Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Wanita Terkaya Asal Perancis Pemilik L’Oreal


Belajarlah dari kisah pemilik perusahaan L’Oreal yang berani melepas sahamnya sebesar 50% sehingga memberikan keuntungan yang lebih besar.

Liliane Bettencourt adalah orang terkaya di Prancis, dan dia adalah wanita. Liliane merupakan pemilik saham mayoritas dari L’Oreal dan The Body Shop. Kekayaan Liliane adalah 30 miliar dolar atau 300 triliun rupiah. Dengan kekayaan sebanyak itu, dia menjadi wanita terkaya di dunia. Liliane merupakan pewaris tunggal dari L’Oreal dan berhasil menjadikan L’Oreal masuk 25 top brand dan peringkat 3 brand kecantikan.

 

Anak tunggal

Lahir di Paris, Prancis, Liliane adalah anak dari Louise Berthed dan Eugene Schuller. Namun sayang, ibunya wafat ketika Liliane masih berusia 5 tahun. Ketika itu, ayahnya, Eugene sudah bekerja sebagai karyawan di perusahaan kosmetik. Eugene sangat berbakat dalam hal kosmetik, setelah lulus kuliah pada tahun 1907, Eugene sudah membuat formula untuk mewarnai rambut dan dinamakan Oreale, cikal bakal L’Oreal.

Lalu, Eugene membuka perusahaan kosmetik sendiri, dan mengeluarkan produk kosmetik dan beberapa shampoo. Setelah itu Liliane yang masih berusia 15 tahun bergabung dengan perusahaan milik ayahnya. Disitulah ketertarikannya terhadap kosmetik muncul.

 

Mengambil alih perusahaan

Perusahaan kosmetik ayahnya sebenarnya tidak terlalu besar, dulu bernama Safe Hair Dye Company of France. Perusahaan tersebut dibuka pada tahun 1920 dan perusahaan Eugene saat itu hanya memiliki 3 karyawan, lalu berkembang menjadi 100 karyawan pada tahun 1950. Setelah itu, pada tahun 1957, ayahnya wafat dan Liliane akhirnya mengambil alih perusahaan dan merubah nama menjadi L’Oreal. Tapi dia merasa ada yang kurang dari perusahaan kosmetiknya dan merasa harus ada perubahan dari L’Oreal.

liliane_bettencourt

Berani mengambil keputusan

Adalah marketing yang membuat L’Oreal masih kurang dalam pemasaran. Brand kosmetiknya sangat bagus dalam kualitas, tapi hanya terkenal di dalam negeri. Liliane akhirnya berani memutuskan untuk membuat perusahaanya go public,dan pada tahun 1974 Nestle membeli 50% saham dari L’Oreal. Dengan demikian, brand L’Oreal menjadi terkenal dan mendapat sisi publikasi dari Nestle. Sementara itu, Nestle adalah perusahaan nomor 1 di Swiss.

Setelah mendapatkan investasi dari Nestle, Liliane langsung membangun 6 pusat kecantikan L’Oreal, 2 di Prancis, China, Amerika, Jepang dan India. Lalu pada tahun 2006, L’Oreal membeli The Body Shop senilai 256 juta dolar. Sekarang, L’Oreal total sudah mempunyai 6 pusat kecantikan diseluruh dunia dan mempunyai total karyawan sebanyak 2000 diseluruh dunia.

 

Mempunyai pabrik di Indonesia

Pada tahun 2012 kemarin, ternyata L’Oreal membuka pabrik terbesarnya di Indonesia, tepatnya di Jababeka, Cikarang. Total investasi dari pabrik tersebut adalah 100 juta dolar. Perlu diketahui, konsumen L’Oreal sebesar 25% adalah dari Indonesia. Tidak heran, jika L’Oreal berani menginvestasikan pabrik terbesarnya di Indonesia.

 

Keputusan berani dari Liliane yang perlu Anda petik, ketika melepas hampir setengah dari saham L’Oreal, tetapi jika itu bisa memajukan perusahaan, kenapa tidak? Bagaimana menurut Anda Sobat Studentpreneur? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Ken Iswari Tunjukkan Bahwa Wanita Juga Bisa Sukses di Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Bandung Pemilik Tas Eiger

Dibalik Bisnis Erick Thohir, Orang Indonesia Pemilik Inter Milan

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Wanita Terkaya Asal Perancis Pemilik L’Oreal
Author
Description
Belajarlah dari kisah pemilik perusahaan L’Oreal yang berani melepas sahamnya sebesar 50% sehingga memberikan keuntungan yang lebih besar.