Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

teknologi Tips

Inilah 9 Website Kursus Gratis Bagi Pebisnis


Bagi mereka yang baru saja menjalankan bisnis, tentunya Anda dapat membuka beberapa website ini untuk menggali informasi sebanyak mungkin.

Sebagai seorang entrepreneur atau pebisnis, Anda tentu wajib mengupgrade kemampuan dan skill Anda. Hal ini diperlukan jika Anda memulai bisnis tetapi Anda tidak mempunyai karyawan atau partner yang dapat mengcover bisnis Anda. Misalnya, Anda sebagai seorang pebisnis, Anda memang tidak perlu untuk belajar tentang programming atau marketing secara langsung. Tetapi setidaknya Anda mengetahui sedikit tentang bidang tersebut, khususnya bidang bisnis yang Anda lakukan.  Nah, berikut ini ada 10 website online yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar programming, bisnis, marketing, keuangan dan lain-lain secara gratis.

 

CodeCademy

Website ini khusus bagi mereka yang ingin belajar programming. Disini Anda akan belajar mulai step awal atau dasar dari programming. Belajar programming di CodeCademy juga bisa langsung praktek, dan menyimpan hasil pekerjaan Anda. Contohnya saja, Anda bisa belajar HTML, CSS, Javascript dan PHP. Semuanya dapat Anda lakukan secara gratis.

 

Moz dan HubSpot Academy

Kedua website tersebut adalah website untuk belajar bagaimana membuat website yang baik dalam marketing atau SEO (Search Engine Optimatizion). Didalam website HubSpot Academy Anda bisa belajar tetang bagaimana membuat marketing di website secara baik. Lalu di Moz, Anda bisa membangun website dengan SEO yang baik dan benar. Selain itu, di Moz ada webinars, yaitu seminar secara live melalui streaming. Website tersebut akan berguna bagi Anda  yang ingin mengembangkan bisnis secara online.

 

LearnVest

Seorang entrepreneur atau pebisnis yang baik adalah yang dapat mengatur bagaimana keuangan bisnisnya. Di LearnVest Anda akan dapat mengikut kelas gratis seperti kelas ‘Building Better Money Habits’dan ‘How to Budget’. Dengan begitu, Anda akan mendapat ilmu untuk mengalokasikan dana atau keuangan bisnis Anda dengan tepat sasaran.

 

edX

Ini adalah situs kursus online yang menyeluruh. Jadi, Anda tidak hanya bisa belajar entrepreneur, programming atau website. Tetapi jika Anda ingin belajar entrepreneur, Anda bisa mencoba untuk mencari topik entrepreneur, yaitu ‘Entrepreneurship 101’ atau ‘financial analysis and decision making’. Melalui website ini, Anda akan mendapatkan ilmu entrepreneurship secara menyeluruh.

khan-academy

Khan Academy

Website ini juga merupakan kursus online. Tetapi bedanya adalah Anda bisa memilih mengikuti kursus yang berjenjang. Anda bisa naik memilih topik, dan mengikuti setiap kelasnya setelah lulus dengan tugas-tugas dan ujian yang ada tentunya. Menarik bukan?

 

YouTube

Jangan salah, YouTube juga termasuk website yang bisa manfaatkan untuk belajar. Anda bisa melihat bagaimana cara-cara berbisnis, mulai tutorial sampai detail lengkap. Tetapi kelemahan YouTube adalah Anda harus benar-benar tahu video apa yang ingin Anda tonton. Karena YouTube belum dilengkapi pemilihan kategori yang cukup spesifik.

 

Podcasts

Sama seperti YouTube, Podcast sebenarnya bukan website kursus online secara resmi. Melalui Podcast, Anda bisa mendengarkan beberapa tips berbisnis yang baik, tetapi tidak bisa melihatnya visualisasinya seperti di Youtube. Podcasts dalam bidang entrepreneur yang terkenal adalah ‘Entrepreneur of Fire’.

Nah, Sobat Studentpreneur siap belajar untuk menambah skill dan kemampuan dari website diatas? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Kevin]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Anak SMA Ini Raup Jutaan Rupiah Dari Bisnis Sepatu

Ini yang Membedakan Anda Dengan Orang Kaya

Eksklusif: Dulu Kerja di NASA, Kini Jadi Pebisnis Robot

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+