Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Google Mengumumkan Kontes Engineering Berhadiah 1 Juta Dolar


Tantangan Anda adalah membuat sebuah inverter daya seukuran tablet. Berani?

Bermitra dengan IEEE, Google mencari orang-orang yang sanggup mengubah power inverter, yang mereka gambarkan di blog mereka sebagai “sebuah perangkat berukuran kotak pendingin piknik yang mampu mengubah energi yang berasal dari matahari, angin, dan elektronika (daya DC) menjadi sesuatu yang dapat Anda gunakan di rumah (daya AC)”, dan menyusutkannya hingga menjadi sekitar 1/10 ukuran normalnya, atau kira-kira jadi seukuran tablet atau mini-laptop.

Jika uang sejuta dolar tidak menarik bagi Anda, maka alasan kemanusiaan mungkin bisa menggerakkan Anda. Penemuan ini akan membantu menyelamatkan dunia, katanya. Bahkan menjadikan Anda sebagai Tesla atau Thomas Alva Edison berikutnya. Dalam blog mereka, Google menyatakan tentang betapa pentingnya inovasi ini ke dalam sebuah kalimat persuasif, “Sebuah inverter yang lebih kecil akan membantu menciptakan microgrid berharga murah bagi bagian terpencil di dunia. Selain itu juga memungkinkan Anda untuk membuat lampu tetap menyala selama pemadaman dengan baterai mobil listrik Anda. Atau justru memungkinkan inovasi-inovasi yang bahkan belum pernah kita pikirkan sebelumnya”. Pada dasarnya, Anda lah yang nanti akan membentuk masa depan listrik di dunia.

Sergey-Brin

Google memberikan deadline registrasi hingga tanggal 30 September 2014.  Oh ya, registrasinya gratis. Tim terdaftar akan diberikan waktu 10 bulan untuk mengembangkan teknologi mereka, karena deadline pengiriman cetak biru adalah pada tanggal 22 Juli 2015. 18 finalis terpilih akan diminta untuk membawa inverter mereka ke fasilitas pengujian Google di Amerika Serikat pada tanggal 22 Oktober 2015. Kemudian sekitar bulan Januari 2016, pemenang akan diumumkan dan masyarakat bisa menikmati teknologi terbaru hasil kompetisi ini. 2016 akan menjadi titik awal perubahan wajah listrik di dunia.

Nah Sobat Studentpreneur, Anda bisa mengetahui sejumlah informasi detail lainnya mengenai kompetisi ini atau bahkan mendaftar secara gratis ke kompetisi ini melalui halaman littleboxchallenge.com. Semoga Tesla dan Thomas Alva Edison berikutnya datang dari Indonesia. Anda berminat? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Steve]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Orang Bugis Tersukses di Indonesia

Dari Pengusaha Furnitur Menjadi Orang Nomor 1 Indonesia

Ini Cara Dapatkan Modal Usaha Dari Bank Mandiri

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+