Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Simak Kisah Wakil Presiden FIFA yang Juga CEO Hyundai


CEO Hyundai Motor yang juga orang terkaya di Korea Selatan ternyata merupakan Wakil Presiden FIFA.

Jika Anda bukan orang Korea Selatan, mungkin Anda akan jarang mendengar nama Chung Mong-joon. Ya, Chung merupakan orang terkaya nomor 11 dari Korea Selatan. Chung merupakan pemilik ahli waris dari Hyundai Group yang didirikan oleh ayahnya, Chung Ju-yung. Sekarang Chung merupakan pemilik dari Hyundai Group dan merupakan wakil presiden dari FIFA, asosiasi sepakbola dunia. Selain itu Chung merupakan seorang olahragawan.

 

Hyundai

Chung sebenarnya lahir dari keluarga yang biasa saja dan sederhana, karena sewaktu lahir, ayah Chung masih merintis Hyundai Motor dan dalam tahap pengembangan. Chung yang lahir pada tahun 1951 sedangkan Hyundai sendiri lahir pada tahun 1946, ketika itu Hyundai Motor yang didirikan oleh ayah Chung berawal dari sebuah bengkel. Kemudian Hyundai Motor mendapat pendanaan dari Jepang untuk membuat pabrikan motor Korea Selatan sendiri.

Ketika Hyundai Motor lahir, Chung dapat bersekolah secara enak. Karena Chung merupakan anak ke 6 dari 8 bersaudara, akhirnya Chung tidak difokuskan untuk bisnis. Ketika itu Chung fokus untuk olahraga. Sekedar informasi, Chung merupakan peraih medali perak di ajang kejuaraan nasional berkuda.

Mobil-Hyundai

Karir sebagai olahragawan dan politikus

Chung sangat berjaya sebagai olahragawan, setelah menamatkan akedemiknya sebagai sarjana ekonomi di Seoul National University, Chung menjadi anggota komite olahraga di Korea Selatan. Setelah itu, Chung berturut-turut menjadi anggota dewan dari Korea Selatan pada tahun 1988. Bahkan pada tahun 2002, Chung maju sebagai calon presiden. Tetapi sayang Chung kalah melawan kandidatnya yaitu Roh Moo-hyun. Setelah tidak terpilih sebagai calon presiden, akhirnya pada tahun 2014 lalu Chun maju sebagai calon walikota Seoul, tetapi lagi-lagi kalah dengan kandidat lainnya.

Chung sendiri merupakan aktor utama dalam pemenang Korea Selatan bersama Jepang dalam tuan rumah Piala Dunia 2002. Sejak saat itu Chung mendapatkan perhatian lebih dari dunia. Dan tidak lama setelah Piala Dunia, Chung diangkat sebagai wakil presiden kehormatan FIFA.

 

Memimpin Hyundai

Chung memimpin Hyundai ketika ayahnya meninggal pada tahun 2001. Pada waktu itu, Chung dinilai sanggup menggantikan peran kakaknya, Chung Mong-koo. Sekarang, Hyundai ditangan Chung sangat maju, Chung mengembangkan Hyundai sampai 26 perusahaan. Dan pada tahun 2010, total Hyundai menjual lebih dari 1,7 juta mobil. Sekarang Hyundai setidaknya mempunyai 75ribu karyawan dan 6000 dealer di 193 negara di seluruh dunia.

Nah, Sobat Studentpreneur sudah mengetahui kan bagaimana Chung memimpin Hyundai dan menjadi berkembang seperti sekarang. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Michael]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Pemuda Ganteng Ini Raup Milliaran Rupiah Dari Bisnis Kreatif

Kata Mutiara dari Bill Gates

Bisnis Awal Samsung Ternyata Jualan Mie!

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Simak Kisah Wakil Presiden FIFA yang Juga CEO Hyundai
Author
Description
CEO Hyundai Motor yang juga orang terkaya di Korea Selatan ternyata merupakan Wakil Preseiden FIFA.