Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah 4 Hal yang Membuat Anda Susah Menjadi Orang Kaya


Menjadi orang kaya tentu impian banyak orang, simak beberapa hal berikut yang bisa menghambat Anda menjadi orang kaya.

Di jaman seperti sekarang ini, sangat mudah bagi seseorang untuk bekerja dan mendapat penghasilan sangat besar. Walaupun begitu, kondisi tersebut tak membuat mereka yang berpenghasilan besar sudah merasa kaya atau bahkan masih banyak susah untuk menjadi kaya walaupun sudah mendapat penghasilan besar dan lebih banyak diatas rata-rata.

Masih banyak sekali karyawan yang memiliki penghasilan atau bergaji besar justru merasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Gaji besar yang didapatnya masih belum cukup untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. Jangankan untuk menabung atau menyisihkan sebagian uang untuk investasi, membiayai kebutuhan hidup pun terkadang dirasa masih kurang. Memiliki sejumlah investasi hanyalah sebuah angan-angan saja bagi banyak orang yang bergaji besar. Hal tersebut yang akhirnya membuat seseorang susah untuk menjadi orang kaya. Pasalnya, penghasilannya akan habis untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari saja.

 

Strategi keuangan yang salah

Beberapa pakar keuangan menyebutkan bahwa orang-orang yang memiliki penghasilan cukup tinggi tidak bisa hidup  dengan bahagia secara finansial karena adanya penerapan yang salah terhadap strategi keuangannya. Pasalnya, orang-orang tersebut lebih mementingkan bagaimana caranya untuk menghabiskan uangnya saja dan fokus untuk hal-hal yang hanya memberi kepuasan sesaat. Banyak diantara mereka yang bergaji besar memiliki ambisi untuk mendapatkan barang-barang mewah yang sebenarnya tidak terlalu berharga dalam kehidupannya. Bahkan, mereka juga tidak terlalu memperhatikan setiap harga dari barang yang dibelinya sangat tinggi. Dengan begitu, mereka tidak terlalu memperhatikan masa depannya atau bahkan karirnya di masa mendatang yang pada akhirnya bisa menghancurkan diri mereka sendiri. Contoh orang-orang yang hidup dengan ciri-ciri tersebut tentu saja akan sulit untuk menjadi orang yang kaya di sepanjang hidupnya.

 

Tidak pernah menabung

Setiap orang kaya bisa dipastikan memiliki sejumlah uang tabungan di rekeningnya. Bahkan, mereka yang menjadi orang kaya pasti akan menyisihkan sejumlah uangnya lebih besar untuk ditabung daripada hanya digunakan untuk kesenangan yang sifatnya hanya sesaat. Banyak dari orang kaya yang mengutamakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan tidak membeli hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Menabung adalah sebuah bentuk investasi jangka panjang sehingga tidak bisa terlalu terlihat hasilnya dalam jangka pendek. Oleh karena itu, mulailah menabung terlebih dulu sebelum Anda menggunakan untuk keperluan lainnya.

 

Persiapkan masa pensiun Anda

Disaat Anda menginjak usia muda dengan penghasilan yang cukup besar memang suatu hal yang menyenangkan. Anda bisa mendapatkan apa saja yang diinginkan dari gaji besar yang diterima dimana barang-barang tersebut sangat sulit untuk diperoleh. Bahkan, Anda juga bisa melakukan perjalanan wisata ke berbagai macam tempat unik yang membutuhkan biaya sangat besar pula. Namun, semua aktivitas yang menyenangkan tersebut tentunya tidak boleh membuat Anda terlena dengan menganggap remeh masa pensiun. Oleh karena itu, Anda sebaiknya sudah mempersiapkan dana pensiun disaat usia masih muda. Dengan mempersiapkan dana pensiun lebih awal maka jaminan masa tua yang bahagia pun bisa segera dimiliki. Pasalnya, Anda memiliki sejumlah uang yang cukup untuk menikmati masa tua nanti.

 

Jangan menjadi orang yang ahli menghabiskan uang

Menjadi sosok orang yang boros merupakan hal yang paling berbahaya dalam mencapai sebuah kesuksesan, termasuk menjadi orang kaya. Gaya hidup boros akan membuat Anda semakin sedikit dalam menyisihkan uang untuk menabung. Pasalnya, uang Anda sudah terlanjur habis untuk digunakan membeli barang-barang yang tidak diperlukan dan tidak tersisa sedikit pun untuk ditabung. Jika Anda terus-menerus melakukan gaya hidup boros maka bagaimana caranya Anda bisa menjadi kaya karena tidak sedikit pun uang yang digunakan untuk investasi jangka panjang. Oleh karena itu, saat berbelanja pun hindarkan pemikiran bahwa semua barang yang tersedia memang sangat dibutuhkan. Ingatlah bahwa masa depan Anda nanti juga masih membutuhkan uang untuk membiayai hidup.

orang-kaya

Setiap orang tentunya berhak untuk menjadi orang kaya. Namun, hal tersebut tidak akan pernah terwujud jika Anda memiliki gaya hidup yang berlebihan dan tidak sesuai dengan pendapatan yang diterima. Silakan tulis komentar Anda melalui kolom di bawah ini, terlebih jika sudah pernah memanfaatkan ketiga situs tersebut diatas. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Felix]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Calvin Kizana, Pebisnis Sukses Dibalik Kesuksesan PicMix

Gadis Cantik Ini Melestarikan Budaya Sambil Berbisnis

Mereka Tidak Beruntung, Tapi Jauh Lebih Sukses Dari Anda

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+