Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Orang Terkaya Korea Selatan Ternyata Dulunya Seorang Dokter


Walaupun awalnya sempat diragukan, pemimpin perusahaan asuransi yang berprofesi sebagai dokter ini berhasil menjadi orang terkaya di Korea Selatan.

Shin Chang-Jae tidak menyangka akan meneruskan perusahaan yang didirikan oleh ayahnya, yaitu Kyobo Life Insurance. Sekarang Shin Chang merupakan orang terkaya nomor 7 di Korea Selatan dengan kekayaan 21 triliun rupiah. Pada tahun 2009 kemarin, Kyobo menjadi perusahaan asuransi yang mempunyai keuntungan terbesar di Korea Selatan. Berikut kisah Shin Chang dengan perusahaan Kyobo miliknya.

 

Bercita-cita mulia

Sebagai seorang pebisnis sukses, wajar jika ayah Shin Chang, yaitu Shin Yong-ho ingin anaknya meneruskan bisnis yang dirintisnya. Tetapi tidak bagi Shin Chang, dia tidak ingin berbisnis, tetapi ingin menjadi dokter atau mengajar. Sungguh mulia sekali cita-cita dari Shin Chang bukan?

Lahir dikeluarga pebisnis, Shin Chang tidak tertarik di dunia bisnis. Pada saat SMA, Shin Chang tertarik menjadi dokter setelah melihat pacar dari kakak perempuannya yang sedang sekolah di kedokteran. Setelah itu, Shin Chang ingin kuliah di kedokteran. Bahkan pada saat SMA tersebut, tidak pernah terbersit pikiran Shin Chang untuk menjadi pebisnis.

“Saya mungkin akan menjadi supir atau menjadi guru, bukan menjadi CEO”

Akhirnya setelah lulus SMA, Shin Chang kuliah jurusan kedokteran di Seoul National University dan kemudian bekerja sebagai peneliti. Selama menjadi peneliti tersebut, Shin Chang juga mengajar di tempat yang sama. Cita-cita mulianya semua tercapai.

rumah-sakit

Ayahnya mengidap kanker

Ayahnya Shin Yong-ho mendirikan Kyobo Life Insurance pada tahun 1958, tidak lama setelah itu pada tahun 1993 ayahnya mengidap kanker. Fokus Shin Chang akhirnya untuk merawat sang ayah. Akhirnya pada tahun 1996, Shin Chang menggantikan peran ayahnya sebagai CEO. Banyak masyarakat yang meremehkan kemampuan dari Shin Chang karena backgroundnya yang bukan dari pebisnis. Tetapi siapa sangka, melalui tangan dingin Shin Chang, Kyobo Life Insurance justru menjadi perusahaan asuransi papan atas di Korea Selatan.

 

Memimpin Kyobo

Shin Chang ternyata melihat beberapa kelemahan dari perusahaan asuransi yang didirikan ayahnya tersebut. Mulai dari sistem dari asuransi yang lemah dan sisi manajemen. Sistem asuransi dari Kyobo dinilai terlalu lemah karena konsumen jarang memberikan input yang positif untuk perusahaan. Lalu Shin Chang menyadari bahwa karyawan di Kyobo jarang berinteraksi satu sama lain, ini membuat lingkungan perusahaan sangat tidak efektif.

Perubahan besar pun dilakukannya, mulai dari mengangkat staf baru dan membuat sistem asuransi yang lebih baik. Dan yang paling mendasar adalah, Shin Chang membuat karyawan tidak ada jarak dengan pimpinannya. Shin Chang sering mendengar apa yang diresahkan karyawan atau saran dari karyawan. Ini membuat suasana kerja di Kyobo menjadi lebih baik.

Sekarang, Kyobo menjadi 3 besar asuransi yang paling banyak dipakai di Korea Selatan. Bahkan pada tahun 2012, Shin menjadi orang paling berpengaruh di dunia asuransi Asia. Nah, bagaimana menurut Sobat Studentpreneur? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: US Army]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Ini Cara Membuat Business Plan yang Lengkap

Cinta Bos Lion Air Ditolak Karena Tidak Punya Sepatu

Kriukk.. Meraup Untung Besar Dari Bisnis Kerupuk

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Orang Terkaya Korea Selatan Ternyata Dulunya Seorang Dokter
Author
Description
Walaupun awalnya sempat diragukan, pemimpin perusahaan asuransi yang berprofesi sebagai dokter ini berhasil menjadi orang terkaya di Korea Selatan.