Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tips Memulai Bisnis: Menemukan Solusi dari Sebuah Masalah yang Besar


Tanpa Menyelesaikan Sebuah Masalah, Bisnis Anda Akan Sulit Menjadi Besar.

Selama orang memiliki masalah, mereka akan selalu mencari solusi. Mereka akan mencari cara-cara yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih cerdas untuk menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari mereka. Jika produk Anda mampu menjawab tantangan ini, maka produk Anda sudah punya basis pengguna. Namun, mencari-cari masalah kadang tidak semudah yang kita bayangkan. Seringkali, tantangan terbesar bagi sebagian besar entrepreneur justru terletak pada menemukan masalah-masalah yang menyakitkan, dan mencocokkannya dengan solusi terbaik. Jadi, dari mana Anda harus memulai?

 

Fokuskan diri Anda untuk menyusun produk yang HARUS dimiliki, bukan produk yang BAIK untuk dimiliki.

Jaman sekarang, benak konsumen sudah penuh sesak akibat dijejali oleh beribu-ribu pilihan produk. Rentang perhatian mereka jadi semakin pendek. Maka, hanya beberapa produk-produk yang benar-benar harus mereka miliki saja yang akan berhasil menarik perhatian mereka. Jika produk Anda hanya bermain pada level ‘baik untuk dimiliki’, maka produk Anda akan kesulitan untuk bersaing. Apalagi dengan adanya fenomena permintaan untuk hasil yang lebih cepat. Sulit untuk sepenuhnya memenuhi kebutuhan konsumen. Anda harus memasukkan nilai yang berbeda dan lebih baik di dalam produk Anda.

menyelesaikan-masalah

Temukan masalah yang nyata dan menyakitkan.

Google membuat pencarian jadi lebih baik. Amazon menyederhanakan jual beli secara online. Netflix menyelesaikan streaming media on-demand. Uber sedang mencoba untuk membuat layanan mobil on-demand yang lebih baik. Jadi, apa satu masalah menyakitkan yang Anda dapat selesaikan dengan lebih cepat atau lebih baik? Untuk menarik perhatian pelanggan, mulailah dengan memecahkan kebutuhan mereka. Jika mungkin saat ini produk Anda tidak jatuh pada kategori ‘harus dimiliki’, dan produk Anda tidak memiliki pelanggan, atau gagal melalui validasi market, bukan berarti kehidupan Anda berakhir. Anda masih bisa pivot. Jika Anda mampu mengidentifikasi masalah riil yang dapat Anda selesaikan secara efektif, maka Anda memberikan nilai yang menyusun sebuah bisnis yang benar-benar penting.

 

Lebih baik jika bisnis Anda sesuai dengan passion.

Beberapa entrepreneur akan lebih bergairah ketika menjalankan bisnis yang mampu memecahkan masalah yang benar-benar mereka pedulikan, atau jadi passion mereka. Mereka memilih jalan ini karena pekerjaan akan terasa lebih mudah dan mereka merasa akan lebih menikmati prosesnya. Memang, Anda akan membutuhkan semua inspirasi, komitmen dan ketekunan untuk menjalankan bisnis. Maka, penting sekali untuk memulai bisnis di bidang yang Anda sukai.

“Orang yang paling bahagia dan paling sukses yang saya kenal, tidak hanya mencintai apa yang mereka lakukan. Mereka juga terobsesi dengan memecahkan masalah penting. Sesuatu yang penting bagi mereka,” kutip Drew Houston, pendiri Dropbox.

Anda tentu tidak ingin memulai sebuah bisnis yang tidak dapat bertahan hidup. Maka, kerjakan pekerjaan rumah Anda, validasi ide Anda, dan pastikan Anda memiliki pasar yang nyata untuk ide Anda. Hal ini akan lebih mudah dilakukan ketika Anda memecahkan masalah yang benar-benar nyata.

Sobat Studentpreneur, apakah bisnis Anda menyelesaikan sebuah masalah? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Sebastian]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Anak Muda Indonesia Ini Menolak Tawaran Perusahaan Design Raksasa Amerika Demi Mengejar Mimpi di Indonesia

ALS Ice Bucket Challenge Pertama di Indonesia. Kalian Berani?

Kerennya CEO Muda Burger King Merevolusi Perusahaannya

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+