Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Bagaimana Agar Email Bisnis Anda Dibalas Oleh Orang Penting


Seringkali dalam memulai sebuah bisnis, kita memerlukan dukungan atau pembelian dari seorang “key person”. Tips bisnis untuk pemula kali ini akan membahas tentang cara-cara sederhana agar email anda setidaknya dibaca oleh key person tersebut. Prinsip pertama yang harus anda camkan baik-baik adalah: mereka key person, mereka orang super sibuk, ada puluhan/ratusan/ribuan email masuk ke inbox mereka tiap harinya. Jadi, kalau anda ingin email anda dipedulikan oleh mereka, cobalah mempedulikan mereka terlebih dahulu, melalui channel lainnya. Berikut adalah beberapa tips bisnis untuk pemula yang akan berguna apabila anda ingin email bisnis anda dibalas oleh orang penting:

Check-that-email-address

  • Berikan komentar pada tulisan dan ide mereka. Kebanyakan orang penting selalu menyempatkan diri untuk menulis di web pribadi mereka atau di media-media yang mereka anggap penting. Cobalah baca dan resapi artikel tulisan mereka, pahami benar-benar. Berilah komentar berdasarkan pengalaman dan penyerapan anda terhadap tulisan atau ide tersebut, sejujur mungkin. Tujuan dari memberikan komentar ini adalah agar mereka mengenali anda. Percayalah, mereka sangat peduli dengan feedback bermanfaat dari pembaca mereka. Semakin berbobot komentar anda, semakin besar peluang anda dikenali oleh orang tersebut, sehingga ketika mengirim email, dia tidak akan segan membaca email anda.
  • Sapa Key Person di Twitter. Tips bisnis untuk pemula ini mungkin terdengar sangat sederhana, namun hampir semua orang penting mempunyai akun twitter pribadi. Sapalah mereka melalu twitter. Namun pastikan anda membalas tweet mereka dengan percakapan yang berbobot, dan mengenai apa yang sedang menjadi concern mereka. Jangan pernah tweet sesuatu yang tidak penting seperti: “follow back yaaa”, atau ucapan tidak berbobot seperti “pertamax gan”. Simpanlah percakapan kurang berbobot dengan teman anda sendiri. Apabila anda sering memberi komentar berbobot, maka dijamin orang tersebut akan memfollow anda, dan pada akhirnya pasti akan membalas apapun email anda.
  • Datangi mereka di offline event. Apabila mereka diundang sebagai pembicara, atau sedang membuat acara di kota tempat anda tinggal, jangan segan untuk berpartisipasi. Pada akhir acara, atau ketika anda melihat ada kesempatan, langsung datangi mereka. Sekali lagi pastikan anda memberi mereka first impression yang hebat, dengan percakapan yang berbobot, atau humor lucu namun berkelas. Pastikan di akhir percakapan, anda mendapatkan kartu nama mereka, dan memastikan kartu nama anda berada di tangan mereka. Setelahnya, dalam jangka waktu paling lambat 3 hari, anda harus mengirimkan email anda pada mereka, ingatkan bahwa anda adalah orang yang mengajak mereka berbicara dalam event tersebut.

 

Cara-cara tersebut adalah tips bisnis untuk pemula yang sangat sederhana, namun telah berhasil dipraktekkan oleh banyak entrepreneur muda di komunitas Studentpreneur. Bagaimana menurut pendapat anda Sobat Studentpreneur? Apakah anda mempunyai tips tambahan lainnya yang juga terbukti berhasil membuat orang penting tersebut membalas email bisnis anda?