Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Frase yang Harus Diucapkan Pemimpin Bisnis Setiap Hari


Terkadang, yang membedakan antara pemimpin bisnis besar dengan pemula adalah kemampuan berkomunikasi dengan karyawan. Di era bisnis modern, pemimpin harus sering berkomunikasi dengan karyawan, dengan cara yang tepat tentunya. Ini dia tips kepemimpinan sekaligus tips komunikasi sederhana yang bisa Anda praktekkan dalam manajemen perusahaan Anda sehari-hari, dalam bentuk frase kata-kata sederhana yang harus diucapkan ke karyawan.

 

Ini Dia Situasinya

Jangan sampai hanya Anda yang tahu situasi sebenarnya di perusahaan. Saat ini, perusahaan sudah harus terbuka dengan karyawan. Sebagai pemimpin, Anda harus memberi tahu karyawan situasi yang sedang terjadi, terlepas situasinya sedang baik ataupun buruk. Harapannya, karyawan akan merasa dilibatkan dan berusaha untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi di perusahaan.

 

Apa yang Anda Butuhkan?

Jangan segan untuk menanyakan karyawan tentang apa yang mereka butuhkan untuk bisa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh perusahaan. Apabila Anda dan perusahaan bisa menyediakannya, langsung sediakan dengan cepat. Apabila memang tidak ada budget untuk permintaan tertentu karyawan, komunikasikan dengan baik bahwa tugas tersebut bisa diselesaikan tanpa bantuan tambahan yang diminta.

berbicara2

Saya Percaya Pada Anda

Kepercayaan tidak hanya penting bagi pelanggan, tapi juga bagi siapapun juga, termasuk karyawan. Mengucapkan bahwa Anda percaya pada karyawan akan membuat karyawan tersebut berjuang sekeras mungkin untuk tidak menghianati kepercayaan Anda. Di sisi lainnya, karyawan tersebut juga akan berusaha untuk lebih percaya diri serta mempercayai bahwa Anda adalah bos yang tepat baginya.Tips komunikasi sederhana ini bisa Anda lakukan tidak hanya pada karyawan, tapi pada siapapun yang sedang melakukan suatu pekerjaan bagi Anda.

 

Kita Bisa Lebih Baik

Keberhasilan akan melemahkan orang-orang sukses, yang ujung-ujungnya akan membawa kita pada kegagalan. Selalu ingatkan pada tim bahwa kita bisa lebih baik lagi. Pasang standard yang tinggi bagi semua karyawan. Beri mereka fasilitas yang dibutuhkan untuk mencapai standard tersebut. Apabila mereka berhasil, jangan segan untuk memberi hadiah pada mereka. Apabila gagal, jangan segan untuk menegur. Bahkan, ketika Anda sendiri gagal mencapai standard yang diinginkan oleh perusahaan, jangan malu untuk mengakuinya, dan hukum diri Anda sendiri.

 

Ayo Kita Rayakan Bersama!

Ketika tim di perusahaan Anda berhasil menyelesaikan sebuah target besar, contohnya target penjualan tahunan yang ditetapkan di perusahaan, jangan segan untuk mentraktir mereka semua makan. Merayakan keberhasilan bersama bisa mendekatkan tim manajemen dan karyawan secara personal, serta membuat karyawan merasa lebih dihargai. Kedepannya, diharapkan karyawan akan berjuang lebih keras lagi agar terus berhasil mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan.

 

Ada banyak tips komunikasi efektif berbeda yang diterapkan perusahaan. Bagaimana cara yang diterapkan di perusahaan Anda? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Punya Ide Bisnis Brillian, Ini yang Harus Anda Lakukan

Dari Glodok Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Memulai Kuliah Usia 12 Tahun, Danielle Fong Siap Menyelamatkan Dunia

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+