Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Hotel ini Mengumpulkan Modal 17 Milliar Rupiah Dengan Crowdfunding


Membangun Hotel dari Crowdfunding? Kenapa Tidak?

Kata siapa Crowdfunding hanya bisa dipakai untuk mendapat pendanaan bagi proyek-proyek seperti teknologi inovatif, film indie, atau baru-baru ini… salad kentang? Baru-baru ini, sebuah proyek hotel bernama Hard Rock Hotel di California, Amerika Serikat berhasil mengumpulkan pendanaan senilai $1.5 juta atau 17 Milliar Rupiah dari 85 investor.

Crowdfunding adalah istilah yang menjelaskan tentang penggalangan dana melalui sebuah platform seperti Kickstarter, Indiegogo, dan lain-lain, dimana investor bisa patungan untuk mewujudkan proyek yang menurut mereka menarik. Dalam kasus ini, berarti nanti akan ada 85 owner di Hard Rock Hotel.

kamar-hotel

Hard Rock Hotel sendiri memulai kampanye mereka melalui Realty Mogul (realtymogul.com), sebuah platform crowdfunding online yang khusus mengurusi investasi di bidang real-estate. Tentu saja, model crowdfunding di sini berbeda dengan model pengumpulan dana patungan ala Kickstarter. Investasi tidak sekedar bersifat donasi. Orang-orang yang menyumbang tidak akan sekedar mendapat goody bag, atau hadiah hiburan lainnya, melainkan sebuah equity crowdfunding, dimana kontributor akan mendapat saham dan menjadi part-owner. Investor akan mendapat sejumlah keuntungan VIP, termasuk diskon 25% bagi kamar terbaik yang tersedia, dan gratis upgrade kamar.

Maka, Realty Mogul hanya menghubungkan proyek dengan investor terakreditasi. Tidak sembarang orang bisa jadi investor. Memang, hukum di beberapa negara sudah menentukan bahwa equity crowdfunding hanya legal di antara investor terakreditasi, atau mereka – mereka yang telah mencapai skala kemakmuran tertentu. Misalnya Amerika Serikat, hal ini sudah diatur oleh Securities and Exchange Commission. Meskipun di beberapa negara, topik ini sendiri seolah masih seperti alien.

Realty Mogul sendiri berhasil menunjukkan bahwa sebuah platform crowdfunding di bidang properti bisa saja populer. Mereka berhasil menutup putaran pendanaan senilai $9 juta pada Maret lalu, yang dipimpin oleh Canaan Partners.

“Industri yang menonjolkan keramahan sangat masuk akal jika digabungkan dengan crowdfunding, ” kata Jilliene Helman, CEO Realty Mogul. “Pemilik hotel tidak hanya dapat mengumpulkan modal bagi proyek-proyek mereka, tetapi mereka dapat menarik profil terkenal lainnya melalui jaringan investor di properti, yang mana membangun viral bagi proyek mereka.” Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Karlis]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Orang Bugis Tersukses di Indonesia

Dari Pengusaha Furnitur Menjadi Orang Nomor 1 Indonesia

Ini Cara Dapatkan Modal Usaha Dari Bank Mandiri

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+