Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

13 Usaha Rumahan yang Menjanjikan Keuntungan Besar


Bisnis juga bisa mulai dari kecil, bahkan dari usaha rumahan!

Semakin banyaknya kebutuhan rumah tangga yang yang harus dan harga barang-barang yang kian mahal tak diimbangi oleh pemasukan bulanan yang ada. Membuka usaha baru bisa menjadi salah satu alternatif untuk memperoleh penghasilan tambahan. Usaha sampingan ini bisa dilakukan di rumah di sela-sela waktu luangmu. Berikut beberapa contoh usaha rumahan yang menjanjikan yang bisa kamu coba.

 

Aneka Jus Buah dan Minuman Dingin

Usaha rumahan yang menjanjikan yang pertama adalah dengan menjual aneka jus buah. Meskipun saat ini sudah banyak penjual jus buah, tapi minuman yang satu ini tidak akan sepi pembeli karena cuaca yang panas akan membuat orang ingin minuman yang manis dan segar. Semakin lengkap buah yang kamu miliki, maka akan semakin suka orang datang ke tempatmu. Sesuaikan harga dengan porsi yang kamu jual.

 

Roti Bakar

Roti bakar juga bisa menjadi salah satu ide usaha rumahan yang menjanjikan. Kamu bisa melakukannya di sore hari setelah pulang kerja. Cuaca yang lebih dingin di malam hari mendukung untuk hal ini. ketika bersantai di malam hari setelah beraktivitas seharian, orang biasanya ingin bersantai sambil menikmati camilan. Contoh usaha rumahan yang menjanjikan ini akan laris kalau kamu berdomisili di desa atau tempat yang masih agak tradisional.

 

Makanan Ringan

Kalau kamu hobi membuat kue, kamu bisa menjadikan hobimu ini menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan. Pada awalnya mungkin pembelimu hanya sebatas tetangga, tapi seiring berjalannya waktu kalau kuemu memang enak dan banyak dipesan oleh orang-orang di kampungmu, kesempatan untuk branding pun bisa kamu dapat.

 

Katering

Kamu bisa masak dengan rasa yang lumayan lezat? Jangan disia-siakan. Kamu bisa menjadikannya bisnis rumahan yang menjanjikan. Apa lagi jika lingkungan tempat tinggalmu adalah para orang-orang yang sibuk sehingga tidak sempat memasak untuk keluarga mereka. Saat ini, makan praktis seperti memesan catering juga semakin marak dilakukan.

 

Air Minum Isi Ulang

Air minum selalu dibutuhkan oleh siapa saja. Ide usaha rumahan yang menjanjikan ini bisa kamu terapkan, apa lagi jika tempat tinggalmu jauh dari tempat isi ulang. Pastinya orang-orang akan memilih untuk mengisi air ke tempat yang lebih dekat, bukan? Jangan lupa untuk menyediakan layanan pesan antar.

 

Laundry

Untuk bisnis yang satu ini, kamu harus memiliki lahan yang cukup luas baik untuk menjemur pakaian ataupun mencuci. Sebaiknya kamu tidak mengeringkan semua pakaian menggunakan mesin cuci karena hal itu kurang efektif. Ada baiknya kamu mempekerjakan 1-2 karyawan untuk membantumu menyelesaikan pekerjaan ini. Bisnis laundry bisa sangat menjanjikan karena orang pada umumnya lebih memilih untuk membayar daripada harus lelah mencuci sendiri.

 

Gorengan

Source: PxHere

Menjual gorengan di pagi hari juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Selain pagi hari, sore menjelang malam juga menjadi waktu yang tepat untuk menjual gorengan ini. kamu tidak perlu menggoreng dalam jumlah besar karena akan berisiko kalau tidak terjual habis. goreng secukupnya dan pahami perilaku konsumen apa yang menjadi favorit mereka.

 

Kursus Bahasa Asing

Ini untuk kamu yang memiliki kemampuan berbahasa asing seperti Bahasa Inggris maupun Bahasa Jepang. Buka kursus kecil-kecilan di rumah. meskipun saat ini orang bisa belajar bahasa Inggris secara lebih luas, tapi akan berbeda untuk anak-anak. Selain membuka kursus di rumah, kamu bisa menjadi guru les privat untuk anak-anak di sekitar komplek perumahan.

 

Bahan Makanan Pokok

Beras, gula, minyak, dan sejenisnya adalah produk yang biasa diperlukan oleh setiap orang. Barang-barang kebutuhan ini akan lebih baik jika mudah dijangkau. Kamu memang memerlukan modal yang tidak sedikit untuk ini, tapi bisnis rumahan yang satu ini cukup menjanjikan untuk dilakukan.

 

Toko Sayur

Berjualan sayuran di pagi hari, kenapa tidak? Kamu tak perlu malu akan hal ini. juallah sayur, ikan, dan buah-buahan layaknya pasar tradisional mini di area kampungmu. Hal ini akan membantu mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka tidak perlu jauh-jauh ke pasar atau harus menunggu tukang sayur lewat. Pastikan sayur dan ikan yang kamu jual tetap segar.

 

Flip Cover

Kalau kamu cukup telaten membuat hal-hal yang kreatif, coba saja untuk membuat flip cover untuk tablet maupun smartphone. Saat ini hampir semua orang memakai smartphone, flip cover dengan motif yang lucu dan menarik bisa membuat orang membelinya untuk bergonta-ganti ataupun sebagai hadiah. Tidak banyak orang yang menjual ini, bukan? Jadi peluang bisnis yang satu ini bisa kamu coba.

 

Content Writer

Bisnis sampingan lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi penulis artikel. Tidak semua orang bisa menulis. Para pemilik toko online biasanya akan menyewa freelancer untuk mengisi blog atau situsnya. Kalau kamu punya kelebihan menulis, bisa menawarkan jasa tersebut.

 

Reseller Jilbab dan Mukena

Jika kamu tidak mau ribet dengan segala risiko jika menjual makanan atau bahan-bahan lain yang bisa mengalami penurunan kualitas, maka jadilah reseller jilbab ataupun mukena. Barang-barang seperti ini tidak akan membusuk jadi kamu bisa menyimpannya selama mungkin. Tak hanya jilbab dan mukena, pakaian, celana, seprei, dan sejenisnya juga bisa kamu jual. Carilah agen yang menjual dengan harga murah.

Ada banyak bukan usaha rumahan yang menjanjikan yang bisa kamu coba bahkan dengan modal usaha yang minim. Setiap usaha sampingan yang kamu lakukan pasti ada kalanya mengalami masalah atau kegagalan. Yang terpenting, kamu harus tahu caranya bangkit dan menyelesaikan masalahnya agar bisnismu bisa tetap berkembang. Selamat mencoba!

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Dasar-Dasar Marketing dari Tung Desem Waringin

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

Belajar Bisnis Kuliner Dari Pendiri Kebab Baba Rafi, Hendi Setiono!

 

Zodiak Yanuarita

Zozo pernah bekerja di berbagai startup Jepang sebelum akhirnya kini membantu startup lokal Indonesia.

Facebook