Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Manfaatkanlah Sosial Media Sebagai Media Promosi Bisnis Anda


Indonesia merupakan salah satu pengguna sosial media terbesar di dunia, oleh karena itu manfaatkanlah sosial media sebagai ajang promosi bisnis Anda.

Sosial media adalah sarana promosi gratis bagi para pengusaha yang memiliki dana yang sedikit untuk promosi, bahkan tidak mempunyai dana sekalipun. Geliat sosial media sangat tinggi di Indonesia, rata-rata pengguna sosial media adalah berumur 15 sampai 25 tahun. Itu adalah pasar yang sangat bagus untuk anak muda. Ketika Anda sudah memulai usaha, apa yang harus Anda lakukan pertama kali di sosial media?

 

Buat segera akun Facebook dan Twitter

Ini adalah yang harus Anda lakukan, Anda harus membuat akun Facebook dan Twitter. Kenapa di sosial media ini? Karena mereka adalah akun sosial media yang paling banyak dipakai. Di Facebook, Anda bisa membuat fan page sendiri. Pada awal-awal, Anda pasti kesulitan dalam mengambil followers, hal yang harus Anda lakukan adalah Anda bisa mempromosikan usaha atau bisnis Anda dengan menggunakan akun pribadi atau suruh teman-teman Anda untuk mempromosikan.

 

Pasang logo dan tagline yang menarik dan lengkap

Usahakan bisnis dan produk Anda mempunyai logo dan tagline sendiri. Kenapa? Karena logo adalah hal yang paling unik bisa dilihat para calon konsumen. Bahkan konsumen ada yang mengingat logo bukan namanya. Maka dari itu, Anda harus membuat logo dan tagline untuk usaha atau produk Anda. Walaupun Anda tidak bisa membuat logo, Anda bisa membuat logo seadanya tetepi tetap unik. Dengan logo yang unik dan eye catching maka bisnis Anda akan semakin mudah dikenal oleh banyak orang.

twitter-commerce

Share gambar atau foto tentang usaha atau produk Anda

Ini tidak kalah pentingnya, Anda harus sering-sering memposting gambar tentang usaha atau produk Anda. Anda bisa memposting gambar dari produk Anda sehari sekali. Dengan begitu calon konsumen bisa melihat usaha atau produk Anda.

 

Share gambar dari pembeli atau testimoni dari mereka

Usahakan setiap konsumen Anda membuat testimoni setiap membeli atau bekerja sama dengan usaha Anda. Kenapa demikian? Karena testimoni yang bagus dapat membuat calon konsumen yang lain akan percaya. Anda bisa membuat satu album foto di Facebook untuk setiap testimoni yang diberikan oleh konsumen.

 

Gunakan promo-promo atau kuis

Untuk membuat semakin banyak pengikut di sosial media Anda, Anda bisa membuat kuis-kuis untuk menarik perhatian calon konsumen. Jika Anda tidak mempunyai dana yang besar, Anda bisa membuat voucher diskon dari produk Anda. Dengan begitu, maka akan dapat menarik minat customer untuk membeli produk Anda.

 

Ikut komunitas di sosial media

Di Facebook maupun di Twitter banyak sekali komunitas-komunitas yang ada. Anda bisa mengikuti salah satunya. Misalnya di Facebook Anda bisa bergabung dengan komunitas bisnis regional, selain bisa promosi usaha, Anda bisa belajar dari komunitas tersebut. Untuk di Twitter, Anda bisa bergabung di komunitas online untuk bertukar jaringan disana.

 

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui bagaimana kiat sosial media untuk usaha Anda. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Hebat, Bocah 13 Tahun Ini Dikontrak Besar Oleh Intel

Sejak Usia 15 Tahun, Siswi SMA Ini Telah Raih Jutaan Rupiah per Bulan

Kakak Adik Super Cantik Merintis Bisnis Wedding yang Sukses

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Manfaatkanlah Sosial Media Sebagai Media Promosi Bisnis Anda
Author
Description
Indonesia merupakan salah satu pengguna sosial media terbesar di dunia, oleh karena itu manfaatkanlah sosial media sebagai ajang promosi bisnis Anda.