Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Strategi Pemasaran yang Tepat Untuk Bisnis Anda


Setiap pelaku bisnis tentunya memiliki strategi pemasaran tersendiri, tapi tak ada salahnya jika Anda membaca saran kami berikut ini.

Ketika Anda sudah mempunyai bisnis, Anda pasti pernah mengalami masa-masa Anda jarang mendapatkan penjualan atau keuntungan. Mungkin Anda merasa itu adalah siklus dalam berbinis, tetapi jika bisnis Anda mengalami siklus penurunan terus menurus, berarti ada yang salah dalam strategi pemasaran Anda. Jika Anda sudah punya produk yang bagus dan harga yang bersaing, mungkin Anda melewatkan strategi pemasaran berikut ini.

 

Temukan solusi untuk konsumen Anda

Apa yang sebenarnya pasar Anda inginkan atau konsumen inginkan, itulah yang harus Anda lakukan. Ketika produk atau jasa Anda mengalami permintaan yang tinggi, yang pertama kali Anda lakukan adalah bagaimana Anda bisa memenuhi semua permintaan. Konsumen selalu menginginkan produk atau jasa Anda selesai secara cepat. Ini merupakan solusi untuk konsumen Anda. Selain itu, dengarkan selalu kritik dan saran dari konsumen Anda, karena pembeli adalah raja bukan?

Seharusnya ini adalah hal yang harus dilakukan oleh para pebisnis, temukan solusi. Memang sekarang banyak pebisnis yang fokus untuk mencari keuntungan dan mengabaikan kualitas produk. Karena, jika ada permintaan, setengah dari strategi pemasaran Anda telah berhasil, karena konsumen membeli produk Anda. Lalu, setengah lainnya adalah, apakah produk atau jasa Anda memang dibutuhkan?

 

Perencanaan Produk

Anda tahu produk Mie Sedap? Mereka bukan sok untuk langsung maju melawan Indomie, Sarimi dan produk mie lain yang sudah terkenal lebih dulu. Tetapi mereka sudah melakukan riset selama 2 tahun bagaimana sebenarnya produk yang diinginkan pasar. Lalu Mie Sedap mendapatkan bahwa mie yang diinginkan pasar adalah mie yang lebih gurih, lebih renyah dan lebih cepat matang. Dengan perencanaan produk dari Mie Sedap, sekarang Mie Sedang masih dapat bersaing dengan produk lain. Pemasaran dapat dilakukan dengan baik ketika produk yang Anda jual juga baik. Tidak mungkin Anda membuat iklan atau memasarkan produk Anda tidak sesuai dengan kualitas.

 

Gunakan internet marketing

Anda memiliki dana yang minim untuk melakukan promosi, coba gunakan internet marketing. Anda bisa menampilkan usaha Anda atau produk Anda dengan sosial media. Kenapa sosial media? Karena Anda bisa menentukan target pasar Anda disosial media. Walaupun kebanyakan pengguna sosial media adalah anak muda, Anda bisa menggunakan sosial media untuk menarik followers secara khusus. Anda bisa mengeluarkan secara detail promo-promo dari produk atau jasa Anda. Jangan salah, banyak diantara pebisnis yang besar karena sosial media, jika mereka bisa kenapa Anda tidak.

Nah, jika Anda mempunyai dana yang lebih, Anda bisa memanfaatkan sosial media. Anda bisa menggunakan iklan berbayar yang ada di sosial media seperti Facebook atau Twitter. Selain iklan berbayar, kuis-kuis dan voucher juga dapat membantu untuk memasarkan produk Anda. Anda bisa membuat kuis atau promo lainnya yang memikat para pelanggan.

 

Lakukanlah promosi secara aktif

Inilah yang sering dilupakan oleh para pebisnis, ketika produk atau jasa Anda sudah terkenal atau laris dipasaran, Anda tidak lagi berpromosi. Padahal, promosi bukan sekedar bagaimana Anda memasarkan produk Anda tetapi untuk mengetahui kepada masyarakat bahwa usaha Anda masih ada. Kenapa demikian? Produk atau usaha Anda harus memerlukan konsumen yang baru, dan promosi secara aktif adalah hal yang paling solutif.

Tapi tentu jangan terlalu aktif, buat penjadwalan promosi usaha Anda. Anda bisa menjadwal untuk promosi di sosial media 2 hari sekali atau 3 hari sekali. Gabungkan promosi dengan berita-berita yang menarik untuk konsumen Anda.

hubungan-dengan-pelanggan

Tetap jalin hubungan dengan pelanggan

Jalinlah hubungan dengan pelanggan atau konsumen. Ketika Anda sudah mempunyai media untuk promosi, misalnya sosial media. Anda akan bisa berinteraksi dengan konsumen atau pelanggan melalui media tersebut. Anda bisa melihat masukan dan kritik dari konsumen. Misalnya konsumen bilang packaging jelek, Anda harus benar-benar memperhitungkan tentang packaging, jika konsumen berturut-turut mengatakan bahwa packaging Anda kurang baik, itu berarti Anda harus benar-benar mempertimbangkannya. Jangan sampai Anda mengabaikan kritik konsumen Anda.

Tidak hanya di sosial media, menjaga hubungan baik dengan pelanggan didunia nyata juga penting. Anda dapat secara langsung bertanya, apakah produk atau jasa yang Anda tawarkan sudah bagus. Biasanya konsumen tidak secara langsung mengatakan bahwa produk atau jasa Anda kurang, perlu beberapa pendekatan.

 

Niat dan Fokus

Semua usaha harus berdasarkan niat dan fokus. Tidak mungkin Anda memulai usaha dengan niat yang buruk, untuk menghancurkan usaha lainnya misalnya. Berawal dari niat yang baik, akan membuat Anda akan nyaman dalam berbisnis. Selain itu Anda juga harus fokus, Anda tidak bisa bekerja setengah-setengah dalam berbisnis, misalnya bisnis Anda sudah besar dan membutuhkan peran Anda, Anda mungkin harus bisa merelakan pekerjaan Anda sebelumnya.

Sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui bagaimana membangun strategi pemasaran yang baik untuk bisnis. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Zach]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Kamu Tidak Perlu Ganteng Untuk Hasilkan Milliaran Rupiah

Inspiratifnya Pemuda Bogor Pencipta Perumahan Untuk Warga Miskin

Petani Muda Indonesia yang Mampu Raup Ratusan Juta Rupiah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Strategi Pemasaran yang Tepat Untuk Bisnis Anda
Author
Description
Setiap pelaku bisnis tentunya memiliki strategi pemasaran tersendiri, tapi tak ada salahnya jika Anda membaca saran kami berikut ini.