Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Perusahaan Teknologi Terbesar di India Dulu Berbisnis Minyak Goreng


Meskipun memulai dengan bisnis minyak goreng, Azim Premji berhasil membawa Wipro menjadi perusahaan teknologi terbesar di India.

Bernama lengkap Azim Hashim Premji, merupakan orang terkaya nomor 3 di India. Azim Premji adalah pengusaha dibidang IT, dia mempunyai perusahaan bernama Wipro. Awalnya, Wipro adalah perusahaan yang didirikan oleh ayahnya, bergerak dibidang  minyak goreng. Nah, bagaimana bisa dari minyak goreng, Azim bisa merubah perusahaan tersebut sampai bergerak di bidang IT.

 

Wipro generasi pertama

Mohamed Hashem Premji adalah ayah dari Azim Premji, dia merupakan pengusaha dibidang minyak goreng. Hashem membuat Wipro pertama kali pada tahun 1945. Ketika itu produk Wipro pertama kali adalah minyak goreng dan sabun. Ketika itu Hashem memang tertarik bisnis dibidang tersebut, bahkan minyak goreng dan sabun mereka adalah bikinan Wipro sendiri.

Pada saat Hashem membuat Wipro, Azim yang lahir juga ditahun yang sama mengenyam pendidikan yang lebih baik dibandingkan ayahnya. Azim sempat berkuliah di Universitas Stanford jurusan teknik. Tetapi sayang, pada saat umur 21 tahun, Hashem meninggal. Dan tentu sebagai  anak pertama, Azim akhirnya melanjutkan bisnis ayahnya.

Pada tahun 1966, tahun dimana ayah Azim meninggal, Azim menjadi direktur. Ketika Azim mengambil alih, Azim langsung membesarkan Wipro dan bekerja sama dengan perusahaan asal Amerika Serikat, yaitu General Electric. Wipro pun mendistribusikan beberapa mesin seperti mesin hidrolik untuk mobil dan mesin-mesin alat-alat berat.

 

Wipro bergerak dibidang teknologi

Pada tahun 1994, adalah tahun puncak dari Wipro. Pada saat itu, pengaruh dan kemajuan teknologi sudah marak dimana-mana. Azim pun mengetahui hal tersebut, tetapi karena tidak paham pada urusan bisnis dibidang teknologi. Akhirnya Azim membuat anak perusahaan lagi Wipro Infotech dan Wipro System bekerja sama dengan Odyssey 21. Ternyata, Wipro semakin mendapat untung ketika mengarahkannya ke bidang teknologi. Dengan Wipro Acer, Azim mengeluarkan Wipro SuperGenius PC pada tahun 1999. Bahkan di tahun 2000, Wipro adalah distributor komputer pertama di India.

Berturut-turut pun Wipro menjadi provider telekomunikasi dan internet di India. Tidak hanya menjadi distributor komputer pertama di India, tetapi menjadi perusahaan yang membuat software komputer pertama. Wipro, menjadi pemegang lisensi seperti microcomputer dan mesin hydrolik. Dengan begitu, Wipro menjadi perusahaan millaran dolar setelah memasuki bidang teknologi.

azim-premji

Seperti banyak disebutkan di artikel Studentpreneur, kisah orang tua sukses tidak akan serta merta membuat anaknya juga ikut sukses. Ketika tidak ada usaha atau inovasi seperti yang dilakukan oleh Azim, Wipro tentu tidak akan menjadi perusahaan IT terbesar di India. Berawal dari berjualan sabun dan minyak goreng, Azim merubah secara perlahan. Karena perusahaannya tidak terlalu menguasai bidangnya, Azim pun tidak ragu untuk bekerja sama dengan perusahaan luar. Keberanian ini lah yang menjadi salah satu faktor kemajuan Wipro. Silakan tulis komentar Anda melalui kolom di bawah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Dekh]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Calvin Kizana, Pebisnis Sukses Dibalik Kesuksesan PicMix

Gadis Cantik Ini Melestarikan Budaya Sambil Berbisnis

Mereka Tidak Beruntung, Tapi Jauh Lebih Sukses Dari Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+