Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Bagaimana Bekerja dengan Lebih Efisien dengan Prinsip 80/20


Banyak entrepreneur yang tidak menyadari bahwa prinsip 80/20 sangat penting bagi setiap dimensi dalam bisnis mereka, termasuk di dalamnya adalah manajemen waktu. Entrepreneur masih sering membuang waktu mereka untuk pekerjaan senilai 10 ribu rupiah sejam, seperti membeli persediaan kantor dan membersihkan toilet, di mana seharusnya mereka mampu menggunakan waktu tersebut untuk meraup satu juta rupiah dalam sejam, seperti mengirim email pada orang yang tepat, menegosiasikan kontrak, atau meyakinkan klien untuk melakukan bisnis dengan Anda. Nah Sobat Studentpreneur, menyibukkan diri bukanlah hal yang akan membuat Anda kaya. Berikut adalah 5 hal yang harus Anda lakukan untuk menghentikan Anda membuang waktu Anda yang berharga:

 

Menyewa tenaga bantu.

Sangat mudah sekali menemukan seseorang yang lebih baik daripada Anda dalam hal memasak dan bersih-bersih. Mereka akan senang dengan gaji yang semestinya. Sedangkan Anda sebagai entrepreneur, tugas Anda adalah mengisi pundi-pundi uang Anda sebesar-besarnya dan secepat-cepatnya. Maka, tidak ada alasan bagi Anda untuk membersihkan toilet Anda sendiri. Pengangguran di Indonesia akan turun sebanyak 5 persen ketika entrepreneur berhenti mengeluarkan sampah di rumah mereka sendiri.

produktivitas kerja

Singkirkan pekerjaan sepuluh ribu rupiah Anda.

Mari kita anggap Anda sudah tidak membuang waktu menyapu lantai atau memvakum karpet Anda. Akan tetapi, Anda masih melukai diri Anda sendiri ketika Anda terobsesi untuk jadi efisien. Maka, tanyakan: “Aktivitas apa lagi yang saya kerjakan dengan susah payah, akan tetapi dapat dengan mudah diselesaikan jika di-outsource?”

 

Menyewa asisten pribadi. 

Anda dapat menggaji seorang asisten pribadi untuk menyelesaikan tugas-tugas sepuluh ribu rupiah Anda. Misalnya, membawa mobil Anda ke bengkel, hingga mengatur kotak surat dan memastikan bahwa Anda membaca surat yang penting-penting saja. Mereka akan lebih senang karena tugas ini lebih menarik dibanding membalik burger.

 

Jangan merasa bersalah untuk mengambil break.

Orang paling produktif biasanya sedikit malas. Jika Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan yang menghasilkan satu juta rupiah dalam sejam, apakah dosa jika Anda bersantai sepanjang hari? Istirahat akan memberikan mental Anda sebuah ruang untuk berpikir. Anda tidak bisa menyusun strategi hebat ketika bekerja dari pagi hingga petang.

 

Fokus pada time slot paling produktif Anda.

Setiap orang punya time slot dimana mereka bisa paling produktif. Ernest Hemmingway menulis di pagi hari. Barack Obama berpikir pada malam hari. Definisikan waktu paling produktif Anda dan singkirkan aktivitas lain ketika Anda fokus pada waktu paling produktif tersebut. Anda akan menghasilkan lebih banyak dari yang Anda bayangkan.

 

Nah Sobat Studentpreneur, apakah Anda sudah menerapkan strategi di atas? Atau masih berkubang pada pekerjaan sepuluh ribu rupiah Anda? Mari ceritakan di kolom komentar. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: Logan]

 

Baca Juga:

Bos Web Komedi Terbesar Dunia: Ini Cara Membangun Startup

Sex Sells, Benarkah?

Tips Berbicara di Depan Publik

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+