Berita Bisnis
Aplikasi Berbagi Rahasia Menjamur di Tiongkok
Mengikuti semua hype yang diterima oleh aplikasi anonimitas dan berbagi rahasia yang dipimpin oleh Secret dan Whisper, sejumlah klon dari kedua aplikasi ini mulai menjamur di Tiongkok. Pada bulan lalu, sekitar delapan aplikasi dengan genre yang serupa mulai muncul di negara tirai bambu. Berikut delapan di antaranya:
Mimi, yang berarti “rahasia” dalam bahasa Tiongkok, dirilis pada bulan Maret tahun ini. Sebagai salah satu klon pertama Secret, aplikasi ini secara instan menjadi hit pada minggu pertama saat peluncuran. Namun, Mimi kemudian menghilang dari peredaran hampir sebulan setelah menyentuh posisi teratas di Apple store, mungkin karena kekhawatiran terhadap tudingan pembajakan (Mimi adalah tiruan yang hampir serupa terhadap Secret dari segi gaya antarmuka dan ikon), dan penyebaran konten “tidak sehat”. Shenzhen Wumii Technology Limited, pengembang Mimi, kemudian mengganti merek produk mereka dengan Wumii pada bulan Mei setelah melakukan beberapa perbaikan pada produk.
Xiaosheng, menyalin model kekacauan di Whisper, pengguna bisa menggulir ke kanan atau ke kiri untuk melihat rahasia yang diterbitkan di dalamnya dan menambahkan latar belakang gambar. Anda dapat mengurutkan rahasia pengguna lain berdasarkan terbaru, terpopuler, atau lokasi mereka.
Simiquan, diluncurkan pada 15 Mei oleh YY, sebuah platform penyiaran online yang mencoba untuk memperluas sektor vertikal mereka. Mirip dengan pendahulunya, Secret, Simiquan mengharuskan pengguna untuk mendaftar dengan nomor telepon. YY adalah raksasa internet pertama di Tiongkok yang masuk ke bidang ini.
10years.me, Berbeda dengan aplikasi anonim lain yang berbagi rahasia tentang aspek negatif dari kehidupan, aplikasi ini mendekati permintaan berbagi rahasia dari sudut yang berbeda. Platform ini mendorong pengguna, yang sebagian besar pemuda yang baru saja memulai karir mereka, untuk berbagi mimpi masa depan mereka. Pengguna dapat mengatur tujuan atau impian di homepage yang diatur dalam jadwal.
Hehe, Beberapa anggota inti dari app audio sosial, Papa, menggulirkan Hehe pada 21 Mei. Meskipun app ini berbagi fitur yang sama dengan aplikasi anonim lain, perusahaan mengklaim bahwa Hehe memiliki algoritma yang dapat menyaring desas-desus jahat.
Wuya, Sebuah tim yang dipimpin oleh Xu Chaojun, pendiri Papa, meluncurkan aplikasi serupa bernama Wuya. Setelah memasuki aplikasi, pengguna diharuskan untuk memberikan nama perusahaan atau sekolah mereka.
Tidak tersedianya layanan anonim seperti Secret dan Whisper di Tiongkok memberi ruang yang relatif bebas terhadap klon mereka untuk tumbuh. Akan tetapi, persaingan di pasar domestik akan menjadi semakin sengit dengan kedatangan Secret, yang diluncurkan pada bulan Juni ini di Tiongkok. Whisper, saingan Secret, pun telah menerima suntikan dana dari Tencent pada bulan Mei. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Jakob]
Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:
Pria Ini Membangun Bisnis Dari Nol Sampai Bernilai Trilliunan Rupiah
Tips Untuk Menjadi Jutawan di Usia 30-an
Lima Mitos Memulai Bisnis Online