Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Tips

Bagaimana Pria Ini Mengembangkan Virgin Group dari Nol ke Bisnis Multi Milliaran


Richard Branson adalah salah satu pengusaha paling sukses di Inggris dan ikon entrepreneur di dunia. Di usia 20 tahun, ia mendirikan Virgin Group, cikal bakal dari bisnis multi milliaran dolar. Virgin Group pun awalnya adalah sebuah toko pojok yang bergerak di industri rekaman, kemudian berkembang ke maskapai, kemudian ke telekomunikasi, dan kini ke pariwisata luar angkasa. Namun yang tidak boleh kita lupakan adalah Virgin Group tidaklah berdiri sebagai sebuah dinasti di awal kemunculannya, melainkan dari sebuah industri mikro. Apa yang membuatnya berhasil? Berikut adalah tips dari Richard Branson.

 

Percaya pada produk Anda.

Percayai visi yang dibawa oleh produk Anda, jangan goyah hanya untuk selembar gaji. Anda tahu visi Anda lebih tinggi daripada orang lain, dan jika Anda melupakan hal itu, dunia juga akan. “Inilah visi Anda yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan, bukan visi venture capital Anda.”

 

Menghasilkan produk yang bermanfaat.

Bangun solusi terbaik Anda untuk sebuah permasalahan, dan pastikan memiliki nilai jangka panjang. Ini adalah sesuatu yang selalu kami fokuskan di Virgin – jika Anda masuk ke bisnis semata-mata untuk menghasilkan uang, Anda tidak akan. Sedangkan jika Anda mencoba untuk membuat perbedaan nyata, Anda akan menemukan kesuksesan sejati.

Richard-Branson

Berinvestasi pada apapun yang akan menaikkan skala bisnis Anda.

Identifikasi apa yang Anda butuhkan untuk mengembangkan perusahaan Anda. Apakah itu teknologi, engineering, infrastruktur.

 

Mempekerjakan orang yang tepat.

“Jika Anda mendapatkan input yang benar, maka output pasti akan jauh lebih mudah untuk dikelola. Pada Virgin, orang-orang kami menaruh perasaan mereka pada setiap aktivitas yang kami lakukan, dan hal ini sangat penting bagi keberhasilan kami.”

 

Berikan ekuitas pada semua orang.

Pengelolaan bersama akan mengarahkan mereka ke tanggung jawab kolektif, dan meningkatkan gairah mereka. Jika Anda memberdayakan karyawan Anda untuk percaya bahwa perusahaan adalah sepenuhnya milik mereka, maka sulit untuk gagal.

 

Berpikir secara global.

Pastikan produk Anda kelas dunia, dan dapat bersaing dengan kompetisi apapun, di mana pun. Tapi jangan hanya go global hanya demi kepentingan itu. Misalnya ketika Anda memasuki pasar AS, padahal di dalamnya sudah ada 16 pesaing dengan lebih banyak dana. Kenapa tidak melirik ke Asia Tenggara dan Afrika, dimana persaingan lebih rendah, namun permintaan lebih tinggi.

 

Desentralisasi.

Untuk sukses di pasar global, dengan budaya yang berbeda-beda, perusahaan Anda perlu bekerja pada tempat itu. Memahami geografi dan budaya lokal, dan menarik bakat-bakat lokal terbaik.

 

Ini adalah titik awal yang kuat untuk mengembangkan sebuah startup menjadi bisnis yang global. Namun, jalan menuju kesuksesan tidaklah mudah dan entrepreneur sukses akan senantiasa memerlukan dukungan keuangan dan bimbingan. Nah Sobat Studentpreneur, bagaimana dengan Anda?

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Jarle]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Tips Untuk Menjadi Jutawan di Usia 30-an

Ironman Dunia Nyata Adalah Pebisnis Super Sukses

Yuk Belajar Bisnis dari Oprah Winfrey

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+