Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Akuisisi Tumblr – Kenapa Yahoo Mau Menguras Kantongnya?


Beberapa hari yang lalu, ada berita yang sangat besar di dunia teknologi. Yahoo memutuskan untuk mengakuisisi Tumblr, sebuah social media yang cukup populer, dengan dana sebesar $1,1 Milliar, atau sekitar 10 Trilliun rupiah! Padahal Sobat Studentpreneur, omzet tahunan dari Tumblr sebenarnya hanya $13 Juta atau 130 Milliar. Menarik bukan? Kenapa Marissa Mayer, CEO Yahoo, mau menguras kantong untuk sebuah perusahaan yang dari sisi komersial justru tidak terlalu berhasil?

Salah satu alasan terbesar Marissa tertarik terhadap Tumblr adalah besarnya member Tumblr yang berusia di antara 18-24 tahun, kelompok usia yang Yahoo masih sangat lemah. Tumblr mempunyai 300 juta pengunjung per bulannya, dengan 120 ribu anggota baru tiap hari. Waktu yang dihabiskan oleh orang-orang tersebut dalam satu bulan sebesar 24 Milliar menit! Yahoo sangat percaya kalau Tumblr bisa tumbuh sampai 20% tiap bulannya dari sisi pengunjung.

yahoo-tumblr

Marissa Mayer sendiri sangat percaya bahwa konten adalah segalanya bagi Yahoo, dan Tumblr adalah solusi paling tepat bagi mereka untuk mendapatkan konten-konten gambar berkualitas dari anak muda. Menarik sekali integrasi apa yang akan dilakukan oleh Yahoo dengan Tumblr. Marissa berjanji untuk membiarkan Tumblr tumbuh mandiri, tanpa mengintervensi secara teknikal. Pernyataan ini didukung oleh David Karp, pendiri Tumblr. Karp mengumumkan bahwa:

 “We’re not turning purple. Our headquarters isn’t moving. Our team isn’t changing. Our roadmap isn’t changing. And our mission – to empower creators to make their best work and get it in front of the audience they deserve – certainly isn’t changing.

David Karp ingin meyakinkan bahwa Yahoo tidak akan merusak Tumblr. Hasil analisa dari tim kami mengatakan bahwa baik Marissa Mayer maupun David Karp sepakat bahwa pengguna Tumblr adalah inti dari akuisisi besar ini. Yahoo mengakuisisi Tumblr karena pengguna yang sangat besar, dan amazingly, masih akan terus tumbuh. Dengan hanya penghasilan 13 Juta Dollar setahun, Tumblr tentu seharusnya tidak bernilai 1,1 Milliar Dollar. Namun dengan ratusan juta orang, dan jujur kalau hitungan Marissa Mayer tepat, tahun depan Tumblr akan dikunjungi lebih dari 1 milliar orang, maka nilai 1,1 Milliar Dollar yang dibayarkan Yahoo bisa dibilang akuisisi strategis yang tepat. Banyak sekali opportunity untuk menghasilkan uang apabila anda berhasil menarik 1 milliar orang untuk memakai produk anda.

David-Karp-007

Pelajaran yang bisa kita petik dari akuisisi Tumblr? Selalu fokuskan pengembangan produk kita, apapun itu baik IT ataupun non-IT, sesuai dengan permintaan dari pelanggan atau pengguna produk itu sendiri. Percayalah dengan jumlah pengguna yang sangat besar, anda mempunyai banyak peluang untuk berkembang. Selalu ingat mantra sakti berikut ini: “customer, customer, customer!!”

Bagaimana menurut anda Sobat Studentpreneur? Oh iya, salah satu web paling berpengaruh di dunia IT, TechCrunch pernah membahas hal ini. Tidak ada salahnya nonton video ini untuk memberi anda gambaran lebih detail tentang kenapa Tumblr bisa bernilai 10 Trilliun Rupiah.

Credit Video: TechCrunch

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+