Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

7 Hal yang Dapat Dipelajari Entrepreneur dari Seorang Atlet


Seorang entrepreneur dapat belajar banyak dari dunia olahraga, khususnya atlet profesional. Terutama bagaimana meningkatkan fokus dan produktivitas. Atlet adalah profesional yang kariernya sangat tergantung pada kemampuan mereka untuk fokus dan menghasilkan. Atlet profesional berusaha setiap hari untuk menyempurnakan keterampilan mereka, untuk mempromosikan tim mereka, dan untuk menang. Pengusaha juga seperti itu.

 

1. Atlet berlatih. Atlet mempersiapkan diri baik-baik sebelum dan selama musim pertandingan melalui pelatihan konstan. Para entrepreneur sukses memberlakukan mentalitas ini dalam kehidupan mereka. Mereka bekerja terus-menerus, mempelajari ide-ide bisnis baru, dan memeras kreativitas untuk membuat inovasi, strategi, menganalisis, dan perencanaan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis yang kompetitif dan selalu berubah.

 

2. Atlet fokus. Bila tongkat pemukul di tangan mereka, dan mereka berdiri di home plate, mengamati dengan seksama pitcher lawan, mereka adalah gambaran yang tepat tentang fokus yang intens dan konsentrasi. Pengusaha dapat belajar banyak dari atlet tentang menjaga mata mereka pada bola dan berkonsentrasi pada apa yang paling penting dalam suatu waktu.

ronaldo

3. Atlet melakukan aktivitas secara berulang-ulang. Atlet menjaga tubuh mereka kuat dengan melakukan gerakan yang berulang-ulang. Menendang, menggiring bola, berayun, dan melempar secara berulang tanpa henti. Hal ini memungkinkan tubuh mereka untuk mengembangkan reflek. Pengusaha juga harus mengembangkan reflek versi mereka sendiri, terutama ketika merespon data dan informasi yang terus-menerus disajikan kepada mereka.

 

4. Atlet menuruti pelatih. Pelatih memberikan bimbingan, struktur, konteks, dan disiplin yang dapat dimanfaatkan pemain mereka. Dalam bisnis, kita juga harus mencari mentor, guru, dan pelatih kita sendiri untuk mengajari, memberikan arahan, dan memberikan umpan balik.

 

5. Atlet bekerja sama. Pengusaha bisa belajar banyak dari tim. Tim olahraga yang paling sukses adalah mereka yang bergantung sepenuhnya pada satu sama lain. Michael Jordan mengatakan, “Bakat memenangkan permainan, tapi kerja tim dan kecerdasan memenangkan kejuaraan.”

 

6. Atlet berkorban. Dalam sepak bola, pemain dengan kesempatan yang tampaknya besar untuk menembak ke gawang justru seringkali melewatkan kesempatan ini untuk mengoper pada pemain dengan kesempatan yang lebih baik. Entrepreneur juga harus rela berkorban demi tim. Apakah itu berarti bekerja lembur sehingga tim Anda memiliki informasi yang mereka butuhkan di pagi hari atau berbagi kredit untuk sebuah prestasi. Pengorbanan sangat penting untuk keberhasilan tim dan bisnis.

 

7. Atlet menang. Menang adalah alasan mendasar untuk olahraga. Dalam bisnis pun kemenangan sama pentingnya. Entrepreneur ingin menang, ingin sukses, dan ingin pengakuan yang datang bersamaan dengan kemenangan. Maka entrepreneur harus siap untuk berjuang.

Nah Sobat Studentpreneur, Anda siap untuk berjuang. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Ludovic]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Tips Untuk Menjadi Jutawan di Usia 30-an

Ini Orang di Balik Kesuksesan PicMix, Aplikasi Foto Terpopuler di Indonesia

Nasehat Hidup dan Kesuksesan dari Orang Terkaya di Dunia Abad 19

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+