Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah 5 Pekerjaan yang Bisa Memberikan Penghasilan Tambahan Bagi Anda


Dengan memiliki pekerjaan tambahan maka Anda hal tersebut juga akan menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kenaikan harga BBM memang memicu hampir semua harga bahan kebutuhan pokok ikut mengalami peningkatan juga. Hal tersebut menuntut Anda untuk menyesuaikan anggaran keuangan sesuai dengan situasi dan kondisi. Bukan hanya mengurangi anggaran pada gaya hidup saja, bahkan pengeluaran untuk konsumsi dan juga transportasi pun juga terkena imbasnya dimana semuanya harus lebih hemat. Jika Anda masih menginginkan anggaran keuangan untuk pengeluaran gaya hidup yang sama seperti bulan-bulan sebelumnya maka sudah saatnya bagi Anda untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar Anda mendapat uang tambahan. Bahkan, Anda tetap bisa mendapat penghasilan tambahan tanpa harus mengorbankan pekerjaan tetap yang sekarang ini sedang dikerjakan. Ada banyak jenis pekerjaan rumahan atau yang biasa dikenal dengan istilah Small Office Home Office yang bisa memberikan penghasilan tambahan untuk Anda.

 

Menjadi seorang design web atau design graphic

Sekarang ini, banyak sekali jenis usaha kecil yang bermunculan mulai dari di bidang fashion, kuliner hingga properti. Kebanyakan dari usaha kecil tersebut membutuhkan sebuah desain web atau desain grafis yang menarik untuk membuat logo sebagai media promosi. Nah, peluang ini bisa diambil bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam membuat sebuah web. Pekerjaan ini bisa dilakukan tentunya setelah Anda sepulang dari kantor. Desainer merupakan sebuah pekerjaan yang sangat fleksibel waktunya dan biasanya tidak akan mengganggu bagi mereka yang sudah memiliki pekerjaan tetap.

 

Menjadi penulis juga bisa memberikan penghasilan tambahan

Kemajuan teknologi internet menjadikan para penggunanya semakin haus informasi. Para pengguna internet tidak cukup membaca satu atau dua artikel baru per hari. Banyaknya informasi yang tersaji di internet juga menjadi peluang usaha tersendiri bagi Anda yang suka dengan pekerjaan menulis. Anda tidak harus menulis sebuah buku yang sangat tebal, tapi Anda cukup menulis sebuah blog mengenai fashion atau kuliner bahkan review restoran yang nantinya menjadi jujukan para pengguna internet dalam mencari informasi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan tersebut.

 

Berjualan kue atau makanan

Diakui atau tidak, bisnis kuliner merupakan salah satu lini bisnis yang tidak ada matinya. Salah satu alasannya adalah karena setiap orang pasti membutuhkan asupan makanan untuk aktivitasnya sehari-hari. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki keterampilan memasak maka inilah saatnya yang tepat untuk menunjukkan ke khalayak luas betapa lezatnya masakan Anda. Selain menyalurkan hobi memasak, hasilnya pun bisa dijual dan menghasilkan uang tambahan tanpa harus mengorbankan pekerjaan tetap. Bahkan, makanan atau kue hasil masakan Anda bisa dijual disekitar rumah atau kepada rekan-rekan kerja di kantor.

 

Video tutorial yang bisa membantu banyak orang

Jumlah penduduk yang sangat besar tentu berdampak pada penggunaan internet yang cukup besar pula di Indonesia. Semua penggunanya juga haus akan berbagai macam informasi yang berbeda-beda. Sebuah video tutorial akan sangat membantu banyak orang yang ingin mengetahui informasi mengenai penggunaan suatu barang. Contohnya saja adalah seorang anak yang memiliki channel di youtube dimana dirinya memberikan review pada sebuah game tertentu. Video tutrioal atau review game yang diunggahnya tersebut berhasil menarik perhatian jutaan pengguna youtube. Bahkan, dalam setahun kabarnya anak kecil tersebut mendapat penghasilan hingga mencapai 1 juta dolar.

 

Berdagang

anak-jualan

Saat memutuskan untuk berdagang, maka sebaiknya buang jauh-jauh pemikiran bahwa Anda harus melakukan stok barang setiap hari. Pasalnya, sekarang ini ada banyak sekali model dagang yang bisa digunakan seperti dropship. Artinya, Anda menjual barang milik orang lain lalu Anda mencari pembeli tanpa harus memproduksi sendiri. Bahkan, pengiriman barangnya pun akan dilakukan oleh suplier yang telah ditunjuk untuk melakukan kerja sama. Dengan begitu jalan untuk menjadi seorang pengusaha pun menjadi semakin mudah bagi Anda.

 

Beberapa jenis pekerjaan diatas adalah sedikit jenis pekerjaan lainnya yang bisa memberikan penghasilan tambahan bagi Anda. Apapun pekerjaan yang memberikan penghasilan tambahan bagi Anda maka sebaiknya dilakukan dengan disiplin dan kerja keras. Silakan tulis komentar Anda melalui kolom di bawah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.  [Photo Credit: Simon]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Calvin Kizana, Pebisnis Sukses Dibalik Kesuksesan PicMix

Gadis Cantik Ini Melestarikan Budaya Sambil Berbisnis

Mereka Tidak Beruntung, Tapi Jauh Lebih Sukses Dari Anda

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+