Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Kim Kardashian Bahkan Populer di App Store: Ini yang Bisa Anda Pelajari Darinya


Kim Kardashian Bukan Hanya Artis Populer, Aplikasi Buatannya Pun Sukses.

Anda berencana membuat game untuk dirilis di App Store? Maka Anda harus belajar dari popularitas “Kim Kardashian: Hollywood”. Sejak dirilis pada 25 Juni, game yang akan mengajak Anda merasakan kehidupan ala Kardashian ini berhasil meledak di App Store. Hanya dalam 3 minggu rilisnya, game ini berhasil menempati peringkat 5 app terlaris, dan satu-satunya di Top 10 App Store yang memiliki rating bintang lima. Saking populernya, bahkan pejabat pemerintah Amerika Serikat tertangkap tangan memainkannya. Akun Twitter EPA (Environmental Protection Agency) tidak sengaja mengeluarkan tweet mereferensikan permainan ini. Jika game ini tetap populer sampai akhir tahun ini, Kardashian diprediksi akan menghasilkan $85 juta. Apa yang membuatnya populer?   Dan Apa yang dapat Anda pelajari dari popularitasnya?

 

Sebuah parodi lucu yang ditulis dengan baik.

Game ini menunjukkan segala aspek absurditas terhadap seluruh karir Kim (she’s famous for nothing, btw). Sekaligus absurditas yang disebut sebagai dunia selebriti pada umumnya di Hollywood. Anda bisa melihatnya pada orang-orang yang Anda temui untuk “flirt” atau “network”. Profesi mereka dikotak-kotakkan ke dalam status. Misalnya seorang “dental hygienist” memiliki status D. Atau, setelah Anda mendapatkan akses untuk klub yang lebih keren, Anda akan bertemu dengan C-lister yang memperkenalkan dirinya dengan: “Senang bertemu denganmu. Sementara saya menghabiskan hari-hari saya sebagai seorang sosialita kaya raya, hati saya merindukan untuk membebaskan diri. Berkenalan dengan Anda seperti menatap sinar mentari yang hangat pada hari yang membosankan”. Jika Anda adalah penggemar Keeping Up With the Kardashians, Anda mungkin mengenali dialog ini. Tapi jika tidak pun, itu masih sangat lucu. Contohnya lagi pernyataan spontan ini dari pemilik So Chic Boutique: “I’m going to operate the world’s first bar to ONLY accept Bitcoin.”

kim-kardashian-app

Anda bisa berinteraksi dengan teman-teman Anda dengan cara yang lucu.

Aspek Game Center permainan ini cukup ngebug. Tetapi di alam semesta KKH, Anda dapat berjumpa dengan teman-teman IRL Anda. Itu berarti Anda dapat menggoda mereka tentang status D-list mereka, membawa mereka berkencan di luar, membelikan mereka hadiah-hadiah mahal dan mengirim mereka screenshot ketika Anda melakukannya. Tampaknya tidak begitu wow. Tapi dengan minimnya game multiplayer di App Store, KKH berjalan di atas angin.

 

Menerima semua penampilan dan seksualitas.

Sebuah detail kecil, tapi sesuatu yang menurut kami benar-benar standout. Setelah Kim K pertama kali mencoba menjodohkan Anda dengan temannya dan menuduh Anda tidak menikmatinya, dia pada dasarnya akan bertanya apakah Anda gay. Setelah itu: Anda bisa mengencani siapapun yang Anda inginkan di dunia KH. Satu-satunya orang yang tidak bisa Anda kencani? Kim. Dia sudah menikah.

 

Game ini tidak pernah secara langsung menuntut Anda untuk membayar.

Ketika memainkan permainan ini, Anda mungkin akan mengeluh tentang menghabiskan ratusan ribu pada pembelian, entah untuk energi (sehingga bisa menyelesaikan photoshoot dengan cepat) atau uang (sehingga bisa membeli pakaian lucu). Anda tidak sabar untuk menaiki tangga sosial. Tapi tak pernah sekalipun permainan ini meminta uang pada Anda agar bisa terus bermain. Jika Anda bersabar (ketenaran membutuhkan waktu), Anda dapat memainkan seluruh permainan tanpa membayar sepeser pun. Akan tetapi, tampaknya jelas sekali kalau Kim K dan orang-orang di belakang permainan ini telah berhasil menemukan cara untuk monetize dari para pemain yang tidak memiliki kontrol diri.

 

Anda sudah coba memainkannya? Jadi, pelajaran apa lagi yang dapat Anda ambil darinya? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Kim]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Orang Bugis Tersukses di Indonesia

Dari Pengusaha Furnitur Menjadi Orang Nomor 1 Indonesia

Ini Cara Dapatkan Modal Usaha Dari Bank Mandiri

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+