Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Ini Dia 4 Persamaan Antara Pebisnis dan Komedian Sukses


Ini Serius, Pebisnis Memang Punya Kesamaan Dengan Komedian Sukses.

Anda pasti pernah nonton Standup Comedy? Atau justru Anda menggemarinya? Maka Anda pasti tahu bahwa lelucon-lelucon cerdas yang disampaikan para komedian ini datangnya dari perencanaan yang matang, dan sekian banyak trial & error. Seperti halnya pengusaha, komedian bahkan bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun hanya untuk menemukan keunikan mereka melalui serangkaian proses riset dan jam terbang. Berikut adalah kesamaan lain antara seorang entrepreneur dengan komedian, dan apa yang bisa dipelajari pebisnis dari kesamaan ini.

 

Mereka tidak bisa bekerja di kantor tradisional.

Pelawak adalah orang yang anti-otoritas, demikian tulis Bob Newhart dalam bukunya “I Shouldn’t Even Be Telling You This and Other Things That Strike Me as Funny”. Bob Newhart ialah seorang akuntan yang menekuni sekolah hukum selama satu setengah tahun sebelum mengubah jalur hidupnya untuk menjadi komedian. Komedian adalah bos bagi diri mereka sendiri. Sebagaimana komedian, entrepreneur menciptakan lingkungan mereka sendiri. Mereka lah yang mengendalikan arah karir mereka.

 

Mereka merangkul kegagalan.

Komedian lebih banyak belajar dari kegagalan daripada dari kesuksesan. “Pada akhirnya, kita harus lucu,” ungkap Mel Brooks, penulis acara komedi untuk ABC. Brooks sendiri telah melalui serangkaian penolakan ketika kemudian muncul dengan acara hit Get Smart. Sama halnya dengan entrepreneur sukses. Kegagalan tidak menghentikan mereka, melainkan jadi lompatan untuk pengalaman selanjutnya.

CakLontong

Mereka tahu apa yang diinginkan audiens.

Dalam sebuah produksi acara komedi, seorang komedian harus terampil mengetahui apa yang disukai penonton mereka. Keterampilan ini datangnya melalui proses pembelajaran yang serius, kegagalan demi kegagalan dan praktek terus menerus. Begitu pula dengan entrepreneur. Kita harus mampu membaca kemauan pasar dan menerjemahkannya ke dalam produk dan layanan.

 

Mereka menekuni pekerjaan mereka.

Mel Brooks masih aktif berkarya pada usia 88 tahun ketika kebanyakan orang cenderung berhenti untuk menikmati hasil kerja mereka. Sebagaimana komedian veteran, kecintaan Anda terhadap bisnis Anda akan membuat Anda tenggelam dalam bisnis Anda tanpa Anda menyadarinya. Akan tetapi, dalam dunia entrepreneur, sebisa mungkin Anda harus membangun sebuah sistem yang akan berjalan tanpa kehadiran Anda. Karena, saat ini Anda tengah membangun sebuah karya besar yang kelak bisa Anda turunkan kepada pewaris Anda. Bukankah hal ini luar biasa? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Trans7]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Cerita Bisnis Inspiratif: Orang-Orang Gagal yang Bangkit Menjadi Salah Satu Orang Tersukses di Dunia

Anak Muda Ini Mendapatkan Tawaran Besar dari Amerika Namun Memilih Mengejar Mimpi di Indonesia

Dari Glodok Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+