Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Orang Terkaya di Jepang Mulai Berbisnis Dari Usia 24 Tahun


Susumu Fujita, Orang Terkaya ke 47 di Jepang, Memulai Bisnisnya Sejak Umur 24 Tahun, dan Membawa CyberAgent Melantai di Bursa Saham Saat Masih 26 Tahun.

Dari 50 orang terkaya di Jepang versi majalah Forbes, Susumu Fujita menempati posisi 47 dengan total kekayaan sebesar 560 juta dolar Amerika. Sumber kekayaannya berasal dari CyberAgent yang ia dirikan sejak tahun 1998. Kala itu, ia masih berusia sangat muda, 24 tahun. Hingga sekarang, CyberAgent menjelma menjadi pemimpin industri di pengembangan aplikasi bisnis, platform advertising, hingga game dan smartphone. Salah satu produknya, Ameba (ameblo.jp), adalah platform sosial media dan blog hosting terbesar di Jepang, mengalahkan dominasi Blogger di negara itu.

 

Gagal di Musik

Sejak kecil, Fujita sudah tahu kalau dia tidak ingin jadi pegawai ketika dewasa. Namun ia tidak pernah tahu kalau ia akan jadi seorang entrepreneur. Fujita tumbuh seperti remaja pada umumnya: ia ingin menjadi seorang musisi. Impian yang kemudian kandas di pertengahan masa SMA.

Maka, ia melanjutkan ke jenjang perkuliahan di Tokyo. Karena kebutuhan, ia harus bekerja paruh waktu pada agensi iklan. Mungkin karena bakatnya, maka disini, ia dituntut untuk bekerja layaknya pegawai profesional.

 

Benih Entrepreneurship Tumbuh

Hingga pada 1997, ketika ia lulus dari bangku kuliah, ia melamar ke Intelligence ltd., sebuah agensi rekrutmen terbesar kedua di Jepang. Belum genap satu tahun bekerja, ia mengingat prinsipnya masa kecil: ia tidak ingin tumbuh besar jadi pegawai. Maka, ia mengundurkan diri untuk memulai bisnisnya. Kala itu, presiden Intelligence secara langsung membujuknya untuk tetap bekerja di perusahaan. Namun alih-alih berhasil, sang bos justru menjadi terkesan dengan rencana bisnis Fujita dan menawarkan untuk berinvestasi sebesar 50 persen.

Cyber-agent

Mendirikan CyberAgent di Usia 24 Tahun

Maka berdirilah CyberAgent. Di awal, mereka berperan sebagai agen sales bagi bisnis-bisnis di internet. Sambil terus menjalankan perannya sebagai agen sales, Fujita melihat potensi yang besar di network pay-per-click banner. Maka ia memusatkan bisnisnya ke arah baru. CyberAgent menang besar. Karena prestasi yang gemilang, CyberAgent hanya butuh dua tahun untuk berhasil melantai pertama kali di bursa saham. Fujita, 26 tahun, menjadi presiden termuda yang perusahaannya terdaftar di bursa saham. Dan hingga bertahun-tahun kemudian, CyberAgent terus mencatatkan prestasi demi prestasi, termasuk salah satunya mengantarkan Ameba menjadi platform sosial media dan blog hosting terbesar di Jepang. Fujita bertekad membawa perusahaannya menjadi ikon yang mewakili abad 21. Sebagaimana Sony dan Honda mewakili abad ke-20. Hingga CyberAgent mencapai tujuannya, Fujita tidak memiliki rencana untuk mundur dari posisi presiden dan tinggal menikmati kekayaannya.

“Sejujurnya, saya selalu berpikir tentang mengundurkan diri, ketika bisnis kami menjadi profitable, ketika kami selesai meluncurkan Ameba. Tapi faktanya adalah, setiap kali kami membuat pencapaian, selalu ada gol lain yang lebih tinggi,” katanya. “Saya sudah mengerjakan terlalu banyak, hingga saya tidak bisa melepaskannya pada orang lain.”

Nah Sobat Studentpreneur, Susumu Fujita menjadi bukti bahwa Anda tidak pernah terlalu muda untuk memulai bisnis Anda sekarang juga. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Yusuke]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Ini yang Membedakan Orang Kaya dengan Anda

Berjualan Sepatu Online, Anak SMA Ini Raup Puluhan Juta Rupiah

Dulu Buruh Kapan, Kini Orang Terkaya di Jepang

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+