Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Memperkuat Koneksi Bisnis Anda


Jadilah orang yang berarti untuk koneksi Anda, maka Anda juga akan mendapatkan koneksi baru yang sangat banyak.

Freddy Istanto – Ketua Surabaya Heritage

Tidak peduli bisnis apapun, koneksi atau network adalah hal yang wajib dipunyai. Entah itu koneksi dengan pelanggan, supplier, rekanan, dan juga dengan investor. Pebisnis yang sukses biasanya mempunyai koneksi sangat kuat. Ketika Anda sedang kesulitan, koneksi-koneksi yang Anda miliki akan sangat membantu, apalagi bila level koneksi Anda bukan hanya “kenal”, tapi juga “dekat”. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memperkuat koneksi bisnis Anda.

 

you-are-awesome-business-card-stack-1200

 

Jangan Segan Memberi

Kebanyakan orang, terutama yang masih pebisnis pemula, selalu bertanya, “apa yang bisa diberikan oleh koneksi ke Saya?” Pola pikir seperti ini tidak akan bisa membantu Anda untuk mendapatkan koneksi yang kuat. Daripada berpikir apa yang bisa Anda dapat, lebih baik memikirkan apa yang bisa Anda beri pada koneksi tersebut. Apabila Anda membantu seseorang terlebih dahulu, maka suatu saat ketika Anda butuh bantuannya, Anda bisa mendapatkannya dengan lebih mudah. Ingat saja hukum karma, Anda memberi, Anda juga akan mendapatkan balasannya.

 

Bagi Koneksi Anda ke Orang Lain

Ketika koneksi Anda ingin kenal dengan salah satu teman Anda, jangan segan untuk memperkenalkannya langsung. Membagi koneksi kita ke orang lain akan membuat kita dianggap sebagai konektor. Contoh paling sempurna dari konektor ini adalah Pak Freddy Istanto, salah satu mentor Studentpreneur serta kepala dari Heritage Surabaya. Di Kota Surabaya, Pak Freddy terkenal sebagai konektor yang sangat kuat, mulai dari koneksi bisnis, wartawan, perguruan tinggi, sampai tokoh-tokoh budaya biasanya beliau kenal, dan tidak segan mengenalkan koneksinya ke orang lain. Hasilnya, koneksi dari Pak Freddy juga tumbuh karena ketika beliau butuh mengenal orang lain, koneksi beliau akan dengan senang hati mengenalkannya.

 

Jadilah Orang Yang Memberi Pencerahan

Selain menjadi konektor, Anda juga bisa menjadi orang yang memberi pencerahan atau ilmu pada jaringan pribadi dan professional Anda. Tentunya, ilmu yang dibagikan harus relevan. Contohnya, Anda akan berbicara tentang tips bisnis dengan jaringan bisnis dan berbicara tentang travelling dengan jaringan backpacker Anda. Kalau Anda memang memberikan informasi yang berharga ke network, Anda akan dianggap expert, dan kembali lagi ke point pertama, ketika Anda sedang membutuhkan sebuah informasi, peluang untuk mendapatkan jawaban dari koneksi Anda juga akan semakin tinggi.

 

Koneksi Itu Teman, Tidak Hanya Bisnis

Memperkenalkan diri sebagai “si X dari perusahaan Y” memang tidak ada salahnya. Namun, kita harus menjaga koneksi yang kita kenal sebagai kenalan pribadi, bukan hanya kenalan perusahaan. Jadi, ketika kita sedang membutuhkan koneksi tersebut, terlepas dari kita bekerja di perusahaan manapun, dia masih akan membantu, begitu juga sebaliknya. Contohnya tim Studentpreneur punya banyak sekali koneksi media yang bisa digunakan untuk saling tukar informasi, dan bahkan ketika koneksi tersebut sudah tidak bekerja di bidang media lagi.

 

Apakah Anda punya tips lainnya untuk menjaga dan mendapatkan koneksi yang kuat, Sobat Studentpreneur? Baca juga sisi lain Al Capone – Anak Muda yang Memiliki 300 Perusahaan. Jangan lupa ikuti Studentpreneur di facebook dan Twitter ya!

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+