Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Ingin Perusahaan Anda Hebat? Lakukan Tiga Hal Berikut Ini


No one defeats gravity, even exceptional pilot must land, but not until long after the rest of us

Michael Raynor – Direktur Deloitte

Michael Raynor, Direktur salah satu perusahaan konsultan bisnis terbesar di dunia Deloitte, telah menganalisa database lebih dari 25 ribu perusahaan dari berbagai industry dan berasar dari sepanjang 45 tahun terakhir untuk menganalisa kenapa ada perusahaan yang hebat dan kenapa ada yang biasa-biasa saja. Meskipun ada beberapa pengecualian, namun secara garis besarnya Michael Raynor berhasil menemukan tiga aturan yang menjadikan sebuah perusahaan berhasil. Berikut adalah aturan-aturan tersebut.

 

US_Michael_Raynor_537X351

 

Dahulukan Kualitas Daripada Harga

Buatlah perusahaan Anda bersaing pada bidang kualitas, bukan harga. Perang harga hanya akan membunuh Anda secara perlahan. Di Indonesia ada contoh perang harga yang sampai tahap tidak sehat. Dulu ada banyak sekali operator simcard di Indonesia, namun ketika perang harga dimulai, banyak yang gagal bertahan dan akhirnya bangkrut atau diakuisisi oleh operator yang lebih besar. Contoh perusahaan yang memegang teguh prinsip kualitas daripada harga adalah Apple. Biasanya, Apple membuat produk-produk yang sangat berkualitas dengan harga premium. Mereka tidak peduli dengan pesaing yang mengeluarkan produk saingan yang lebih murah. Apple hanya fokus pada kualitas, dan hasilnya, Apple kini menjadi salah satu perusahaan teknologi paling berharga di dunia.

 

Pikirkan Meningkatkan Penghasilan Sebelum Memotong Biaya

Memotong biaya produksi memang bisa sedikit membantu meringankan beban bisnis Anda. Namun, jangka panjangnya, tidak akan terlalu membantu perusahaan Anda menjadi hebat. Jadi, daripada berpikir untuk mengurangi biaya produksi, lebih baik fokus pada meningkatkan penghasilan perusahaan. Apabila penghasilan perusahaan meningkat, selama marginnya sehat, maka perusahaan akan tumbuh dengan sangat pesat. Ada dua cara menghasilkan penghasilan besar, dengan meningkatkan harga hingga punya margin besar, atau dengan margin kecil namun volume penjualan yang besar. Idealnya tentu kita bisa melakukan dua-duanya, meningkatkan penghasilan dan memotong biaya. Namun apabila harus memilih salah satu, lebih baik Anda fokus pada meningkatkan penghasilan.

 

Tidak Ada Aturan Lainnya

Teknologi, talenta, pasar, orang-orang, semuanya bisa berubah. Tapi pastikan Anda tidak menghiraukan kedua aturan di atas. Silahkan Anda mengganti dan merubah apapun dalam perusahaan, namun lebih baik apabila alasan pergantian dan perubahan tersebut dilakukan karena ingin mematuhi dua aturan di atas.

 

Bagaimana pendapat Anda Sobat Studentpreneur? Berikut ada video menarik ketika Michael Raynor menganalogikan tiga peraturan ini dengan pilot dan pesawat terbangnya.

 

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter