Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tanda-Tanda Karyawan Anda Akan Keluar Dari Pekerjaan


Tentu Anda tak ingin tim bisnis yang sudah terbangun menjadi sia-sia karena seorang karyawan akan resign, berikut tanda-tandanya.

Jika Anda sekarang adalah seorang pebisnis, dan mempunyai banyak karyawan. Tidak ada salahnya memperhatikan tingkah laku karyawan Anda, apakah mereka betah atau tidak betah sewaktu bekerja. Sebagai seorang pimpinan atau pemilik yang baik, ada baiknya Anda tahu mana saja karyawan yang memang potensial dan masih Anda butuhkan. Bayangkan jika Anda memiliki karyawan yang Anda andalkan, ternyata ingin keluar begitu saja. Ini ada beberapa cara membaca tanda-tanda karyawan Anda akan keluar dan bagaimana cara Anda mengatasinya.

 

Mereka tiba-tiba bekerja lebih giat

Setiap karyawan memang wajib bekerja dengan giat, mulai dari menepati deadline secara tepat waktu atau bahkan menyelesaikan pekerjaan sebelum jadwal selesai. Tetapi Anda sebagai pimpinan harus mengetahui dan patut mencurigai gelegat karyawan Anda. Biasanya karyawan yang mendadak rajin tersebut ingin mendapat perhatian dari Anda sebagai pimpinan atau karyawan Anda. Jangan sampai Anda dibuai dengan karyawan dengan kinerja baik, tetap tiba-tiba dia keluar dari pekerjaan.

kerja-keras

Aktif di LinkedIn

Apa itu LinkedIn? LinkedIn adalah sosial media untuk profesional. Anda bisa menuliskan profil atau menuliskan riwayat pekerjaan Anda didalam LinkedIn. Ketika Anda sudah sudah mengetahui akun LinkedIn beberapa karyawan Anda, Anda wajib cari tahu apakah karyawan Anda tersebut telah mengupdate profil LinkedIn mereka. Walaupun ini terlihat sepele, biasanya karyawan yang aktif di LinkedIn ingin segera keluar dari pekerjaan mereka.

 

Memanfaatkan fasilitas kantor

Ini bahaya dan bukan bercanda. Ketika karyawan Anda tiba-tiba memanfaatkan fasilitas kantor, misalnya cuti atau fasilitas kesehatan. Semuanya tergantung apa yang bisa Anda sediakan. Karyawan yang ingin keluar akan tiba-tiba ingin menghabiskan jatah waktu cuti, Anda harus perhatikan.

 

Lalu apa yang harus Anda lakukan?

Minta Feedback

Anda harus biasakan meminta feedback atau bagaimana tanggapan dari para karyawan Anda. Disini Anda bisa melihat apakah karyawan tersebut betah atau ada sesuatu yang tidak enak. Ketika selesai melakukan proyek atau tugas yang cukup penting, usahakan Anda juga meminta saran dari karyawan tersebut, apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak. Semakin sering karyawan Anda berbicara mengenai lingkungan pekerjaan, itu semakin baik agar Anda dapat memperbaikinya.

 

Adakan pelatihan

Biasanya karyawan akan keluar karena mereka merasa tidak mampu bersaing dengan karyawan lain. Disini Anda dapat mengadakan trainer for trainer. Jadi Adakan pelatihan yang melibatkan para karyawan. Disini Anda bisa membandingkan kemampuan karyawan mana yang bisa dibagi

 

Sosialiasi

Beberapa pimpinan yang sukses adalah yang mengetahui kemampuan timnya atau para karyawannya. Anda bisa mengajak para karyawan makan malam setelah jam pulang kerja. Karena para karyawan merasa akan lebih dihargai.

 

Itulah beberapa tanda-tanda karyawan Anda akan keluar dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda juga memiliki pengalaman yang sama? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Alan]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Ken Iswari Tunjukkan Bahwa Wanita Juga Bisa Sukses di Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Bandung Pemilik Tas Eiger

Dibalik Bisnis Erick Thohir, Orang Indonesia Pemilik Inter Milan

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Tanda-Tanda Karyawan Anda Akan Keluar Dari Pekerjaan
Author
Description
Tentu Anda tak ingin tim bisnis yang sudah terbangun menjadi sia-sia karena seorang karyawan akan resign, berikut tanda-tandanya.