Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Expert Tips

Branding: Jadilah Berbeda, Bukan Lebih Baik


Dalam Branding, Sebenarnya Jadi Berbeda Bisa Memberi Keuntungan Lebih Besar Daripada Menjadi Lebih Baik.

*Catatan Editor: Tiap hari Sabtu dan Minggu, Studentpreneur akan menerbitkan artikel bersifat tips dan opini milik ahli-ahli luar negeri yang disegani. Para ahli mengirimkan naskah dalam bahasa inggris, dan kami terjemahkan untuk Anda. Kali ini penulis adalah Sean Smith, Direktur Marketing Simple Tiger, sebuah agency marketing dan startup di Atalanta, Amerika Serikat.* 

Inilah mengapa menjadi berbeda adalah strategi yang lebih baik daripada menjadi “lebih baik” dalam bisnis.

Sering kali yang berbeda, dan belum tentu “lebih baik” dapat menjadi teknik branding efektif dan model bisnis.

Biasanya akan selalu ada seseorang yang “lebih baik” dari Anda, cara terbaik untuk bersaing adalah di bidang yang berbeda.

Facebook tidak harus “lebih baik” dari Myspace, ia berbeda dan akhirnya menang.

Spotify tidak harus “lebih baik” dari Pandora, ia berbeda dan telah menghancurkannya.

Netflix tidak harus “lebih baik” dari sistem penyewaan film normal dan jaringan televisi sekarang, ia berbeda dan orang-orang memilihnya.

michelin-restaurant

Jika Anda ingin membuka usaha pizza bersama di sebelah restoran bintang 5 yang telah memenangkan 2 bintang michelin, Anda tidak harus lebih baik (dan punya keberuntungan dalam mencoba). Jadilah yang berbeda. Mereka menyediakan makanan pembuka seharga $40, Anda menyediakan irisan seharga $4. Buatlah diri Anda menjadi otentik dan Anda dapat berhasil.

Pantau pesaing Anda dan temukan kesenjangan. Ini seperti apa yang telah dilakukan Samsung terhadap Apple. Anda tidak harus berjuang untuk kualitas, ambillah orang yang tidak peduli tentang apa yang ditawarkan oleh pesaing Anda. Laba keluar dari sistem kepercayaan. Beberapa orang tidak percaya dalam membayar $600 untuk telepon yang mereka percaya hanya sedikit diperbarui setiap 12 bulan. Itu sebabnya Samsung mengolok-olok orang-orang dan mengadopsi sebagian dari pasar lain dengan kampanye “hal besar berikutnya sudah ada di sini”.

Orang berbeda memiliki poin merugikan yang berbeda dalam produk. Menjadi perseptif adalah salah satu kunci terbesar untuk menjadi seorang pengusaha – atau hanya orang bisnis yang sukses. Jadilah perseptif pada keinginan pengguna Anda, dari perangkap pesaing Anda, dari orang-orang yang tidak suka pada poin merugikan dari pesaing Anda, dan manfaatkan semua itu.

Sudah ada model bisnis yang benar dan sudah dicoba selama ratusan tahun. Baca “22 immutable laws of marketing” dan lihat pantauan pesaing Anda dapat mengungkap kemampuan bisnis Anda.

Sama seperti Samsung yang memanfaatkan apa yang tidak dilakukan Apple, Apple mengkapitalisasi apa yang tidak dilakukan Microsoft.

Selalu ada ruang untuk berbeda. Untuk mengambil kategori yang telah dicoba dan diuji, dan kemudian menerapkan apa yang orang inginkan. Dimana ada permintaan, Anda membentuk ketersediaan, meletakkannya di luar sana dan Anda akan berhasil. Ini dasar ekonomi.

Juga terlalu sulit untuk berdiri hari ini dengan hanya berjuang pada kualitas. Anda harus menonjol untuk diperhatikan, dan itu cukup keras. Kontroversi adalah cara mudah untuk membuat kegemparan, dan tawarkan apa yang tidak ditawarkan pesaing Anda adalah cara mudah untuk memulai diskusi itu.

Jadilah yang berbeda, bukan lebih baik. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Jenny]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Fotografer Cantik Ini Membangun Bisnis Sejak Kelas 3 SMP

Inilah Kisah Sukses Putra Jokowi Berbisnis Katering

Ilmu Rahasia Menciptakan Pelanggan Seumur Hidup

Sean Smith

Sean Smith adalah Direktur Marketing dari Simple Tiger, sebuah agency marketing dan startup di Atalanta, Amerika.

Twitter