

Orang akan menilai dari profil Anda

Setiap pertemuan, kesan pertama adalah hal yang sangat menentukan. Orang akan menilai, Anda apakah orang yang tepat untuk diajak berbisnis, atau sekedar untuk berteman. Dalam LinkedIn, profile Anda adalah ‘wajah’ Anda. Dengan melengkapi profile, memasang foto, melengkapi pekerjaan secara detail akan sangat membantu first impression Anda. Selain itu, Anda juga harus mengganti URL LinkedIn Anda jika profile Anda masih default. Lalu gunakanlah foto yang profesional, bukan foto-foto alay, dan gunakan wajah terbaik Anda.

LinkedIn

Tidak semua di LinkedIn ingin berjejaring

Perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua yang ada di LinkedIn ingin berjejaring atau bahkan berteman (dalam LinkedIn berteman adalah connect). Jadi, Anda tidak boleh sembarangan menambah teman di LinkedIn. Jika Anda merupakan pengguna baru dari LinkedIn, naluri atau hasrat Anda akan menambah teman-teman baru khususnya orang-orang terkenal akan tinggi. Tapi, Anda harus tetap membatasi untuk tidak sembarangan menambah teman. Pilihlah yang sesuai dengan bisnis Anda atau jaringan Anda.

 

Jangan iklan dan spam di LinkedIn

TIdak jamannya lagi Anda promosi produk Anda di LinkedIn atau spam. Karena pengguna LinkedIn akan segera meninggalkan profile Anda atau bahkan mem-block akun Anda. Jika Anda ingin mempromosikan brand, produk atau bisnis Anda, tulislah di deskripsi profile Anda. Semakin lengkap profile Anda, semakin besar akan menarik pengguna lain.

 

Selalu berkomunikasi

Ketika Anda sudah berteman atau berjejaring di LinkedIn, selanjutnya adalah Anda harus berkomunikasi terlebih dahulu sebelum menghubungi teman atau jejaring Anda. Kenapa? Karena LinkedIn adalah sosial media yang menghubungkan Anda dengan orang yang mungkin tidak kenal. Usahakan selalu menuliskan secara lengkap, kenapa Anda ingin mengkontak orang tersebut. Misalnya, ‘Halo, saya ingin berteman’. Kata-kata tersebut sangat dihindari di LinkedIn. Sebaiknya Anda membuatnya lebih lengkap, dengan menyebut asal Anda dan kenapa Anda ingin berteman.

 

Kopi darat adalah hal yang lebih penting

Walaupun Anda mempunyai banyak jaringan di LinkedIn, tapi Anda tidak pernah sekalipun bertemu dengan mereka di dunia nyata alias kopi darat, itu adalah percuma. Usahakan jika Anda berkunjung ke suatu kota atau daerah, Anda dapat bertemu dengan jejaring Anda di LinkedIn. Percaya atau tidak, bertemu secara langsung akan lebih nyaman.

 

Nah Sobat Studentpreneur, itulah beberapa kegunaan LinkedIn yang dapat membantu Anda dalam berjejaring. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tertarik Bisnis Online Shop, Gadis 18 Tahun Ini Raup Untung Jutaan Rupiah per Bulannya

Ternyata, Modal Awal Nike Hanya 5 Juta Rupiah

Introducing Startup Speakup, Program Untuk Anda!

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Manfaat LinkedIn Untuk Mengembangkan Jaringan Bisnis Anda
Author
Description
Ada banyak sosial media yang dapat digunakan untuk mengembangkan jaringan bisnis, termasuk LinkedIn yang fokus pada dunia bisnis.