Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

6 Anak Muda Ajaib di Dunia Bisnis


Kata siapa mendirikan bisnis harus menunggu punya pengalaman puluhan tahun? Kata siapa bisnis hanya untuk orang-orang senior berusia 40-60an tahun? Kata siapa anak muda tidak mungkin membuat bisnis karena tidak punya modal? Kalau Anda termasuk orang-orang yang beralasan tidak membuat bisnis karena alasan-alasan tersebut, maka artikel-artikel ini wajib Anda baca. Kami sudah mengumpulkan 6 anak muda ajaib di dunia bisnis yang membuktikan bahwa usia bukanlah faktor yang relevan dalam bisnis. Mereka berhasil menghadapi kesulitan-kesulitan bisnis meskipun tidak mempunyai pengalaman besar di belakangnya. Kekurangan modal dan pengalaman mereka tutupi dengan kemampuan teknis ataupun kepemimpinan yang luar biasa. Tentunya kami tidak memasukkan Facebook dan Twitter Gang yang pastinya Anda sudah kenal. Ini dia 6 anak muda ajaib pilihan kami.

 

Nick D’Aloisio – Membuat Yahoo! jatuh cinta di usia 17 tahun

Salah satu koneksi pribadi Studentpreneur yang paling dibanggakan mungkin adalah Nick D’Aloisio. Bayangkan ketika Anda masih berusia 17 tahun dan Yahoo! membeli perusahaan Anda dengan harga 30 Juta Dollar atau 300 Milliar rupiah. Summly, aplikasi buatan Nick yang mampu merangkum berita dengan sangat akurat sempat menjadi aplikasi paling favorit di iPhone. Setelah diakuisisi Yahoo!, Summly tidak lagi terbuka untuk semua orang, namun telah diintegrasikan dengan Yahoo! News Reader di Amerika.

Nick Daloisio

Evan Spiegel Menolak Uang 40 Trilliun Rupiah

Snapchat, sebuah aplikasi berbagi foto yang digunakan oleh jutaan orang mengupload 350 juta foto tiap harinya, dibuat oleh Evan Spiegel, anak muda yang masih berusia 23 tahun ketika itu. Angka 350 juta foto tiap hari dari Snapchat mendekati angka 400 juta foto terupload di Facebook, membuat raksasa teknologi seperti Facebook dan Google ingin membeli Snapchat. Namun Evan tidak tertarik dengan angka yang ditawarkan oleh Facebook dan Google. Terakhir, Tencent, perusahaan teknologi raksasa China, menawar Snapchat sampai 40 Trilliun Rupiah yang juga ditolak oleh Evan Spiegel.

 

Louis Barnett – Justin Biebernya Cokelat

Memulai kerjaaan bisnis cokelatnya di usia 12 tahun, Louis Barnett yang kini berusia 20 tahun telah menjadi salah satu pebisnis yang disegani di Inggris. Perdana Menteri Inggris, David Cameron, menganggap masa depan Louis Barnett sangat cerah dan bahkan punya potensi menjadi salah satu pebisnis paling sukses di Inggris. Penjualan Chokolit, merk cokelat yang dikembangkan Louis, hanya 5% yang berasal dari Inggris. Sisa 95% didapatkan dari eksport. Prestasi tersebut membuatnya menjadi penasehat Kementrian Perdagangan dan Investasi Inggris.

 

Danielle Fong – Anak Ajaib Industri Energi

Ketika Anda memulai kuliah di usia 12 tahun, lalu diterima PhD di Princeton ketika masih berusia 17 tahun, mungkin Anda punya kemampuan untuk menyelamatkan dunia seperti Danielle Fong. Gadis cantik yang kini berusia 26 tahun adalah pendiri LightSail Energy yang berusaha untuk mengatasi masalah kelangkaan energi di dunia ini. Danielle Fong dinobatkan majalah Forbes sebagai salah satu anak muda berusia di bawah 30 tahun yang paling berpengaruh di Amerika.

 

Zach Sims Ingin Orang Sedunia Bisa Coding

Zach Sims, saat itu masih berusia 21 tahun, ingin membuat perubahaan dengan membantu orang sedunia bisa coding website atau program mereka sendiri. Dalam 7 hari peluncuran perdananya, Codecademy buatan Zach Sims berhasil mendapatkan 200 ribu murid termasuk walikota New York Michael Bloomberg. Zach juga mendapatkan investasi awal sebesar 12,5 Juta Dollar atau sekitar 125 Milliar Rupiah dari berbagai investor besar dunia termasuk Richard Branson, pendiri Virgin Group.

 

Ashton Kutcher – Investor Jenius yang Super Sexy

Meskipun awalnya terkenal sebagai artis, Ashton Kutcher juga merupakan ikon anak muda paling jenius di dunia teknologi. Ashton merupakan salah satu pendiri dari perusahaan venture capital A-Grade Investments. Pemilihan investasi Ashton Kutcher yang sangat gemilang membuatnya mampu menghasilkan keuntungan besar dari investasi awal di Skype, Foursquare, Airbnb, Path, dan Fab. Semua startup yang diinvestasi dari Ashton Kutcher mengalami kesuksesan yang sangat besar. Ashton Kutcher juga membantu Lenovo sebagai Product Engineer.

 

Kalau Anda ingin membaca cerita lengkap masing-masing anak muda ajaib ini, tinggal klik nama mereka diatas. Semoga menginspirasi. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+