Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Pemilik Pabrik Susu Terbesar di Prancis yang Temperamental


Selalu menjadi pilihan konsumen, pemilik pabrik susu Lactalis menjadi orang terkaya di Prancis.

Lactalis merupakan perusahaan pabrik susu terbesar kedua di Prancis setelah Danone. Anda mungkin cuma mendengar Danone, tetapi Lactalis ini juga sangat terkenal di Prancis dan Eropa. Produknya antara lain Sorrento, Societe, Bridel, Presiden dan Valmont. Pembuat Lactalis adalah Andre Besnier, merupakan ayah dari Michel Besnier. Sementara itu, Emmanuel Besnier merupakan cucu dari Andre Besnier. Kekayaan Emmanuel Besnier adalah 4.3 miliar dolar atau 43 triliun rupiah dan termasuk orang terkaya Prancis nomor 8.

 

Dimulai dari Andre Besnier

Andre Besnier memulai Lactalis pada tahun 1933 dengan hanya 1 karyawan. Didalam websitenya, Andre Besnier mengaku hanya mempunyai 1 karyawan dan memulai dengan 35 liter susu dan membuat 17 keju di hari pertamanya. Setelah itu pabrik susu Andre tersebut berkembang sangat pesat, lalu pada tahun 1955 bisnisnya tersebut dilanjutkan oleh anaknya Michel Besnier. Tetapi ada kejadian yang memilukan setelah pada tahun 1966, Lactalis yang hanya memiliki satu pabrik terkena bencana banjir dan menghancurkan seluruh pabrik tersebut.

 

Membuat beberapa pabrik lagi

Setelah kejadian tersebut, membuat Michel menjadi sadar memang tidak bisa hanya mengandalkan satu pabrik. Untuk menyelamatkan bisnis keluarganya, akhirnya Michel membuat beberapa pabrik di kota-kota besar di Prancis dengan produk yang berbeda-beda. Pada waktu itu President adalah produk andalan dari Lactalis, dan sampai sekarang President disebut sebagai keju prancis.

susu-lactalis

Emmanuel Besnier

Emmanuel Besnier lahir di Laval pada tahun 1971, Emmanuel merupakan anak dari Michel. Ketika Emmanuel lahir, Michel sudah menjadi raja pembuat keju yang terkenal di Prancis. Emmanuel merupakan orang yang sangat pintar dibandingkan anak-anak Michel yang lain. Pada saat umur 16 tahun sudah masuk kedalam perguruan tinggi Higher Institute of Management. Dia juga sangat aktif didalam bisnis keluarganya tersebut.

Setelah ayahnya meninggal pada tahun 2000, Emmanuel yang masih berusia 29 merasa mampu untuk menjadi penerus dari bisnis keluarganya tersebut. Tidak mau terus terbayang nama besar ayahnya, Emmanuel akhirnya membaut inovasi baru dari produk President. Emmanuel tidak hanya membuat keju, tetapi membuat mentega, krim dan banyak produk lainnya. Emmanuel juga membuat nama-nama yang familiar bagi penduduk Prancis maupun Eropa, yaitu Lepetit, Languetot, Bridel, Lactel dan Roquefort Societe.

 

Pribadi yang sangat tertutup

Emmanuel Besnier ternyata orang yang sangat tertutup, sampai-sampai para wartawan hanya mempunyai 2 foto dari Emmanuel. Tetapi, Emmanuel terkenal dengan pribadi yang pekerja keras. Beberapa wawancara dari karyawan Lactalis mengatakan bahwa, Emmanuel sangat keras kepada karyawannya jika target tidak tercapai. Sampai sekarang, Emmanuel sedang ‘perang’ melawan kompetitiornya yaitu LeClerc. Sampai-sampai produk Lactalis tidak mau mensupport lagi produk dari LeClerc.

 

Sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui bagaimana bisnis dari salah satu pengusaha susu terbesar di Prancis. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tertarik Bisnis Online Shop, Gadis 18 Tahun Ini Raup Untung Jutaan Rupiah per Bulannya

Ternyata, Modal Awal Nike Hanya 5 Juta Rupiah

Introducing Startup Speakup, Program Untuk Anda!

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Pemilik Pabrik Susu Terbesar di Prancis yang Temperamental
Author
Description
Selalu menjadi pilihan konsumen, pemilik pabrik susu Lactalis menjadi orang terkaya di Perancis.