Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Baru Berbisnis, Ini Cara Menghemat Pengeluaran Perusahaan


Salah mengatur keuangan akan membuat perusahaan baru Anda gagal dengan mudah

Terlalu banyak pengeluaran menjadi salah satu masalah yang ditakuti oleh mereka yang baru memulai usaha, apalagi jika menggunakan modal pribadi. Kita harus mengontrol keuangan dengan baik supaya perusahaan kita tidak prematur atau berumur pendek karena rugi besar. Berikut ada 5 tips sederhana yang telah dikumpulkan oleh Tim Studentpreneur untuk menghemat pengeluaran perusahaan:

 

dompet koin strwbry

 

Berbagi ruang kerja dengan perusahaan lain

Kalau skala bisnis masih kecil, jangan buang uang untuk menyewa kantor mewah. Bekerja di rumah bisa menjadi salah satu alternatif, namun sisi buruknya adalah membuat kita serasa terisolasi dari dunia luar. Ada juga orang yang ingin mengatasi hal ini dengan bekerja di kafe, namun justru yang sering terjadi malah membuat pengeluaran semakin banyak karena membeli jajanan dan minuman. Solusinya adalah sewa ruang kerja di Co-Working Space. Jika belum ada, cobalah kerjasama dengan perusahaan besar yang memilki ruang kerja banyak, apakah memilki ruang kerja yang tidak terpakai yang dapat digunakan.

 

Jangan membayar Public Relation di waktu awal berdiri

Publikasi memang penting bagi perusahaan terutama pada saat peluncuran produk. Namun dengan memiliki atau menggunakan jasa Public Relation / Hubungan Masyarakat akan menghabiskan banyak uang. Cobalah untuk membuat laporan dan melakukan publikasi sendiri sehingga dapat menghemat jumlah tenaga dan keuangan.

 

Gunakan WordPress untuk website awal perusahaan

Ketika kita ingin memiliki sebuah situs perusahaan yang memiliki tampilan seperti situs professional, menggunakan jasa IT ataupun desain website akan menghabiskan banyak uang. Jangan sewa mereka dulu di waktu awal berdirinya perusahaan. Cobalah untuk menggunakan WordPress, karena di dalamnya juga tersedia banyak tema yang desainnya memiliki tampilan professional.

 

Lupakan dulu bursa lowongan kerja

Untuk masa-masa awal, hindari dulu memasang iklan lowongan kerja di media cetak ataupun online. Selain itu juga jangan dulu membeli tempat di acara pameran lowongan kerja. Dua hal tersebut pasti akan menghabiskan banyak uang, kecuali jika mendapatkan penawaran gratis pasang iklan ataupun gratis ruang. Cobalah dulu untuk memasang poster lowongan kerja di Universitas atau Sekolah Menengah Kejuruan. Selain itu gunakan jejaring sosial Facebook untuk menyebarkan iklan lowongan kerja tersebut, dan gunakan jejaring sosial LinkedIn untuk mencari orang-orang sesuai kriteria yang diinginkan.

 

Selalu cari diskon

Sebelum melakukan pembelian sesuatu, coba tanyakan apakah ada program khusus ataupun potongan harga yang sedang berlaku atau yang akan diluncurkan oleh perusahaan tersebut. Tidak ada salahnya untuk menanyakan dulu setiap kali sebelum membeli. Coba juga tanyakan pada teman apakah mereka memiliki teman yang bekerja di perusahaan yang memproduksi barang yang ingin kita beli. Biasanya selalu ada harga khusus bagi karyawan perusahaan yang ingin membeli produk perusahaannya sendiri.

 

Itulah 5 tips sederhana yang saat ini dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran Startup. Memulai bisnis sendiri memang akan membutuhkan pengeluaran yang cukup besar di awal, tapi jangan sampai melakukan pengeluaran untuk hal yang sia-sia. Selamat mencoba Sobat Studentpreneur. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga:

Tidak Kuat Tekanan, Flappy Bird Ditarik Dari Pasar

Nicholas Kurniawan – Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2013

The Nin King – Orang Terkaya ke 45

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+