Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Bagaimana Anda dapat Menjalin Networking yang Efektif


Networking adalah keterampilan penting bagi profesi apa pun. Apalagi entrepreneur. Membangun jaringan dan menciptakan hubungan akan mengantarkan Anda pada kesempatan-kesempatan, ide-ide baru, atau pertumbuhan bisnis Anda. Namun sering kali ketika menghadiri acara networking, ujung-ujungnya hanyalah tumpukan koleksi kartu nama dan Anda tidak ingat dari mana mereka berasal. Jadi, networking seperti apa yang seharusnya Anda lakukan?

 

1. Datangi komunitas yang membuat Anda tertarik, kemudian catat seperti apa iklim sosial dari kelompok komunitas tersebut.

Apakah anggotanya mendukung satu sama lain? Bagaimana dengan kepemimpinannya? Ada baiknya Anda menguji airnya dulu sebelum basah untuk memastikan bahwa kelompok komunitas yang Anda ikuti benar-benar cocok untuk Anda dan bisnis Anda.

Hangout-23413

2. Pertimbangkan tujuan Anda saat menghadiri acara networking.

Sebagian besar event memiliki corak yang berbeda-beda. Apakah dia bentuknya untuk menjalin kontak, hubungan bisnis, atau untuk belajar.

 

3. Baktikan sebanyak yang Anda bisa dalam organisasi tersebut.

Menjadi relawan adalah salah satu cara terbaik untuk stand out, sekaligus membalas jasa kepada komunitas yang telah membantu Anda .

 

4. Bertanya untuk membuka percakapan.

Sebuah percakapan tidak akan terjadi ketika Anda hanya diam. Harus ada salah satu pihak untuk berani memulai bertanya siapa, apa, di mana, kapan dan bagaimana yang kemudian akan berujung pada respon yang konstruktif.

 

5. Tampilkan diri sebagai orang yang senang membantu.

Ketika Anda telah dikenal sebagai jujukan paling pas untuk mendapatkan umpan balik, maka orang lain akan dengan senang hati berbalik kepada Anda dan menceritakan masalah mereka untuk mendapatkan ide-ide dan saran Anda.

 

6. Sepenuhnya memahami aktivitas Anda.

Anda harus betul-betul memahami apa yang Anda lakukan, mengapa Anda melakukannya, untuk siapa Anda melakukannya, dan apa yang membuat Anda melakukan hal ini dengan beda daripada orang lain di bidang yang sama. Jawaban-jawaban ini akan membantu ketika berbicara dengan orang lain. Karena mereka cepat atau lambat akan menanyakan pertanyaan yang sama.

 

7. Tahu betul apa yang Anda cari dan bagaimana orang lain dapat membantu Anda.

Networking bukan berarti Anda melakukan sesuatu untuk orang lain. Suatu saat, Anda juga perlu bimbingan untuk masalah Anda sendiri. Maka, penting sekali untuk mengetahui apa yang Anda butuhkan dan kepada siapa Anda harus pergi untuk meminta bantuan. Jalinlah networking dengan mereka-mereka.

 

8. Jadilah diri Anda sendiri.

Sangat penting untuk bersikap setulus dan seotentik mungkin ketika membangun jaringan. Karena selama event berlangsung, Anda harus membangun kepercayaan, membantu orang lain, dan menciptakan hubungan yang bermakna. Energi Anda akan terkuras ketika Anda susah payah memasang kepribadian yang bukan diri Anda. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga:

Ini Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan Anda

Jalan Aqua Menjadi Perusahaan Air Minum Terbesar di Indonesia

Dari Glodok Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+