Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Tips

Saham Blue Chip Ini Dapat Mengubah 1 Juta Rupiah Menjadi 1,52 Milliar Rupiah


Sobat Studentpreneur, kali ini kita akan membahas tentang kinerja suatu saham sebagai salah satu instrument investasi, tentu yang menarik dari sebuah investasi adalah returnnya atau bisa disebut hasil dari investasi

Kinerja saham yang akan kita bahas kali ini merupakan saham bluechip kesukaan banyak pelaku saham. Saham tersebut adalah saham perusahaan unilever Indonesia Tbk (UNVR). Saham ini menjadi favorit banyak pelaku karena saham ini telah memberikan return yang besar dan konsisten, dengan pertumbuhan laba setiap tahunnya.

Mari kita mulai dari perjalanan sejarah perseroan mulai dari lahir sampai menjadi besar saat ini. PT Unilever Indonesia Tbk bukanlah merupakan nama saat pendirian perusahaan. Melainkan berasal dari nama Lever’s Zeepfabrieken N.V yang bediri pada tanggal 5 Desember 1933, sudah cukup lama, kemudian pada tanggal 22 Juli 1980 perusahaan berganti nama menjadi PT Unilever Indonesia, dan menjadi PT Unilever Indonesia Tbk pada tanggal 30 Juni 1997.

saham

Kegiatan usaha perseroan meliputi bidang produksi, pemasaran dan distribusi barang-barang konsumsi yang meliputi, sabun ,deterjen, margarin, makanan berinti susu, es krim, produk-produk kosmetik, minuman dengan bahan pokok teh dan minuman dengan sari buah dan lain sebagainya.

PT Unilever Indonesia Tbk mencatatkan sahamnya di bursa efek pada tanggal 11 Januari 1982 dengan kode perdagangan UNVR.  Harga IPO atau penawaran umum pada saat itu sebesar Rp 3.175/ lembar saham dengan jumlah saham yang dikeluarkan sebanyak 9.200.000 lembar saham atau 15% dari jumlah saham perseroan, sehingga hasil perolehan IPO mencapai Rp29.210.000.000,00

Dan harga selembar saham UNVR pada saat ini sebesar Rp30.400/ lembar saham (update harga 6 juni 2014 ) dengan jumlah saham beredar menjadi 7.600.300.000, singkat cerita harga dasar UNVR menjadi Rp20/lembar saham semenjak IPO, berarti imbas hasil yang diberikan oleh emiten ini sebesar 152.000 % atau 1520 kali lipat selama 31 tahun.

Bila kita menginvestasikan uang sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) pada 11 januari 1982, maka pada saat ini 6 juni 2014, 31 tahun kemudian uang anda akan menjadi 1.520.000.000 ( satu milyar dua puluh juta rupiah). Jumlah tersebut sangat besar, mengingat kita tidak bekerja, dan uang yang bekerja untuk kita.

So kita lihat ke depan lagi, apakah harga saham ini tetap melambung atau tidak, mengingat harga tetinggi saham ini tahun lalu sebesar Rp 37.350 /lembar saham, dengan ROA (return off asset) sebesar 40.1% dan ROE( return of equity) sebesar 125,8%, meskipun harga saham ini tinggi, tapi saham ini merupakan favorit banyak pelaku saham.

Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur. [Photo Credit: World Development]

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri

Santoso Susanto SE, RFP

Entrepreneur, Financial Consultan, dan CEO PT PROSOL, bergerak di bidang Venture Capital

Facebook