Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Ambisi Besar Google: Akuisisi Nest Senilai 38,4 Trilliun Rupiah


Akuisisi besar terjadi di dunia teknologi. Sekitar pukul 4 pagi dini hari tadi, Google membuat pengumuman besar, melakukan akuisisi terhadap Nest Labs, sebuah perusahaan teknologi spesialis rumah pintar senilai 3,2 Milliar Dollar atau setara dengan 38,4 Trilliun Rupiah. Nest telah berhasil meluncurkan dua produk rumah pintar yang sangat laris di Amerika, thermostat dan detektor kebakaran pintar serta terkoneksi dengan internet. Google percaya bahwa diantara semua perusahaan teknologi, Nest yang paling mendekati rumah pintar berbasis internet dan dikendalikan oleh satu sistem operasi sendiri. Dengan adanya akuisisi ini, jangan kaget kalau rumah pintar pertama akhirnya menggunakan sistem operasi Android.

tony_fadell_2413110b

Tony Fadell – CEO Nest dan Bapak iPod

Berikut adalah pernyataan resmi CEO Google, Larry Page, sesaat setelah akuisisi Nest, “pendiri Nest, Tony Fadell dan Matt Rogers, telah membangun tim super dan kami senang untuk menyambut mereka di keluarga Google. Mereka telah berhasil membangun produk luar biasa yang bisa Anda beli saat ini juga, seperti thermostat hemat energi dan detektor kebakaran serta alarm yang bisa membuat keluarga Anda aman. Kami sangat senang membawa pengalaman luar biasa ini ke lebih banyak rumah di lebih banyak Negara dan mewujudkan mimpi banyak orang!”

Tony Fadell, CEO Nest, juga tidak kalah girang dengan akuisisi ini. Tony merasa mimpinya akan lebih muda terwujud dengan bantuan teknologi Google. Berikut pernyataan resmi Tony, “Kami sangat senang untuk bergabung dengan Google. Dengan dukungan mereka, Nest akan menjadi tempat yang lebih baik lagi untuk membangun alat sederhana namun berguna yang bisa membuat hidup lebih mudah di rumah, dan memberikan dampak positif pada dunia.”

Nest akan tetap beroperasi di bawah kendali Tony Fadell serta semua brand akan dipertahankan. Selain langsung mendapatkan pasar rumah pintar, Google juga mendapatkan talenta luar biasa dari akuisisi ini. Tony Fadell dan Matt Rogers, dua pendiri serta petinggi Nest, adalah orang penting di balik kesuksesan Apple dulu. Tony Fadell adalah mantan SVP, Senior Vice President di Apple serta seringkali dianggap sebagai bapak iPod yang berhasil merevolusi cara dunia memainkan musik. Beserta Matt Rogers, Tony juga aktor penting dibalik terciptanya iPhone.

Dengan mendapatkan produk kuat serta tim yang bertalenta hebat, mari kita simak sepak terjang Google dan Nest untuk membuat rumah kita lebih pintar. Baca juga berita tentang pemuda 23 tahun yang menolak uang 40 Trilliun Rupiah dari Google.

Berita akuisisi Nest ini di Indonesia, terbit pertama di Studentpreneur. Jangan lupa mengikuti Studentpreneur di facebook dan Twitter agar mendapatkan update berita serta inspirasi bisnis terbaru.

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+